EFEKTIVITAS PEMANFAATAN RUANG KELAS SEBAGAI SARANA PERKULIAHAN

Barson Robert Murib, Ahmad Supriyanto, Asep Sunandar

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) melihat tingkat keefektifan penggunaan ruang kuliah bagi mahasiswa Administrasi Pendidikan pada setiap semester mata kuliah tahun pelajaran 2018/2019; (2) bagi tingkat penggunaan ruang kuliah mahasiswa Administrasi Pendidikan angkatan 2016, 2017, dan 2018 pada semester genap tahun ajaran 2018/2019; dan (3) tingkat keefektifan penggunaan ruang kuliah bagi seluruh mahasiswa Administrasi Pendidikan semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian ini adalah (1) tingkat keefektif pada penggunaan ruang kuliah bagi mahasiswa Administrasi Pendidikan pada setiap semester mata kuliah tahun ajaran 2018/2019 termasuk kategori tinggi; (2) tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah mahasiswa Administrasi Pendidikan 2016, 2017 dan 2018 pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 juga termasuk dalam kategori tinggi; (3) Tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah bagi seluruh mahasiswa Administrasi Pendidikan semester genap tahun ajaran 2018/2019 juga termasuk dalam kategori tinggi.

 

Kata kunci : Efektivitas; Penggunaan Ruang Kuliah; Jurusan Administrasi Pendidikan

 

Abstrak: tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah mahasiswa Administrasi Pendidikan tiap mata kuliah semester genap tahun akademik 2018/2019; (2) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah mahasiswa Administrasi Pendidikan angkatan 2016, 2017 dan 2018 pada semester genap tahun akademik 2018/2019; dan (3) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah seluruh mahasiswa Adminitrasi Pendidikan semester genap tahun akademik 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah (1) tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah mahasiswa Administrasi Pendidikan tiap mata kuliah semester genap tahun akademik 2018/2019 termasuk kategori tinggi; (2) tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah mahasiswa Administrasi Pendidikan angkatan 2016, 2017 dan 2018 pada semester genap tahun akademik 2018/2019 juga dikatergori tinggi; (3) tingkat efektivitas penggunaan ruang kuliah seluruh mahasiswa Administrasi Pendidikan pada semeter genap tahun akademik 2018/2019 juga dikategori tinggi. 

 

Kata Kunci : Efektivitas; Penggunaan Ruang Kuliah; Jurusan Administrasi Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekataan Praktek. Jakarta: PT Ashi Mahasatya.

Ardi, N.W. 2013. Manajemen Kelas. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bafadal, I. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.

Barnawi & Arifin, M. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana. Jogjakarta: Arruzz Media.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2011. Jakarta: Bumi Aksara.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Faiz R. B. dan Eran A., Decision Making for Predictive Maintenance in Asset Information Management, Edirisinghe Department of Computer Science, Loughborough University, Leicestershire, UK, Interdisciplinary

Handayaningrat, S1983. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Gunung Agung.

Hendyat, S & Wasyti. S, 1986. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara.

Kusumastuty, Karina .D. 2016. Prospek Analisi Post Occupancy Evaluation (POE) sebagi Tinjaun untuk Mengevaluasi Perfoma Ruan terbuka Hijau Publik di Perkotaan. TEMU ILMIAH IPLBI 2016, 78. DOI: http://temuilmiah.iplbi.or.id/wp-content/uploads.

Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik.. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Munawaroh, K. 2013. Metodelogi Penelitian. Malang: Intimedia

Mulyasa. E. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. ALFABETA.

Phelupesik, Milany 2009 Perancangan Ruang Kelas Dengan Pendekatan Ergonomi Di Sekolah Alkitab Teologia Indonesia (SATI) Malang.(Undergraduate Thesis). DOI : http://repository.ubaya.ac.id/25923/.

Ulfatin, N. 2015. Metodelogi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Malang: Media Nusa Creative.

Saukah, Ali. B dan Imam. B. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Universitas Negeri Malang.

Setyadin, B. 2005. Desing dan Metode Penelitian Kuantatif, (modul IV). Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Siagian, S.P. 1978. Manajemen. Yogyakarta: Liberty.

Sunandar, A. 2015. Exploring of School Asset. International Conference on Education and Tarining (ICET) 2015, 35. DOI: http://ap.fip.um.ac.id/wp-content.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif & R & D. Bandung: Alfabeta.

Wiyono, B.B. 2007. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan action Reseach. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22020p141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Barson Robert Murib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.