MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN

Nur Khikmah

Abstract


Abstrak: Keberhasilan program pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi sarana dan prasarana pendidikan. Pemenuhan kebutuhan sarana prasarana bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor perencanaan, pengorganisasian, penggerak, pemantauan, penunjang dan penghambat pengelolaan infrastruktur untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Kebonharjo Semarang Utara. Teknik pengumpulan data penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini adalah perencanaan dengan rapat tahunan, evaluasi, review program kerja, pelaksanaan kegiatan program dan sosialisasi program kepada orang tua. Pengorganisasian: struktur organisasi, kepegawaian, uraian tugas dan tanggung jawab, komunikasi dan koordinasi. Mobilisasi dengan pengadaan barang, inventaris, pemeliharaan, seleksi, pelaporan. Pengawasan dengan melakukan evaluasi dan supervisi serta tindak lanjut dari supervisi. Faktor pendukung: desain rapi, penempatan pegawai, pengarsipan rapi dan keterlibatan pengawas madrasah. Faktor penghambat: komitmen setiap sumber daya manusia, kurangnya dana, regulasi yang berbelit-belit, dan kurangnya pengembangan keterampilan karyawan.

 

Keyword: infrastructure management, education quality

 

Abstrak: Keberhasilan program pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi sarana dan prasarana pendidikan. Pemenuhan kebutuhan sarana prasarana ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, serta faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana prasarana untuk mengembangkan mutu pendidikan di MI Kebonharjo Semarang Utara. Teknik pengumpulan data penelitian kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun temuan penelitian ini adalah perencanaan dengan rapat tahunan, evaluasi, mereview program kerja, melaksanakan program kegiatan dan sosialisasi program kepada wali murid. Pengorganisasian: struktur organisasi, penempatan staff, uraian tugas dan tanggung jawab, komunikasi dan koordinasi. Penggerakan dengan mengadakan barang, inventarisasi, perawatan, pemilihan, pelaporan. Pengawasan dengan melakukan evaluasi dan supervisi serta ada tindak lanjut dari pengawasan. Faktor pendukung: perancangan apik, penempatan pegawai, pengarsipan rapi dan keterlibatan pengawas madrasah. Faktor penghambat: komitmen masing-masing sumber daya manusia, minimnya dana, regulasi yang rumit dan kurangnya pengembangan keterampilan pegawai.

 

Kata Kunci : Manajemen Sarana Prasana, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bafadal, I. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayaningrat, S. 2007. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Bina Aksara.

Moeloeng, L. J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir, & Wahyu. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Nurhattati, F. M. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Prastyawan. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, (Online), (http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhikmah/article/view/2797), diakses 2 Mei 2019.

Siagian, S. P. 2012. Fungsi-fungsi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

Trisnawati, Cut, Z. H., & Nasir, U. 2019. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar. (Online), (http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/13184), diakses 2 Juli 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22020p123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Khikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.