DEBAT MORAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN INTEGRITAS KEPALA SEKOLAH

ibrahim bafadal, Juharyanto Juharyanto, Ahmad Nurabadi, Imam Gunawan

Abstract


Abstrak: Integritas adalah tingkat kejujuran dan kualitas moral yang dimiliki seseorang yang dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Integritas adalah kepribadian seseorang yang bertindak secara konsisten dan utuh, baik dalam perkataan maupun perbuatan, sesuai dengan nilai dan kode etik. Upaya penegakan dedikasi dan integritas kepala sekolah dan guru penting dilakukan untuk mempersiapkan generasi Indonesia menghadapi jamannya dengan terus mengupdate kompetensinya untuk memberikan layanan pendidikan terbaik. Debat moral digunakan sebagai pendekatan dalam meningkatkan integritas kepala sekolah. Berbagai hal terkait pendidikan dapat dijadikan topik dalam debat moral kepala sekolah. Semua topik tersebut harus tetap berada dalam koridor kebangsaan Indonesia. Nilai-nilai kebangsaan merupakan hal utama untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah melalui kepemimpinan kepala sekolah. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan pada negara kepada pelajar.

 

Kata kunci : integritas, prinsip, debat moral

 

Abstrak: Integritas merupakan tingkat kejujuran dan kualitas moral yang dimiliki seseorang yang dilakukan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Integritas merupakan kepribadian seseorang yang bertindak secara konsisten dan utuh, baik dalam perkataan maupun perbuatan, sesuai dengan nilai-nilai dan kode etik. Upaya meneguhkan dedikasi dan integritas kepala sekolah dan guru menjadi hal penting untuk menyiapkan generasi Indonesia masuk ke zamannya dengan tetap memperbaharui kompetensi untuk memberikan layanan pendidikan terbaik. Debat moral digunakan sebagai pendekatan dalam meningkatkan intregitas kepala sekolah. Berbagai hal yang terkait dengan pendidikan dapat dijadikan topik dalam debat moral kepala sekolah. Semua topik tersebut harus tetap berada dalam koridor kebangsaan Indonesia. Nilai-nilai kebangsaan menjadi hal utama untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah melalui kepemimpinan kepala sekolah. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan nilai cinta tanah air kepada siswa.

 

Kata kunci : integritas, kepala sekolah, debat moral


Full Text:

PDF

References


Argadinata, H., & Gunawan, I. 2019. The Leadership of Pancasila in Education: Foundation for Strengthening Student Characters in the Industrial Revolution Era 4.0. The 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), Atlantis Press, hlm. 5-7.

Ashmitas, V. 2018. Moral Education in School is a Good Step? (Online), (https://www.debate.org/opinions/moral-education-in-school-is-a-good-step), diakses 22 Maret 2020.

Bafadal, I., Juharyanto, Nurabadi, A., & Gunawan, I. 2018. The Influence of Instructional Leadership, Change Leadership, and Spiritual Leadership Applied at Schools to Teachers’ Performance Quality. Proceedings of the International Conference on Education and Technology (ICET 2018), Published by Atlantis Press, 285, 197-200.

Bafadal, I., Juharyanto, Nurabadi, A., & Gunawan, I. 2019. Efforts to Improve the Integrity of the Principal with the Moral Debate Model. the 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), Atlantis Press, hlm. 1-4.

Benty, D. D. N., & Gunawan, I. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Malang: Penerbit UM Press.

Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching. 2012. Campus Life: In Search of Community. New Jersey: Princeton.

Gunawan, I. 2011. Merekonstruksi Fitrah Pendidikan. Komunikasi, Majalah Kampus Universitas Negeri Malang Tahun 33 Nomor 276 September – Oktober 2011, hlm. 32.

Gunawan, I. 2012. Mengembangkan Karakter Bangsa Berdasarkan Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Meretas Sekolah Humanis untuk Mendesain Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas dan Berkarakter, PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, hlm. 67-79.

Gunawan, I. 2014. Pengaruh Supervisi Pengajaran dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 41(1), 44-52.

Gunawan, I. 2015. Values and Ethics in Educational Leadership: An Idea of Character Building of Students. Conference Proceedings Character Education in Indonesia Concepts and Applications in Primary Schools, PGSD IKIP PGRI MADIUN, hlm. 1-13.

Gunawan, I. 2016. Model of Educational Leadership in the Implementation of Curriculum 2013. Proceedings The 4th International Conference Language, Society, and Culture in Asian Contexts (LSCAC 2016) on Cultivating and Casting Asian Diversities: Empowering the Asians, hlm. 1109-1118.

Gunawan, I. 2017. Instructional Leadership Profile of Junior High School’s Principal (A Case Study of Junior High School in Malang). International Research-Based Education Journal, 1(1), 64-68.

Gunawan, I. 2017a. Indonesian Curriculum 2013: Instructional Management, Obstacles Faced by Teachers in Implementation and the Way Forward. Proceeding 3rd International Conference on Education and Training (3rd ICET) 2017, Theme: Global and Local Based Education and Training, Published by Atlantis Press, hlm. 56-63.

Gunawan, I. 2017a. Instructional Management in Indonesia: A Case Study. Journal of Arts, Science & Commerce, 8(1), 99-107.

Gunawan, I. 2018. Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Pengantar: Malang: Universitas Negeri Malang, UM Press.

Gunawan, I., & Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, I., & Sulistyoningrum, R. T. 2013. Menggali Nilai-nilai Keunggulan Lokal Kesenian Reog Ponorogo Guna Mengembangkan Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya pada Matapelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(1), 50-87.

Kidd, A. 2017. The Oxford Union Rough Guide to Debating: The English Speaking Union. Retrieved June 10, 2019, from http://www.britishdebate.com/resources/hb_oxfordguide.htm.

Kiss, E., & Euben, J. P. 2010. Debating Moral Education: Rethinking the Role of the Modern University. Durham: Duke University Press.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. 2017. Problematika Pemberdayaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(2), 139-150.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. 2018a. Teachers Empowerment of Pesantren-Based Junior High School East Java Province Indonesia. Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 4(3), 29-33.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. 2018b. Empowering the Principal of Boarding House-Based Junior High School in East Java Province Indonesia. Proceeding 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), Published by Atlantis Press, 269, 147-151.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. 2019. Budaya Sekolah dan Etika Profesi: Pengukuran Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Sekolah dengan Pendekatan Soft System Methodology. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 90-97.

Kusumaningrum, D. E., Triwiyanto, T., & Gunawan, I. 2016. Educational Management of Natural Disaster Response at Lapindo Mudsidoarjo East Java. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 6(4), 1-8.

McDowall, R. D. 2019. Data Integrity and Data Governance: Practical Implementation in Regulated Laboratories. Cambridge: Royal Society of Chemistry.

Nurabadi, A., Sucipto, Juharyanto, & Gunawan, I. 2018. The Implementation of Education Management Standards in the School Laboratory State University of Malang for Improving Educational Quality. Proceeding 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), Published by Atlantis Press, 269, 127-132.

Oros, A. L. 2007. Let’s Debate: Active Learning Encourages Student Participation and Critical Thinking. Journal of Political Science Education, 3(3), 293-311.

Pertiwi, A. K., Cahyani, S. S. A., Diana, R. C., & Gunawan, I. 2018. The Leadership of Kyai: A Descriptive Study. Proceeding 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), 269, 121-126.

SFU. 2019. How to Debate. Retrieved June 10, 2019, from https://www.sfu.ca/cmns/130d1/HOWTODEBATE.htm.

Sobri, A. Y., Bafadal, I., Nurabadi, A., & Gunawan, I. 2018. Development of Mentoring Modules Based on Self-Reflection for Beginner Principal. Proceeding 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), Published by Atlantis Press, 269, 133-139.

Sudharta, V. A., Mujiati, M., Rosidah, A., & Gunawan, I. 2017. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 109-123.

Sudharta, V. A., Mujiati, M., Rosidah, A., & Gunawan, I. 2017. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 109-123.

Sultoni, Gunawan, I., & Sari, D. N. 2018. The Internalization of Character Values to Students: A Descriptive Study. Proceedings of the International Conference on Education and Technology (ICET 2018), Published by Atlantis Press, 285, 169-171.

Sultoni, Gunawan, I., & Sari, D. N. 2019. Validity and Reliability of Character Education Internalization Instruments. The 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), Atlantis Press, hlm. 245-249.

Ullah, K. I. M. D. 2018. Pentingnya Pendidikan Moral Zaman Now, (Online), (https://www.kompasiana.com/kenizzul/5b4941f8f1334439d01302c2/pentingnya-pendidikan-moral-di-zaman-now), diakses 22 Maret 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i32020p272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ibrahim bafadal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.