HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU

Bella Nadya Rosaliawati, Mustiningsih Mustiningsih, Imron Arifin

Abstract


Abstrak : Studi bertujuan untuk: mengungkap gaya kepemimpinan kepala sekolah; mengetahui kinerja guru; mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah dan kinerja guru; mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan kinerja guru; mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan partisipasi kepala sekolah dan kinerja guru; mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah atas kendali bebas dan kinerja guru; dan mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan dan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan instrument yang digunakan adalah angket dengan responden guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: gaya kepemimpinan kepala sekolah yang terdiri dari otokrasi, partisipasi, demokrasi dan kendali bebas tergolong baik, dengan tingkat frekuensi gaya kepemimpinan yang digunakan adalah gaya kepemimpinan demokratis, partisipasi, kendali bebas dan otokratis. ; tingkat kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran baik; tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah dan kinerja guru; ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah dan kinerja guru; ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan partisipasi kepala sekolah dan kinerja guru; ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan kendali bebas guru dengan kinerja guru; dan ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru

 

 

Keywords : style of leadership, teacher’s performance, teacher’s of state high school Malang.

 

Abstrak : Penelitian bertujuan untuk mengungkap gaya kepemimpinan kepala sekolah; mengungkap kinerja guru; mengetahui hubungan gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah dan kinerja guru; mengetahui hubungan gaya kepemimpinan demokrasi kepala sekolah dan kinerja guru; mengetahui hubungan gaya kepemimpinan partisipasi kepala sekolah dan kinerja guru; mengetahui hubungan gaya kepemimpinan kendali bebas kepala sekolah dan kinerja guru; dan mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dan kinerja guru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan instrumen berupa angket dengan responden guru. Teknik analisis deskriptif dan korelasi digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: gaya kepemimpinan kepala sekolah yang terdiri dari otokratis, partisipasi, demokrasi dan kendali bebas tergolong baik, dengan tingkat keseringan gaya kepemimpinan yang digunakan adalah gaya kepemimpinan demokratis, partisipasi, kendali bebas dan otokratis; tingkat kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran tergolong baik; tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan otokratis kepala sekolah dan kinerja guru; ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokrasi kepala sekolah dan kinerja guru; ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan partisipasi kepala sekolah dan kinerja guru; ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan kendali bebas kepala sekolah dan kinerja guru; dan ada hubungan positif yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru

Kata kunci: gaya kepemimpinan, kinerja guru, dan guru SMA Negeri Kota Malang.


Full Text:

PDF

References


Hasibuan, M. S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Henslin, James M. 2007. Sosiologi dengan Pendekatan Membumi. Erlangga

Jakarta

Kempa, R. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah: studi tentang hubungan perilaku kepemimpinan, keterampilan manajerial, manajemen konflik, daya tahan stres kerja dengan kinerja guru. Yogyakarta: Ombak

Mangkunegara, A.A.A.P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustiningsih. 2013. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Pawikan, A.S.R. 2011. Pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah menengah pertama se kecamatan nanggulan kabupaten kulon progo. Skripi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 486. (Online),(https://jdih.kemdikbud.go.id), diakses 20 November 2019.

Rahmawi, S. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pusat PT. Pelabuhan Indonesia III (PERSERO) Surabaya, (Online), (https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3061), diakses 10 juli 2019.

Rochmah, A. M. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMPN Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tumbol, C.L., Tewal, B., & Sepang, J,L. 2014. Gaya Kepemimpinan Otokratis, Demokratik, dan Laissez-Faire Terhadap Peningkatan Prestasi Kerja Karyawan Pada KPP Pratama Manado. Jurnal EMBA. 2 (1) : 38-47.

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12020p61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BELLA NADYA ROSALIAWATI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.