MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADA KOMPONEN TENAGA KEPENDIDIKAN DAN KESISWAAN

Alviansyah Putra Indrayadi, Danila Rusdiana Devi, Ria Juliana, Rizka Aura Maharani Subagiyo, Safarinda Tri Handayani, Nurul Arfinanti

Abstract


Abstract : This study aims to describe and analyze school-based management in the student affairs and education staff component in Primary School (SD) Unggulan Aisyiyah Bantul. The research metho used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques carried out by interview, observation, and documentation. The results of this study are school-based management in the two components intended to be implemented well in SD Aisyiyah Bantul Primary School because it has fulfilled all the things that are covered in each of these components (management of education and student staff) in school-based management.

 

Keywords : school-based management; education staff; student affairs; primary school

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen berbasis sekolah pada komponen tenaga kependidikan dan kesiswaan di Sekolah Dasar (SD) Unggulan Aisyiyah Bantul. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen berbasis sekolah pada kedua komponen yang dimaksud dilaksanakan dengan baik di SD Unggulan Aisyiyah Bantul karena telah memenuhi segala hal yang menjadi cakupan pada masing-masing komponen tersebut (manajemen tenaga kependidikan dan kesiswaan) pada manajemen berbasis sekolah.

 

Kata kunci : manajemen berbasis sekolah; tenaga kependidikan; kesiswaan; sekolah dasar


Full Text:

PDF

References


Achadah, A. (2019) ‘Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Konsep Dasar dan Implementasinya pada Satuan Pendidikan’, Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), pp. 77–88.

Afrina, C. (2016) Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap Pengembangan Perpustakaan di SD Negeri Nogopuro Yogyakarta. Tesis. UIN Sunan Kalijaga.

Aliyyah, R. et al. (2019) ‘Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Dasar’, Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), pp. 29–41.

Aniska, T. (2016) Layanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Antariksa, W. (2017) ‘Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar Islam Terpadu’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 10(1), pp. 47–55.

Baihaqi, F. (2014) Manajemen Pengelolaan Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) Masjid Agung Jawa Tengah. Skripsi. UIN Walisongo.

Deny, A. (2016) Mekanisme Penentuan Standarisasi Harga Barang dan Jasa pada Kantor Bupati Padang Pariaman Tahun 2015. Skripsi. Universitas Andalas.

Fadila, R. et al. (2020) ‘Efektivitas Pengelolaan Sumber Daya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), pp. 81–88.

Fadillah, M. et al. (2020) ‘Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Manajemen Peserta Didik’, Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), pp. 1–14.

Fajrin, M. (2011) Optimalisasi Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Yapenda Jakarta Utara. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Ghoni, A. (2016) Studi Tentang Manajemen Kesiswaan di Madrasah Tsanawiyah 07 Patebon. Skripsi. UIN Walisongo.

Haji, S. (2019) ‘Problematika Sumber Daya Manusia (SDM) di Sekolah Dasar yang Terletak di Daerah Terpencil’, in. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Palembang: Universitas PGRI Palembang, pp. 868–874.

Indah, P., Rahmawati, P. and Andiani, N. (2019) ‘Pengaruh Sistem Penghargaan (Reward) Terhadap Kinerja Trainee di Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali’, Jurnak Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 2(1), pp. 41–54.

Ismawati, Y. et al. (2020) ‘Budaya Organisasi Sekolah Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Unggul’, JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(2), pp. 118–122.

Jalaluddin, J. (2015) Manajemen Berbasis Sekolah. Banda Aceh: CV Natural.

Jalaluddin, J., Ibrahim, I. and Azwir, A. (2015) ‘Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Kabupaten Aceh Utara’, Junal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 22(2), pp. 192–196.

Kasmawati, K. (2019) ‘Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Pendidikan Islam’, Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), pp. 392–402.

Khotimah, T. (2011) Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 2 Wonosari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kiswanto, H. (2014) Pengaruh Hasil Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Minat Memilih Jurusan, dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik di SMK Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Komala, T. (2020) Pengaruh Kesejahteraan Terhadap Kinerja Pegawai Pada UPTD Pemeliharaan Jalan Majenang. Skripsi. IAIN Purwokerto.

Krismiyati, K. (2017) ‘Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak’, Jurnal Office, 3(1), pp. 43–50.

Kristiawan, M., Safitri, D. and Lestari, R. (2017) Manajemen Pendidikan. Sleman: Deepublish.

Kurniadin, D. and Machali, I. (2013) Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Manurung, T. (2018) ‘Desentralisasi Pengelolaan Pendidikan’, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), pp. 89–99.

Mas’ud, R., Jonathan, R. and Lau, E. (2017) ‘Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur’, Jurnal Ekonomia, 6(1).

Meyrina, S. (2017) ‘Pelaksanaan Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Kemeterian Hukum dan HAM’, Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 11(2), pp. 139–157.

Muammar, M. (2019) ‘Problematika Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi di Sekolah Dasar Kota Mataram’, el-Midad: Jurnal PGMI, 11(1), pp. 41–60.

Mubarok, S. (2019) Peningkatan Mutu Pendidik dan Kependidikan (Studi Kasus di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang). Tesis. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Muhaimin, E. (2017) Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumpiuh Banyumas dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kroya Cilacap. Tesis. IAIN Purwokerto.

Mulyasa, E. (2002) Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013) Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musa, M. (2017) Analisis Penerapan Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di KSPPS BMT Ramadana Salatiga. Skripsi. IAIN Salatiga.

Nurkolis, Dr. (2017) ‘The Implementation of School-based Management for School Effectiveness’, in Proceedings of the 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017). 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017), Semarang: Atlantis Press. doi: 10.2991/icset-17.2017.132.

Nurmaidah, N. (2014) ‘Konsep Manajemen Kesiswaan’, Al-Afkar Jurnal Keislaman dan Peradaban, 3(1), pp. 36–68.

Octavianingrum, D. (2020) ‘Pentingnya Kompetensi Pedagogik Dalam Kegiatan Magang Kependidikan Bagi Mahasiswa Calon Guru’, Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), pp. 115–124.

Oktavianti, F. (2019) Manajemen Peserta Didik Dalam Pengembangan Minat dan Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Negeri Ngaliyan 03 Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Pramesti, R., Sambul, S. and Rumawas, W. (2019) ‘Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan KFC Artha Gading’, Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), pp. 57–63.

Rempowatu, S., Laloma, A. and Mambo, R. (2020) ‘Pengaruh Kesejahteraan Terhadap Kinerja Pegawai di Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow’, Jurnal Administrasi Publik, 6(90).

Rintiani, A. (2011) Pengaruh Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Kelompok Bisnis dan Manajemen. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Rosmalah, R. (2016) ‘Hakikat Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah’, Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(1), pp. 64–76.

Setkab RI (2003) ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional’. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Available at: https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.pdf.

Sukmadinata, N. (2011) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulaiman, S., Hasmiana, H. and Asmaini, A. (2015) ‘Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Negeri 10 Banda Aceh’, Jurnal Pesona Dasar, 3(3), pp. 33–43.

Suparmi, S. and Septiawan, V. (2019) ‘Reward dan Punishment Sebagai Pemicu Kinerja Karyawan Pada PT. Dunia Setia Sandang Asli IV Ungaran’, Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 8(1), pp. 51–61.

Suwandi, S. (2011) ‘Kajian Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Pada Pendidikan Menengah’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), pp. 419–432.

Tim Dosen Adminitrasi Pendidikan UPI (2012) Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yulisna, L., Sowiyah, S. and Suntoro, I. (2014) ‘Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah’, Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 2(2).

Yusti, E. (2015) Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Penyelenggaraan Kantin Kejujuran di SD Negeri 3 Purwodadi Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zuhri, M. (2014) ‘Pengembangan Sumber Daya Guru dan Karyawan dalam Organisasi Pendidikan’, Quality Journal of Empirical Research in Islamic Education, 2(2), pp. 205–221.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i32021p195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alviansyah Putra Indrayadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.