Analysis of Department of Elementary School Students' Critical Thinking Abilities through Case Based Learning in the Classroom Action Research Courses
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1). https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Hastuti, C. T., Anugrahana, A., & Saptoro, A. (2022). Penerapan PBL: Meningkatkan Keaktifan Siswa Selama PTM Masa Pandemi Covid-19 di SD Maria Assumpta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3242–3246. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6019
Iksan, M., Alzarliani, W. O., & Lawelai, H. (2022). Pelatihan Sitasi Dan Manajemen Daftar Pustaka Menggunakan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Tulis Ilmiah. 1.
Khotimah, S., Astuti, I., & Putri, A. (2022). Karakteristik Kesulitan Pada Pembelajaran Daring Siswa Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53486
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL.
Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain Pembelajaran Statistika Terapan Berbasis Kasus Berkualitas Baik (Valid, Praktis, dan Efektif) untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 105–119. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.951
Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 60–75. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i1.157
Purnama, S., Adlika, N. M., Wiyono, H., Ramadhan, I., & Budiman, J. (2022). Analisis Pemahaman Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru-Guru Ips. 32.
Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02).
Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175–184. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i2.3098
Safitri, P. T., & Purbaningrum, K. A. (2020). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kasus (Case Based) Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 256–267. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8768
Sitepu, B. P., & Lestari, I. (2018). Pelaksanaan Rencana Pembelajaran Semester Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 41–49. https://doi.org/10.21009/PIP.321.6
Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Pedagogi, 1(1), 7.
Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Suryaningsih, N. (2023). Upaya Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas X-IPS.2 SMA Negeri 1 Pajo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4472–4479. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2304
Tamalene, A. S., & Wilujeng, I. (2022). Keefektifan Model Inquiry Training dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate. 5.
Ulfiyani, S. (2018). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Berbasis Kasus: Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XL, 351–362. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/pibsi40/article/view/98
Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan Metode Simpang Tegar untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penulisan PTK dan Artikel Ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365–375. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3016
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um043v6i1p128-136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.