ANALISIS KEPUASAN PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN EVALUASI HASIL BELAJAR ONLINE

Dwi Ayu Kusumawardhani, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat harapan peserta didik tentang Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online di SMK Negeri 3 Malang; (2) tingkat realitas menurut persepsi siswa tentang Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online di SMK Negeri 3 Malang; (3) perbedaan harapan dan persepsi siswa tentang Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian komparatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan One Way Anova. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) tingkat siswa Harapan tentang Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online di SMK Negeri 3 Malang berada pada kategori cukup puas; (2) Ternyata Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online dinilai cukup memuaskan; (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara harapan dan persepsi siswa tentang Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online di SMK Negeri 3 Malang.

 

Keywords: student satisfaction; Online learning outcomes evaluation services

 

Abstak: Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan: (1) tingkat harapan peserta didik tentang Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online di SMK Negeri 3 Malang; (2) tingkat realitas menurut persepsi siswa tentang Layanan Evaluasi Hasil Pembelajaran Online di SMK Negeri 3 Malang; (3) perbedaan antara harapan dan persepsi siswa tentang Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian komparatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan One Way Anova. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) tingkat harapan siswa tentang Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online di SMK Negeri 3 Malang berada dalam kategori cukup puas; (2) pada kenyataannya Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online berada dalam kategori cukup puas; (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara harapan dan persepsi siswa tentang Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online di Sekolah Menengah Kejuruan 3 Malang.

 

Kata kunci : kepuasan peserta didik; evaluasi layanan hasil belajar Online

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi Cetakan Kesepuluh. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler, P & Keller, K.L. 2008. Marketing Management 13th Edition. (Alih bahasa: Bob Sabran). Jakarta: Erlangga.

Sallis, E. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Sari, R.P. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Peserta Didik dan Orang Tua Peserta Didik. Manajemen Pendidikan 2(2013), 146-156.

Setyadin, B. 2005. Modul IV: Desain dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tjiptonio, F & Chandra, G. 2016. Service, Quality, dan Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (online). (https://books.google,co,id/books?id=xL1liDUL9ylC&pritsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=falses) diakses Tanggal 3 April 2019.

Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Cetakan 1, Jakarta: PT Indeks.

Yulianti, Y. 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Pendidikan dengan Menggunakan Gap Analysis dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi UNY. (online). (http://eprints.uny.ac.id/46247/1/SKRIPSIFULL_YAYU%20YULIANTI_11404241011.pd) diakses Tanggal 1 Juli 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12020p90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dwi Ayu Kusumawardhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.