Analysis of Implementation of Academic Supervision of School Supervisors in Efforts to Improve Teacher Professionalism
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, I. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Crosby, P. B. (1979). Quality is Free: The Art of Making Quality Certain. New York.
Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Dirjen, P. (2008). Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga. Indonesia.
Ivan, I. (1984). Bebas Dari Sekolah. Jakarta: Buku Obor.
Kristiawan, M. (2017). KristiaThe Characteristics of the Full Day School Based Elementary School. Transylvanian Review.
Kristiawan, M. S. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Makawimbang, J. H. (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Milasari, d. (2021). Prinsip-prinsip Supervisi, Tipe/Gaya Supervisi, Komunikasi Dalam Supervisi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 45-60.
Muhammad, M. a. (2015). Menjadi Pengawas Sekolah Profesional . Univesrsitas Muhammadiyah Sidoarjo, Nizamia Learning Center, 1-193.
Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional NO 20 Tahun 2003 . Wahana Karya Ilmiah Pendidikan.
Nurhayati. (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Pembelajaran (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profesionalisme dan Kinerja Guru Biologi di SMAN Kota Makasar Sulawesi Selatan. Nurhayati (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Pembelajaran (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profesionalisme dan KinerjaJurnal Pendidikan No. 4 .
PP, N. 7. (2008). Tentang Guru [JDIH BPK RI]. Indonesia.
Rachmawati. (2016). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Guru. Coopetition.
Rachmawati, T. (2016). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Competition, 43.
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran. Dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Stephanie, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP, Negeri di Kecamatan Turi Sleman. Yogyakarta: Tesis UNY.
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Supriadi, B. (2019). Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam. Journal of Islamic Educational Management, 1-11.
Suryani, C. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA (Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran), 23-42.
UU Sisdiknas, N. 2. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.
Wahyu, B. S. (2015). Kemampuan Pedagogik Guru. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor .
Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi.
Wulandari, Y. &. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua . JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).
Yuliani, T. &. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima). Tenaga Administrasi Sekolah. Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um043v5i1p97-106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.