IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SOPAN SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK

fernanda rahmadika putra, Ali Imron, Djum Djum Noor Benty

Abstract


Abstrak:Pentingnya pendidikan karakter karena melalui pendidikan karakter dapat menumbuhkan kecerdasan, keterampilan dan kemampuan siswa. Fokus penelitian ini adalah: (1) pembelajaran kode etik, (2) bentuk pendidikan tingkah laku budi pekerti, (3) penanaman pendidikan karakter yang santun, (4) faktor pendukung penanaman budi pekerti pendidikan karakter, (5) optimalisasi Pemanfaatan faktor pendukung penanaman pendidikan karakter kesantunan, (6) faktor kendala dalam pembinaan kesantunan pendidikan karakter, (7) solusi kendala pembinaan kesantunan pendidikan karakter. Kesimpulan dari penelitian ini: (1) pembelajaran kode moral dalam kegiatan belajar mengajar berjalan lancar, efektif, dan inovatif, (2) bentuk-bentuk perilaku pendidikan karakter sudah terbentuk, hanya menambah kekurangan,

Kata kunci: implementasi, pendidikan karakter, budi pekerti, teologi moral

 

Abstrak: Pentingnya pendidikan karakter yang didasarkan pada pendidikan karakter itu bisa menumbuhkan kecerdasan, kecakapan, dan kemampuan siswa. Fokus penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran Akidah Akhlak, (2) bentuk perilaku pendidikan karakter sopan santun, (3) penanaman pendidikan karakter sopan santun, (4) faktor penunjang penanaman pendidikan karakter sopan santun , (5) pengoptimalan pendayagunaan faktor penunjang penanaman pendidikan karakter sopan santun , (6) faktor kendala dalam penanaman pendidikan karakter sopan santun, (7) solusi dari kendala penanaman pendidikan karakter sopan santun. Simpulan penelitian ini: (1) pembelajaran Akidah Akhlak  pada kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar, efektif, dan inovatif, (2) bentuk perilaku pendidikan karakter sopan santun sudah ada pembentukan, tinggal menambah dari kekurangan yang ada, (3) penanaman pendidikan karakter sopan santun Bapak dan Ibu Guru memberikan contoh sikap yang mulia, memberi dorongan, dan membiasakan perilaku yang mulia, (4) faktor penunjang dalam  penanaman pendidikan karakter sopan santun yakni didukung oleh sarana prasarana kelas yang baik dan memadai dan minat belajar siswa yang tinggi, (5) pengoptimalan pendayagunaan faktor penunjang penanaman pendidikan karakter pihak sekolah harus bisa bertanggungjawab dalam mengembangkan penanaman pendidikan karakter sopan santun yang mulia, (6) faktor kendala yang ditemui dalam penanaman pendidikan karakter sopan santun yaitu faktor lingkungan, keberagaman peserta didik, salah dalam memilih teman, (7) ) solusi yang dilakukan dari kendala penanaman pendidikan karakter yakni memberi nasihat, memberi hukuman atau teguran berupa peringatan.

Kata kunci : implementasi, pendidikan karakter, sopan santun, akidah akhlak

 


Full Text:

PDF

References


Andayani, D. dan Majid, A. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Jakarta:Rajawali Pers.

Damayanti, D. 2014. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.

Imron, A. 2014. Integrasi Karakter Positif dan Reduksi Karakter Negatif dalam Supervisi Pembelajaran, (Online), (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/03-Ali-Imron.pdf), Diakses tanggal 7 April 2020.

Imron, A. 2016. Coceptual Model Pupil Management With Balancing Competitive-Solidarity Value for the Preparation of the Caracter Generation Competitive and Social-Solidarity to Be Ready Demographic Bonus and The Best Economic Era, (Online), (http://coema.unm.ac.id/Proseding_International_Conference_on_Educational_Management_and_Administration_COEMA_2016.pdf), Diakses tanggal 11 April 2020

Imron, A. 2017. Empirical Model Pupil Management Integrating With Balancing Competitive-Solidarity Value for the Preparation of Character Generation Competitive and Social-Solidarity to be Ready Demographic Bonus and the Best Economic Era, 6 (1). (Online), (http://centreofexcellence.net/J/JSS/Vol6/No1/JSSarticle1,6_1_pp1-13.pdf), Diakses tanggal 11 April 2020.

Minarti, S. 2011. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprahatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Supriyono, W. dan Ahmadi, A. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafri, A. U. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Alqur’an. Jakarta:Rajawali Pers.

Usman, U. M. 2011. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuliana, L. dan Arikunto, S. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Zuhriyah, N. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pakerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22020p182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 fernanda rahmadika putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.