Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Profesional Dosen terhadap Prestasi Belajar yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar Mahasiswa
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to determine the positive effect of student perceptions about the professional competence of lecturers in research methodology subjects on student achievement. The research method used is descriptive associative research, the analysis used is Path Analysis. Research variables include: the professional competence of lecturers in the research methodology subject (X1), learning motivation (X2), and learning achievement (Y). The population in this study were lecturers at the Ministry of Health Jakarta 2 Poltekes who were certified educators, the sample of this study was a lecturer at the Ministry of Health Jakarta 2 Poltekes who were certified educators who taught research methodology courses. The number of research samples was 10 lecturers who taught research methodology courses, which were distributed in 6 departments at the Poltekkes Kemenkes Jakarta II. Research respondents were students who were taking research methodology courses, totaling 315 students who were divided into 7 classes. Taking respondents in this study using the technique "Proportional Random" as many as 63 respondents by taking 20% of the total number of students per class. The results of the Spearman Correlation Test statistical test with a degree of confidence of 95%, overallthere is an effect of student perceptions about the professional competence of lecturers in research methodology subjects on the learning achievement of students at the Jakarta Health Polytechnic 2. Significantly with a value of p = 0.003 (p value ≤0.05).
Key words: competencie; percepti; motivation
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif persepsi mahasiswa tentang kompetensi profesional dosen mata kuliah metodologi penelitian terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif deskriptif, Analisis yang digunakan adalah Path Analysis. Variabel penelitian antara lain: kompetensi professional dosen mata kuliah metodologi penelitian (X1), motivasi belajar (X2), dan prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah dosen poltekes kemenkes Jakarta 2 yang bersertifikat pendidik, sampel penelitian ini adalah dosen poltekes kemenkes Jakarta 2 yang bersertifikat pendidik yang mengamu mata kuliah metodologi penelitian. Jumlah sampel penelitian adalah 10 orang dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian yang terdistribusi pada 6 jurusan yang ada pada Poltekkes Kemenkes Jakarta II. Responden penelitian adalah mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah metodologi penelitian yang berjumlah 315 mahasiswa yang terbagi menjadi 7 kelas. Pengambilan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik “Proportional Random sebanyak 63 responden dengan mengambil 20% jumlah maha siswa tiap kelas. Hasil uji statistik Spearman Correlation Test dengan derajat kepercayaan 95%, secara keseluruhan terdapat pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi profesional dosen mata kuliah metodologi penelitian terhadap prestasi belajar mahasiswa politeknik kesehatan Jakarta 2. secara bermakna dengan nilai p=0,003 (nilai p≤0,05).
Kata kunci: kompetensi; persepsi; motivasi
Full Text:
PDFReferences
Alam, Y. 2018. Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang)’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 16(1), pp. 23–30. doi: 10.29259/mbs.v16i1.6244.
Indonesia, M. R. T. dan P. T. R. 2019. ‘Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia’, Kemenristekdikti, pp. 1–58.
Murti, R. W. and Prasetio, A. P. 2018. ‘Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), pp. 94–102.
White, A. L., Lunau, R. and Carrasco, M. 2014. ‘The attentional effects of single cues and color singletons on visual sensitivity’, Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance, 40(2), pp. 639–652. doi: 10.1037/a0033775.
Djamarah, S.B. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamalik, O. 2002. Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hakim, Abdul. 2006. Analisis Pengaruh Motivasi, Komitmen Organisasi Dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Dan Telekomunikasi Provinsi Jawa Tengah. JRBI. Vol 2. No 2. Hal: 165-180.
Makmun, A.S. 1999. Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Martinis, Y. 2006. Profesionalisasi Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press
Purwanto, N. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Adkon, R. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Robbins, P. S. 2006. Organization Behavior. Jakarta: Gramedia
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Jakarta: Gramedia
Undang-Undang Republik Indonesia, No. 14 Tahun 2005, Guru dan Dosen
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i32022p202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Misde none Yola, Tugiyo none none
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![](/public/site/images/eubaidillah/GARUDA.png)
![](/public/site/images/eubaidillah/cc-by-sa.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.