Akuntansi potali: membangun praktik akuntansi penjualan di pasar tradisional (studi etnometodologi islam)
Abstract
Abstract
This study aims to construct the efforts of traders to conduct sales accounting practices in traditional market Gorontalo. Research in sales accounting based on local wisdom is important to maintain the accounting sustainability in Indonesia. Islamic ethnomethodology is the approach used in this research. There are 5 stages of data analysis comprising of: amal, ilmu, iman, informasi wahyu, and ihsan (amiiin). The research finds two ways of selling accounting practices which are bargaining and giving bonus cake. These methods are driven by the spirits of Gorontalo Islamic culture, patience, persistence, and brotherhood. The spirits exist because the sellers have demand on income that represents blessing from God. The findings of this research are important because the existence of sales accounting based on Gorontalo’s cultural values have been successfully explored and proven.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan cara pedagang di pasar tradisional Gorontalo mempraktikkan akuntansi penjualan. Penelitian akuntansi penjualan berbasis kearifan lokal penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kelangsungan akuntansi di Indonesia. Etnometodologi Islam adalah pendekatan yang digunakan dalam riset ini. Terdapat 5 tahap analisis data yaitu: amal, ilmu, iman, informasi wahyu, dan ihsan (amiiin). Hasil penelitian menemukan dua cara praktik akuntansi penjualan yaitu: tawar menawar dan memberikan bonus kue. Kedua cara tersebut digerakkan oleh semangat budaya Islam Gorontalo berupa kesabaran, kegigihan, dan persaudaraan. Semangat tersebut hidup karena para penjual ingin mendapatkan rejeki yang merupakan berkah dari Tuhan. Temuan riset ini penting karena berhasil menggali serta menunjukkan keberadaan akuntansi penjualan berbasis nilai budaya Gorontalo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burhan, B. (2012). Analisis Data Penelitian Kualitatif . Jakarta: PT. Rajagrifindo Perseda.
Creswell, W. J., Lazuardi, A. L., & Qudsy, S. Z. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daulima, F., & Eraku, S. (2009). Lumadu (Ungkapan) Sastra Lisan Daerah Gorontalo. Gorontalo: Galeri Budaya Dareah Mbu’i Bungale.
Garfinkel, H. (1967). Studies in ETHNOMETHODOLOGY. New Jersey: Polity.
Harkaneri, Triyuwono, I., & Sukoharsono, E. G. (2014). Memahami Praktek Bagi-Hasil Kebun Karet Masyarakat Kampar Riau (Sebuah Studi Etnografi). Al-Istishad, 1 (10), 14–38. doi:10.24014/jiq. v10i2.3115.
Ikatan Akuntan Indonesia. (2015). PSAK No. 23 Tentang Pendapatan. Dewan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Kamayanti, A. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif dalam Riset Akuntansi: Dari Iman Menuju Praktik. Infestasi, 11 (1), 1–10. doi:10.21107/infestasi.v11i1.1119.
Kamayanti, A. (2016a). Fobi(a)kuntansi: Puisisasi dan Refleksi Hakikat. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 7, 1–16. doi:10.18202/jamal.2016.04.7001.
Kamayanti, A. (2016b). Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi Pengantar (Kedua). Surabaya: Yayasan Rumah Peneleh.
Kamayanti, A., & Ahmar, N. (2019). Tracing Accounting in Javanese Tradition. International Journal of Religious and Cultural Studies, 1 (1), 15–24. doi:10.34199/ijracs.2019.4.003.
Kuntowijoyo. (2007). Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Kusdewanti, A. I., & Hendrawaty, R. (2014). Memaknai Manajemen Bisnis Islami Sebagai Kehidupan yang Menghidupi. IMANENSI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Islam, 1(2), 35–53. doi:10.34202/imanensi.2.1.2014.32-50
Mathews, M. R., & Perera, M. H. B. (1993). Accounting Theory and Development. London: Thomson Publishing Company.
Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Roosdakarya.
Mulawarman, A. D. (2010). Integrasi Paradigma Akuntansi: Refleksi atas Pendekatan Sosiologi dalam Ilmu Akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 1(1), 155–171. doi:10.18202/ jamal.2010.04.7086.
Mulawarman, A. D. (2013). Nyanyian Metodologi Ala Nataatmadja: Melampaui Derridian Mengembangkan Pemikiran Bangsa “Sendiri.” Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(1), 149– 164. doi:10.18202/jamal.2013.04.7189.
Musdalifa, E., & Mulawarman, A. D. (2019). Budaya Sibaliparriq dalam Praktik Household Accounting. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(3), 413–432. doi:10.21776/ub.jamal.2019.10.3.24.
Nurhalimah, Setiawan, A. R., & Haryadi, B. (2019). Praktik Akuntansi Manajemen Bisnis Besi Tua Berbasis Budaya Persaudaraan Madura. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1), 1–21. doi:10.18202/jamal.2019.04.10001.
Purwanto, Y. (2007). Epistemologi Psikologi Islami: Dialektika Pendahuluan Psikologi Barat dan Psikologi Islami . Bandung: PT. Refika Aditama.
Sardar, Z. (1985). Masa Depan Islam. Bandung: Pustaka.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Thalib, M. A. (2017). Akuntansi “Cinta” Di Upacara Pernikahan Gorontalo, Studi Etnometodologi Islam. Thesis. Universitas Brawijaya.
Thalib, M. A. (2019a). Akuntansi “Huyula” (Konstruksi Akuntansi Konsinyasi Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual, dan Sosial). Jurnal Riset Akuntansi doi:10.26486/jramb. v5i2.768.
Thalib, M. A. (2019b). Mohe Dusa: Konstruksi Akuntansi Kerugian. Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi Dan Manajemen, 4(1), 11–31. doi:10.18382.
Triyuwono, I. (2011a). ”Sususaya” Melampaui Paradigma-Paradigma Metodologi Penelitian. Makalah. Accounting Research Training Series 2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya. 7-8 Desember 2011.
Triyuwono, I. (2011b). Angels Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Syariah, 2(1), 1–21. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. doi:10.18202/jamal.2011.04.7107.
Triyuwono, I. (2015). Akuntansi Malangan: Salam Satu Jiwa dan Konsep Kinerja Klub Sepak Bola. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(2), 290–303. doi:10.18202/jamal.2015.08.6023.
Triyuwono, I. (2013). (Makrifat) Metode Penelitian Kualitatif (dan Kuantitatif) untuk Pengembangan Disiplin Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi, September, 1–15.
Wiyarni, Triyuwono, I., Ludigdo, U., & Djamhuri, A. (2013). Javanese Traditional Market Cultural Value in Accounting World. IOSR Journal of Business and Management, 10(5), 9–16. doi:10.9790/487X-1050916.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um004v8i12021p025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Akuntansi Aktual is indexed by: