PERSEPSI GURU DAN SISWA TENTANG EFEKTIVITAS MANAJEMEN KURIKULUM DAN PENGARUHNYA TERHADAP KREATIVITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Alma'idah Hayuning Sesanti, Burhanuddin Burhanuddin, Burhanuddin Burhanuddin, Nurul Ulfatin, Burhanuddin Burhanuddin, Nurul Ulfatin, Nurul Ulfatin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa tentang efektivitas manajemen kurikulum dan pengaruhnya terhadap kreativitas siswa SMA. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional prediktif. Populasi dalam penelitian ini adalah 569 guru dan 3.117 siswa kelas XI dari 10 SMA Negeri Malangs. Pengambilan sampel guru dengan teknik quota sampling dan random sampling, kemudian sampel siswa diambil dengan menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 234 guru dan 312 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, analisis regresi sederhana, dan analisis oneway anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di seluruh SMA Negeri Malangs (1) pengelolaan kurikulum cukup efektif; (2) tingkat kreativitas siswa cukup tinggi; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara efektivitas pengelolaan kurikulum terhadap tingkat kreativitas siswa; (4) tidak terdapat perbedaan persepsi guru tentang tingkat keefektifan pengelolaan kurikulum berdasarkan faktor organisasi, (5) tidak terdapat perbedaan persepsi siswa tentang tingkat kreativitas diri berdasarkan faktor individu, dan (6) tidak terdapat perbedaan pada siswa. persepsi tingkat kreativitas diri berdasarkan faktor sosial.

Kata kunci: manajemen kurikulum, kreativitas siswa, persepsi guru, persepsi siswa

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa tentang efektivitas manajemen kurikulum dan pengaruhnya terhadap kreativitas siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional prediktif. Populasi dalam penelitian ini adalah 569 guru dan 3.117 siswa kelas 11 dari 10 SMA Negeri di Kota Malang. Pengambilan sampel guru dilaksanakan menggunakan teknik quota sampling dan random sampling, sedangkan pengambilan sampel siswa menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat 234 guru dan 312 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, serta analisis oneway anova . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di seluruh SMA Negeri Kota Malang (1) manajemen kurikulum sudah cukup efektif; (2) tingkat kreativitas siswa cukup tinggi; (3) ada pengaruh yang signifikan dari manajemen kurva kurva tingkat kreativitas siswa; (4) tidak ada pendapat persepsi guru terhadap tingkat kewenangan manajemen kurikulum berdasarkan faktor organisasional sekolah, (5) tidak ada pendapat persepsi siswa terhadap kreativitas diri berdasarkan faktor individu, serta (6) tidak ada pendapat persepsi siswa terhadap tingkat kreativitas berdasarkan faktor sosial .

Kata Kunci: kurikulum manajemen, kreativitas siswa, persepsi guru, persepsi siswa


Full Text:

PDF

References


Adii, T. A. (2017). Persepsi Guru terhadap Supervisi Akademik Ditinjau dari Lama Mengajar dan Pangkat atau Golongan: Survei pada Guru SD dan SMP Negeri Terakreditasi A di Kecamatan Kalasan.

Arbain, J., Azizah, N., & Sari, I. N. (2017). Pemikiran Gender Menurut Para Ahli: Telaah atas Pemikiran Amina Wadud Muhsin, Asghar Ali Engineer, dan Mansour Fakih. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(1), 75. https://doi.org/10.21580/sa.v11i1.1447

Astuti, R. (2015). Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 37. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3872

Brookhart, S. M. (2013). Assessing Creativity. Creativity Now!, 70(5), 28–34. http://www.ascd.org/publications/educational-leadership/feb13/vol70/num05/Assessing-Creativity.aspx

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. http://fe.unj.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Research-Design_Qualitative-Quantitative-and-Mixed-Methods-Approaches.pdf

Csikszentmihalyi, M. (2013). Creativity: Flow and The Psychology of Discovery and Invention. Harper Perennial.

Dewantara. (2010). Membangun Kepribadian dan Watak Bangsa Indonesia. Pustaka Belajar.

Diyanto, E. W. (2016). Pengaruh Manajemen Kurikulum dan Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Palapa Semarang [Universitas Negeri Semarang]. ib.unnes.ac.id/27497/1/5201409033.pdf

Fields, Z., & Bisschoff, C. A. (2014). Developing and Assessing a Tool to Measure the Creativity of University Students. Journal of Social Sciences, 38(1), 23–31. https://doi.org/10.1080/09718923.2014.11893233

Giacquinta, J. B. (1973). 6: The Process of Organizational Change in Schools. Review of Research in Education, 1(1), 178–208. https://doi.org/10.3102/0091732X001001178

Hamalik, O. (2013). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Hamama, S. F., Hallaby, S. F., & Ramona, S. (2019). Analisis Persepsi Siswa Berdasarkan Gender terhadap Pembelajaran Biologi di Dalam Kelas. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8848(1), 21–26. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/113/113

Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak (M. Tjandrasa (ed.)). Erlangga.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003). https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru, (2017). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/PP_Tahun2017_Nomor019.pdf

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, (2013). https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/PP0322013.pdf

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah, (2018). http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_15_18.pdf

Kebudayaan, K. P. dan. (2019). Jabatan Fungsional Guru untuk Penghargaan Karir. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/08/jabatan-fungsional-guru-untuk-penghargaan-karir-guru

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management. Pearson Education Inc.

Malekian, F., & Aliabadi, F. M. (2012). Review of Methods of Organizing the Content of the Curriculum in the Educational System, based on ICT (Information and Communication Technology) from the Experts’ View. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51(1), 19–23. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.112

Marliani, R. (2014). Psikologi Umum. CV Pustaka Setia.

Nuraheni, R. H. (2011). Persepsi Guru SMA terhadap Program Pendidikan Profesi Guru yang Terbuka Bagi Sarjana Non-Kependidikan Ditinjau dari Status Kepegawaian , Tingkat Pendidikan , dan Masa [Universitas Sanata Dharma Yogyakarta]. https://repository.usd.ac.id/10546/2/061334061_Full.pdf

OECD. (2019). PISA 2018 Results: Combined Executive Summaries. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Provasnik, S., Malley, L., Stephens, M., Landeros, K., Perkins, R., & Tang, J. H. (2016). Highlights From TIMSS And TIMSS Advanced 2015: Mathematics And Science Achievement Of U.S. Students In Grades 4 And 8 And In Advanced Courses At The End Of High School In An International Context. (NCES 2017-002). In National Center for Education Statistics. http://nces.ed.gov/pubsearch

Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, Y., & Kurniati, E. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana.

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Rajawali Pers.

Sugiana, A. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum dalam Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Pedagogik, 05(02), 257–273. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik

Thoha, M. (2014). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Rajawali Pers.

Trisna, F. D., Sunandar, & Yuliejantiningsih, Y. (2017). Manajemen Kurikulum pada Daniel Creative School Semarang. 75–88. https://www.researchgate.net/publication/322085503_Manajemen_Kurikulum_Pada_Daniel_Creative_School_Semarang

Wahyudin, D. (2014). Manajemen Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Gava Media.

World Economic Forum. (2017). The Global Human Capital Report 2017: Preparing for the future of work. In World Economic Forum (Vol. 0). https://doi.org/ISBN 978-1-944835-10-1




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22020p171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Alma'idah Hayuning Sesanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.