VALIDITAS DAN RELIABELITAS ANGKET GAYA KEPEMIMPINAN MAHASISWA

Djum Djum Noor Benty, Imam Gunawan, Desi Eri Kusumaningrum, Raden Bambang Sumarsono, Dika Novita Sari, Firda Dwi Pratiwi, Sari Oktavia Ningsih, Lim Kim Hui

Abstract


Abstrak: Instrumen memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah penelitian. Keakuratan data yang diambil juga dipengaruhi oleh validitas instrumen penelitian. Validitas instrumen penelitian juga akan mempengaruhi keakuratan kesimpulan penelitian. Oleh karena itu, sebelum menggunakan suatu instrumen untuk mengambil data harus dilakukan uji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menguji validitas dan reliabilitas instrumen angket variabel gaya kepemimpinan siswa. Indikator yang digunakan untuk menyusun item pernyataan angket variabel gaya kepemimpinan mahasiswa berdasarkan teori Yukl (2015), Usman (2013), dan Gunawan (2018) yaitu: otokratis; birokratis; diplomatik; partisipatif; dan pemimpin kendali bebas. Berdasarkan teori ini, 10 item dikembangkan untuk mengukur variabel gaya kepemimpinan siswa. Sampel penelitian adalah 35 mahasiswa UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang (organisasi kemahasiswaan yang bergerak di palang merah). Rumus yang digunakan untuk menguji validitas adalah rumus Korelasi Pearson Product Moment, sedangkan rumus yang digunakan untuk menguji reliabilitas adalah rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis validitas menyimpulkan bahwa semua item pernyataan yang dikembangkan (10 item) memiliki nilai probabilitas (α) <0,05; Sehingga dapat disimpulkan instrumen valid untuk mengukur variabel gaya kepemimpinan mahasiswa. Hasil analisis reliabilitas menunjukkan bahwa nilai r sedangkan rumus yang digunakan untuk menguji reliabilitas adalah rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis validitas menyimpulkan bahwa semua item pernyataan yang dikembangkan (10 item) memiliki nilai probabilitas (α) <0,05; Sehingga dapat disimpulkan instrumen valid untuk mengukur variabel gaya kepemimpinan mahasiswa. Hasil analisis reliabilitas menunjukkan bahwa nilai r sedangkan rumus yang digunakan untuk menguji reliabilitas adalah rumus Alpha Cronbach. Hasil analisis validitas menyimpulkan bahwa semua item pernyataan yang dikembangkan (10 item) memiliki nilai probabilitas (α) <0,05; Sehingga dapat disimpulkan instrumen valid untuk mengukur variabel gaya kepemimpinan mahasiswa. Hasil analisis reliabilitas menunjukkan bahwa nilai ralpha = 0,799> r tabel = 0,468; Sehingga dapat disimpulkan instrumen reliabel untuk mengukur variabel gaya kepemimpinan mahasiswa.

 

Kata kunci : validitas, reliabilitas, gaya kepemimpinan mahasiswa, otokrasi, birokrasi, diplomatik, partisipatif, kebebasan pemimpin

 

Abstrak: Instrumen memiliki fungsi yang krusial dalam suatu penelitian. Ketepatan data yang diambil juga dipengaruhi oleh tingkat kevalidan instrumen penelitian. Kevalidan instrumen penelitian juga akan mempengaruhi ketepatan simpulan penelitian. Oleh sebab itu, suatu instrumen sebelum digunakan untuk mengambil data, harus diuji validitas dan reliabelitasnya. Penelitian ini menguji validitas dan reliabelitas instrumen angket variabel gaya kepemimpinan mahasiswa. Jabaran indikator yang digunakan untuk menyusun item pernyataan angket variabel gaya kepemimpinan mahasiswa berdasarkan teori Yukl (2015), Usman (2013), dan Gunawan (2018), yaitu: autokratis; birokratik; diplomatis; partisipatif; dan free rein leader. Berdasarkan teori tersebut, ada 10 item yang dikembangkan untuk mengukur variabel gaya kepemimpinan mahasiswa. Sampel penelitian adalah 35 mahasiswa UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang. Rumus yang digunakan untuk menguji validitas adalah dengan rumus Korelasi Product Moment Pearson, sedangkan rumus yang digunakan untuk menguji reliabelitas adalah dengan rumus rumus Cronbach’s Alpha. Hasil analisis validitas menyimpulkan semua item pernyataan yang dikembangkan (10 item) memiliki nilai probabilitas (α) < 0,05; sehingga dapat disimpulkan instrumen tersebut valid untuk mengukur variabel gaya kepemimpinan mahasiswa. Hasil analisis reliabelitas diperoleh nilai ralpha = 0,799 > rtabel= 0,468; Sehingga dapat dinilai penilaian reliabel tersebut untuk mengukur variabel gaya kepemimpinan mahasiswa.

 

Kata kunci : validitas, reliabelitas, gaya kepemimpinan mahasiswa, otokratis, birokratik, diplomatis, partisipatif, kebebasan pemimpin

 


Full Text:

PDF

References


Agustina, N. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. 2018. Implementation of School and Community Relationship Techniques (A Case Study in SDN Karangbesuki 2 Malang, Indonesia). Proceeding 1st International Conference on Early Childhood and Primary Education (ECPE 2018), Theme: Policies and Strategies to Enhance the Quality of Early Childhood and Primary Education, Atlantis Press, 244, 145-147.

Amirianzadeh, M. 2012. Hexagon Theory-Student Leadership Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31, 333-339.

Argadinata, H., & Gunawan, I. 2019. The Leadership of Pancasila in Education: Foundation for Strengthening Student Characters in the Industrial Revolution Era 4.0. The 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), Atlantis Press.

Bafadal, I., Juharyanto, Nurabadi, A., & Gunawan, I. 2019. Efforts to Improve the Integrity of the Principal with the Moral Debate Model. The 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), Atlantis Press.

Barnett, B. G., Basom, M. R., Yerkes, D. M., & Norris, C. J. 2000. Cohorts in Educational Leadership Programs: Benefits, Difficulties, and the Potential for Developing School Leaders. Educational Administration Quarterly, 36(2), 255-282.

Betts, S. C., Morgan, W., & Castiglia, B. 2008. Who is a Leader? Students Implicit Theories of Leadership. Proceedings of the Academy of Organizational Culture, Communications and Conflict, 13(1), 1-18.

Braun, V., & Clarke, V. 2012. Thematic Analysis. Dalam Cooper, H., (Ed). The APA Handbook of Research Methods in Psychology: Vol. 2. Research Designs (pp. 57-71). Washington DC: American Psychological Association.

Brion-Meisels, G. 2015. Centering Students in School-Based Support Processes: Critical Enquires and Shifting Perspectives. Teachers College Record, 117(13), 67-82.

Burge, H. B. 2015. High School students’ Participation in Fine Arts Programs and Perceived Leadership Self-Efficacy. Minneapolis: Walden University.

Farb, A. F., & Matjasko, J. L. 2012. Recent Advances in Research on School-Based Extracurricular Activities and Adolescent Development. Developmental Review, 32(1), 1-48.

Georgia State University. 2015. 4 Ways Cohort Models Benefit Graduate Students, (Online), (http://education.gsu.edu/4-ways-cohorts-models-benefit-graduate-students/), diakses 20 Maret 2020.

Gunawan, I. 2013. Statistika untuk Kependidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Gunawan, I. 2016. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarat: Rajawali Pers.

Gunawan, I. 2017. Instructional Leadership Profile of Junior High School’s Principal (A Case Study of Junior High School in Malang). International Research-Based Education Journal, 1(1), 64-68.

Gunawan, I. 2018. Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Pengantar. Malang: Universitas Negeri Malang, UM Press.

Gunawan, I., Benty, D. D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D. Ningsih, S. O., Putri, A. F., & Hui, L. K. 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial, Efikasi Diri, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(2), 126-150.

Gunawan, I., Benty, D. D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D. Ningsih, S. O., Putri, A. F., & Hui, L. K. 2019. Validitas dan Reliabilitas Angket Keterampilan Manajerial Mahasiswa. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 247-257.

Hadi, S., Gunawan, I., & Dalle, J. 2018. Statistika Inferensial: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Hallinger, P. 2003. Leading Educational Change: Reflections on the Practice of Instructional and Transformational Leadership. Cambridge Journal of Education, 33(3), 329-352.

Hardika, Aisyah, E. N., & Gunawan, I. 2018. Facilitative Learning to Improve Student Learning Creativity. Proceeding 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), Theme: The Challenges of Educational and Technology in Global and Local Era, Atlantis Press, 269, 186-189.

Hine, G. S. C. 2013. Student Leadership Experiences: A Case Study. Leading and Managing, 19(1), 32–50.

Hine, G. S. C. 2014. Student Leadership Development: A Functional Framework. Journal of Catholic Education, 18(1), 78-110.

Hogan, R., Curphy, G. J., & Hogan, J. 1994. What we Know about Leadership: Effectiveness and Personality. American Psychologist Association, 49(6), 1-33.

Johnson, J. W. 2012. The Effect of High School Outdoor-Based Adventure Leadership Programs in Independent Schools on Personal Effectiveness and Locus of Control. Arizona: Prescott College.

Komives, S. R., Lucas, N., & McMahon, T. R. 1998. Exploring Leadership: for College Students Who Want to Make a Difference. San Francisco: Jossey-Bass.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. 2016. Principal Empowerment Through Soft System Methodology Approach. Proceeding International Conferences on Education and Training, 2nd ICET Theme: Improving the Quality of Education and Training Through Strengthening Networking, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, hlm. 205-211.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsoso, R. B., & Gunawan, I. 2019. Budaya Sekolah dan Etika Profesi: Pengukuran Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah dengan Pendekatan Soft System Methodology. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 90-97.

Leithwood, K. A. 1992. The Move Toward Transformational Leadership. Educational Leadership, 49(5), 8-12.

Leithwood, K., Louis, K. S., Anderson, S., & Wahlstrom, K. 2004. Review of Research How Leadership Influences Student Learning. Minnesota: Center for Applied Research and Educational Improvement, University of Minnesota; Ontario Institute for Studies in Education at The University of Toronto; The Wallace Foundation.

Leithwood, K., Riedlinger, B., Bauer, S., & Jantzi, D. 2003. Leadership Program Effects on Student Learning: The Case of the Greater New Orleans School Leadership Center. Journal of School Leadership, 13(6), 707-738.

Marsh, S. 2012. Improving Student Learning in Schools: Exploring Leadership for Learning as a Community Activity. Leading & Managing, 18(1), 107-121.

Middlebrooks, A. E., & Haberkorn, J. T. 2009. Implicit Leader Development: The Mentor Role as Prefatory Leadership Context. Journal Leadership Study, 2(4), 7-22.

Mozhgan, A., Parivash, J., Nadergholi, G., & Jowkar, B. 2011. Student Leadership Competencies Development. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15, 1616-1620.

National College for School Leadership. 2006. Student Leadership Investing in Tomorrow’s Leaders for Schools and Communities. Nottingham: National College for School Leadership.

North, C. E. 2007. What do You Mean by ‘Anti-Oppressive Education’? Student Interpretations of a High School Leadership Program. International Journal of Qualitative Studies in Education, 20(1), 73-97.

Nurabadi, A., Sucipto, Juharyanto, & Gunawan, I. 2018. The Implementation of Education Management Standards in the School Laboratory State University of Malang for Improving Educational Quality. Proceeding 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), Theme: The Challenges of Educational and Technology in Global and Local Era, Atlantis Press, 269, 127-132.

Pertiwi, A. K., Cahyani, S. S. A., Diana, R. C., & Gunawan, I. 2018. Analisis Interaksi Simbolik Kyai dan Santri dalam Perspektif Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Etika. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 185-191.

Pertiwi, A. K., Cahyani, S. S. A., Diana, R. C., & Gunawan, I. 2017. Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Etika: Suatu Kajian Interaksi Simbolik Kyai dan Santri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sinergitas Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Penguatan Pendidikan Karakter, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, hlm. 1-9.

Putri, A. F., Andriningrum, H., Rofiah, S. K., & Gunawan, I. 2019. Teacher Function in Class: A Literature Review. 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), Atlantis Press.

Saputra, B. R., Adha, M. A., Ariyanti, N. S., & Gunawan, I. 2019. Tips for Principal in Managing One Roof School (SATAP) in Underdeveloped Area. The 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), Atlantis Press.

Shertzer, J. E., & Schuh, J. H. 2004. College Student Perceptions of Leadership: Empowering and Constraining Beliefs. NASPA Journal, 42(1), 111-131.

Sobri, A. Y., Bafadal, I., Nurabadi, A., & Gunawan, I. 2019. Validity and Reliability of Questionnaire Problematics Leadership Beginner School Principals. The 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), Atlantis Press.

Steinkamp, L. A. 2016. Cultivating Post-Secondary Opportunity and Service: Youth and Young Adult Perspectives on a High School Leadership Program. Madison, Wisconsin: The University of Wisconsin.

Stevens, J. 1996. Applied Multivariate Statistics for the Social Sciences. Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates.

Sudharta, V. A., Mujiati, M., Rosidah, A., & Gunawan, I. 2017. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 109-123.

Sultoni, Gunawan, I., & Rosalinda, T. N. 2018a. Pengaruh Pembentukan Tim dan Kepemimpinan Spiritual terhadap Motivasi Diri Mahasiswa. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 210-216.

Sultoni, Gunawan, I., & Rosalinda, T. N. 2018b. Pengaruh Pembentukan Tim dan Kepemimpinan Spiritual terhadap Motivasi Diri Mahasiswa. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 210-216.

Sultoni, Gunawan, I., & Rosalinda, T. N. 2018c. Upaya Mahasiswa dalam Menyiapkan Diri Masuk ke Dunia Kerja: Suatu Kajian Deskriptif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Mendidik Cerdas Generasi Digital, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, hlm. 143-148.

Suminah, Gunawan, I., & Murdiyah, S. 2018. Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Behavior Modification. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221-230.

Sussman, A. 2015. The Student Voice Collaborative: An Effort to Systematize Student Participation in School and District Improvement. Teachers College Record, 117(13), 119-134.

The Office of Student Leadership Development. 2013. Engaging, Exploring and Elevating Student Leadership Development at The College of William and Mary, (Online), (https://www.wm.edu/offices/studentleadershipdevelopment/documents/StudentLeadershipDevelopmentUpdate_December2013.pdf), diakses 11 Maret 2020.

Usman, H. 2013. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Westlake, R. E. 2015. Mentoring Student Leadership: A Comparison of Two High School Programs and the Development of Student Success. Bozeman, Montana: Montana State University.

Wituk, S., Ealey, S., Clark, M. J., Heiny, P., & Meissen, G. 2005. Community Development through Community Leadership Programs: Insights from a Statewide Community Leadership Initiative. Community Development, 36(2), 89-101.

Yukl, G. 2015. Leadership in Organizations. New York: Pearson.

Zekan, S. B., Peronja, I., & Russo, A. 2012. Linking Theory with Practice: Students Perceptions of Leaders and Leadership Characteristics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 41, 237-242.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i32020p262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Firda Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.