STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENARIK MINAT MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELAS KHUSUS

Frizkania Lutfi Annisa Fira, Nurul Ulfatin, Djum Djum Noor Benty

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Pemasaran Jasa Dalam Menarik Minat Umum Melalui Program Kelas Khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data penelitian dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian ini meliputi kelas khusus, strategi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kendala, solusi, faktor pendukung, dan optimalisasi faktor pendukung dalam strategi pemasaran jasa pendidikan yang digunakan untuk menarik minat masyarakat melalui program kelas khusus.

Kata kunci : pemasaran jasa pendidikan, minat masyarakat, kelas khusus

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Strategi Pemasaran Jasa dalam Menarik Minat Masyarakat melalui Program Kelas Khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini mencakup kelas khusus, strategi, perencanaan, evaluasi, evaluasi, solusi, faktor pendukung, dan pengoptimalan faktor pendukung dalam strategi pemasaran jasa pendidikan yang digunakan untuk menarik minat masyarakat melalui program kelas khusus.

Kata Kunci : pemasaran jasa pendidikan, minat masyarakat, kelas khusus


Full Text:

PDF

References


Benty, D. D. N. dan Gunawan, I. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Malang: Penerbit UM Press.

Charolin, S. 2015. Implementasi Program Kelas Khusus Studi Kasus di SMA Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 2(2). Dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/14630. Diakses Tanggal 7 Januari 2020

Constantinides, E and Stagno, M. 2011. Potential Of The Social Media As Instruments Of Higher Education Marketing: A Segmentation Study. Jurnal Of Marketing For Higher Education. 21(1), 7-24. Dari https://www.tandfonline.com/doi/abs/ 10.1080/03098770802638226. Diakses Tanggal 3 Juli 2020

Ekwulugo, F dan Binsardi,A. 2003. International Marketing Of British Education: Research On The Students Perception and the UK Market Penetration. Marketing intellligence and planning. 21(5), 318-327) Dari https://www.emerald.com/ insight /content/ doi/10.1108/02634500310490265/full/html. Diakses Tanggal 28 Juni 2020

Faizin, I. 2017. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, 7(2). Dari https://media.neliti. com/media/publications/195108-ID-strategi-pemasaran-jasa-pendidikan-dalam.pdf. Diakses Tanggal 12 Maret 2019

Hadi, Y. 2015. Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pendidikan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala. (Online). (http://etheses.uin-malang.ac.id/5223/1/11110216.pdf). Diakses Tanggal 7 Januari 2020.

Kirom, N.R., Sudarmiatin, dan Putra, I.W.J.A. 2016. Faktor-Faktor Penentu Daya Tarik Wisata Budaya dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 536-546. Dari journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6184. Diakses Tanggal 23 Maret 2019

Kustian,dkk. 2018. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Siswa.Tadbir Muwahhid, 2(2), 87-97. Dari https://ojs.unida.ac.id/JTM/article /view/1176/pdf. Diakses tanggal 14 Mei 2020

Muzzarol, T. 1998. Critical Success Factors For International Education Marketing. International Jurnal Of Educational Management, 12(4),163-175. Dari https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/09513 549810 220623/full/html. Diakses Tanggal 28 Juni 2020

Naude, P and Ivy,J. 1999. The Marketing Strategies of Universities In The United Kingdom. The International Journal Of Educational Management. 13(3), 126-134. Dari https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/ 09513549910269485/full/html. Diakses Tanggal 28 Juni 2020

Newman, S and Jahdi, K. 2009. Marketisation Of Education: Marketing, Rhetoric, and Reality. Journal Of Further And Higher Education, 33(1), 1-11. Dari https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/09513540810875635/full/html?mobileUi=0&fullSc=1&mbSc=1&fullSc=1&fullSc=1&fullSc=1. Diakses Tanggal 3 Juli 2020

Rohmitriasih dan Soetopo, H. 2015.Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 402-407. Dari http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-550-55.pdf. Diakses Tanggal 5 Mei 2019

Trimo. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan di SMK Bhineka Karya Surakarta. Dari http://eprints.ums.ac.id /60259/16/NASKAH% 20PUBLIKASI.pdf. Diakses Tanggal 12 Maret 2019

Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.

Yin, R.K. 2009. Case Study Research: Design and Methods. (Online). Dari https://books.google.co.id/books?id=. Diakses Tanggal 04 Juli 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i32020p249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Frizkania Lutfi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.