MANAJEMEN PROGRAM PUTRA PUTRI BERKARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Abstrak: Program Putra Putri Berkarakter sangat penting dilakukan agar manajemen pendidikan karakter dapat berjalan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan solusi program Putra Putri Berkarakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Proses data yang digunakan oleh peneliti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti melakukan data ,Kondensasi data, data sajian, dan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perencanaan program menghasilkan jadwal serta syarat dan ketentuan, (2) program pengorganisasian menghasilkan struktur organisasi, pelaksanaan program termasuk tes tulis, tes wawancara, semi final, dan grand final, (4) evaluasi yang Dilakukan pihak sekolah evaluasi terhadap kegiatan yang telah dijalankan oleh finalis dan evaluasi program evaluasi, (5) karakter yang tampak setelah pelaksanaan program adalah peserta didik lebih memperhatikan guru ketika sedang mengajar, taat peraturan, (6). pelaksanaan kunjungan, dan penyediaan dana sekolah, (7) solusi yang dilakukan oleh sekolah yaitu mengganti jadwal kunjungan, mencari pihak sponsor.
Kata Kunci: pendidikan karakter, putra putri berkarakter
Full Text:
PDFReferences
A. Y. Sobri, “Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Religi di Sekolah Dasar,” Sekol. Dasar Kaji. Teori Dan Prakt. Pendidik., vol. 24, no. 1, hlm. 18–25, 2017.
R. Megawangi, “Pendidikan karakter solusi yang tepat untuk membangun bangsa,” Jkt. Indones. Herit. Found., 2004.
S. E. Darmayanti dan U. B. Wibowo, “Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo,” J. Prima Edukasia, vol. 2, no. 2, hlm. 223–234, 2014.
N. S. P. Ardi, A. Y. Sobri, dan D. E. Kusumaningrum, “Manajemen Pembinaan Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik,” JAMP J. Adm. Dan Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 1, hlm. 17–25, 2019.
D. P. Nasional dkk., “Undang-Undang,” Sist. Pendidik. Nas., 2003.
Y. R. Prihartoyo dan S. I. A. Dwiningrum, “Manajemen Pendidikan Karakter di SMA De Britto Yogyakarta,” J. Akuntabilitas Manaj. Pendidik., vol. 2, no. 1, hlm. 135–146, 2014.
P. Panoyo, Y. Riyanto, dan W. Handayaningrum, “Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 2, hlm. 111–117, 2020.
N. Purwanto, “Dasar-dasar Ilmu Pendidikan,” Yogyak. Ar-Ruzz Media, 2008.
A. L. Y. DI PONDOK PESANTREN dan N. ISTIQAMAH, “MANAJEMEN PEMBINAAN KARAKTER SANTRI.”
E. Supriyadi, Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Dosen Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, 2010.
M. Buchory dan T. B. Swadayani, “Implementasi program pendidikan karakter di SMP,” J. Pendidik. Karakter., no. 3, 2014.
W. Agus, Manajemen pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
O. Hamalik, “Manajemen pengembangan kurikulum,” 2006.
S. Sagala, “Konsep dan makna pembelajaran,” Bdg. Alf., 2010.
H. Gunawan dan P. Karakter, “Konsep dan Implementasi,” Bdg. Alf., 2012.
D. Nachrowi dan H. Usman, Teknik Pengambilan Keputusan. Grasindo, 2004.
S. Suradi, “Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah,” Briliant J. Ris. Dan Konseptual, vol. 2, no. 4, hlm. 522–533, 2017.
S. Ubaidah dan others, “Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah,” Al-Fikr. J. Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, vol. 5, hlm. 56738, 2014.
M. Samani dan M. Hariyanto, “Konsep dan model pendidikan karakter,” Bdg. Remaja Rosdakarya, 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i32020p224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Maharina Emiliya Yunita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.