PERBEDAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN KAFETARIA

Dian Laili Eka Prastiwi, Sultoni Sultoni, Asep Sunandar

Abstract


Abstrak: The aim of this study is to describe: (1) the differences in students' needs for cafeterias at the Ma'arif Foundation elementary and high schools in Malang; (2) the types of foods and drinks cafeterias needed by students in elementary and high schools of the Ma'arif Foundation in Malang City; (3) the differences of range of prices of food and beverages needed by students in elementary and high schools in the Ma'arif Foundation in Malang; (4) the different characteristics of cafeterias that required by students in the Ma'arif Foundation elementary and high schools in Malang. This research uses a quantitative approach with a comparative descriptive design. The sampling technique used in this study was a random sampling technique. Samples obtained as many as 328 from a total population of 1807 students. The instrument used in this study was a questionnaire. The conclusions of this study: (1) there is a significant difference, namely Ma'arif Elementary School students need more snacks while Ma'arif High School students need heavy food; (2) the types of foods and drinks required by Ma'arif Elementary School students include toast, buns, bake cakes, donuts, pastels, mini moonlight, snacks, brownies, ice tea, orange ice. While the types of foods needed by high school students are meatball, fresh vegetables, grilled chicken, mineral water; (3) Students of Ma'arif Elementary School need a price range of Rp. 500.00 - Rp. 3,000.00 while Ma'arif High School students Rp. 500.00 - Rp. 5,000.00; (4) the cafeteria characteristics needed at Ma'arif Elementary School is the location of the school canteen which closer to the classroom and open space canteen while in Ma'arif high school, buyers are served directly by the canteen officer using a tray.

 

Keyword: Students Needs, School Cafeterias Service

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) perbedaan  kebutuhan peserta didik terhadap kafetaria di SD dan SMA Yayasan Ma’arif se- Kota Malang; (2) jenis makanan dan minuman kafetaria yang dibutuhkan peserta didik di SD dan SMA Yayasan Ma’arif se- Kota Malang; (3) perbedaan rentangan harga makanan dan minuman yang dibutuhkan peserta didik di SD dan SMA Yayasan Ma’arif se- Kota Malang; (4) perbedaan karakteristik kafetaria yang dibutuhkan peserta didik di SD dan SMA Yayasan Ma’arif se- Kota Malang. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif komparatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 328 dari jumlah populasi sebanyak 1807 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam  penelitian  ini berupa angket. Simpulan penelitian ini: (1) secara signifikan  terdapat perbedaan yaitu peserta didik SD Ma’arif  lebih membutuhkan makanan ringan sedangkan untuk peserta didik SMA Ma’arif  lebih membutuhkan makanan berat; (2) jenis makanan dan minuman yang dibutuhkan peserta didik SD Ma’arif antara lain roti bakar, bakpao, kue cucur, donat, pastel, terang bulan mini, snack, brownis, es teh, es jeruk. Sedangkan jenis makanan yang dibutuhkan peserta didik SMA bakso, lalapan ayam, ayam bakar, air mineral; (3) peserta didik SD Ma’arif membutuhkan rentangan harga Rp500,00- Rp3.000,00 sedangkan peserta didik SMA Ma’arif Rp500,00- Rp5.000,00; (4) karakteristik kafetaria yang dibutuhkan di SD Ma’arif lokasi kantin sekolah yang dekat dengan kelas dan kantin dengan ruangan terbuka sedangkan di SMA Ma’arif  dimana pembeli dilayani secara langsung oleh petugas kantin dan penyajiannya menggunakan baki.

 

Kata Kunci: kebutuhan peserta didik, layanan kafetaria sekolah

Full Text:

PDF

References


Agustin, S. 2015. Analisis Faktor- faktor Kebiasaan Siswa Membeli Makanan Jajanan di Sekolah (Studi Eksploratori) pada Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: AP FIP Universitas Negeri Malang.

Alvionita, L. 2013. Pengelolaan Kafetaria Sekolah. (Online). (http://alvionitalinda.wordpress.com/2013/06/02/pengelolaan-kafetaria-sekolah/), diakses 14 Januari 2017.

Arikunto, S. 2002. Manajemen Penelitian, Cetakan Keempat. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, F. 2015. Teori Dasar Kebutuhan Manusia. (Online). (firdhayantiayuningtyas.blogspot.co.id), diakses 15 September 2017.

Badan Pengawas Obat dan Makanan. 2013. Panganan Jajan Anak Sekolah. Jakarta: Direktorat Standarisasi Produk Pangan.

Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dwi, K. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafetaria Srikandi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Febrianti, A. 2016. Konsep Kantin Sehat di Sekolah. (Online). (http://www.pediapendidikan.com/2016/07/konsep-kantin-sehat-di-sekolah.html()aisah), diakses 27 Agustus 2017.

Jainuri, M. 2013. Uji Persyaratan Analisis Data dengan SPSS. (Online), (http://www.academia.edu), diakses Tanggal 20 Februari 2017.

Kusmintardjo. 1992. Pengelolaan Layanan Khusus di Sekolah. IKIP Malang.

(http://www.slideshare.net/SitiLusiana/kantin-jujur-menurut-persfektif- islam), diakses 17 Januari 2016.

Misbahuddin & Iqbal. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasrudin, I. 2014. Pengaruh Praktik Kantin Sekolah dan Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Turen. (Online), (http://karya ilmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/article/view/35503), diakses 17 Maret 2017.

Notoatmodjo S. Konsep Perilaku dan perilaku Kesehatan. In: Notoatmodjo S.Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2012. P. 138-147.

Nur, I. 2013. Makalah Analisis Kebutuhan (Need Assesment). (Online), (http://putracongot.blogspot.com), diakses 14 Januari 2016.

Mulyani, R. 2015. Pentingnya Kantin Sekolah. (Online), (https://rizkimulyani14.wordpress.com/2015/06/25/pentingnya-kantin-di-sekolah/), diakses 20 Maret 2017.

Rachmawati, E. 2006. Waspadai Jajanan Anak di Sekolah. Jakarta: Penertbit Buku Kompas.

Rismawati. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kelaikan Kantin Sehat di Sekolah Dasar Kecamatan Medan Belawan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 07(03), 131¯140.

Setyadin, B. 2005. Modul IV: Desain dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Setyadin, B. 2007. Bahan Ajar Mata Kuliah Metode Penelitian Kuantitatif.

Sonhadji, A & Huda. 2014. Asesmen Kebutuhan, Pengambilan Keputusan, dan Perencanaan. Malang: IKIP Malang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukarelawati, E. 2014. Jatim Program Beautiful Malang. (Online), (http://wwwantarajatim.com/lihat/berita/163112/pemkot-luncurkan-programbeautiful-malang), diakses 17 Januari 2017.

Sukmadinata. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Suparyanto, Wahyu.2003. Mendirikan Usaha Kantin Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. 2010. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan Pasal 1 Ayat 11. Kementrian Pertanian RI Badan Ketahanan Pangan. (online). (bpk.pertania.go.id/berita-178-undangundang-republik-indonesia-nomor- 18-tahun-2012-tentang-pangan.html), diakses 17 Januari 2016.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Online, (https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uplouds/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf), diakses 20 Maret 2017.

Universitas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. Kota Malang. (Online), (htpps://id.wikipedia.org/wiki/kota_Malang), diakses 18 Januari 2017.

Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. Kebutuhan. (Online), (http://id.m.wikipedia.org/wiki/kebutuhan),

diakses tanggal 16 Januari 2016.

Wiyono, B.B. 2007. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Action Research. Dalam Burhanuddin (Ed). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12020p19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 dian laili eka prastiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.