PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT SUPERVISI PARA PENDIDIK BARU SEBAGAI ALTERNATIF MEMAJUKAN KUALITAS PENDIDIKAN

Sri Wening Rahayu

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam menumbuhkan semangat supervisi, 2) kendala pelaksanaan supervisi, dan 3) solusi mengatasi kendala pelaksanaan supervisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian dilakukan di SMAK Santo Albertus Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Informan yang dipilih adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator tim supervisi, guru, dan siswa. Penambangan data dengan wawancara, observasi, dan pendokumentasian. Hasilnya kepala sekolah sebagai pembimbing memegang peranan penting dalam proses supervisi terutama dalam hal bagaimana menumbuhkan semangat bagi para guru binaan. agar guru merasa nyaman dan senang pada saat proses supervisi berlangsung guna meningkatkan kinerjanya yang bermuara pada peningkatan mutu pendidikan. Banyak kendala yang terjadi baik internal maupun eksternal. Kendala internal termasuk pengawas dan guru yang diawasi. Salah satu alternatif pemecahannya adalah dengan menanamkan adanya dorongan dari dalam diri individu itu sendiri, yaitu bagaimana membangkitkan kesenangan, dan gairah selama proses pengawasan, hal ini diistilahkan dengan adanya “semangat pengawasan”.

 

Keywords: the role of the principal, the spirit of supervision, the quality of education

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendiskripsikan peran kepala sekolah dalam menumbuhkan semangat supervisi, 2) kendala pelaksanaan supervisi, dan 3) solusi dalam mengatasi kendala pelaksanaan supervisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMAK Santo Albertus Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Informan yang dipilih adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, coordinator tim supervisi, guru, dan siswa. Penggalian data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasilnya kepala sekolah sebagai seorang supervisor sangat berperan penting dalam proses supervisi, khususnya dalam hal bagaimana menumbuhkan semangat bagi para guru yang disupervisi, agar guru merasa nyaman dan suka saat proses supervisi berlangsung demi meningkatkan kinerja mereka yang bermuara pada peningkatan mutu pendidikan. Banyak kendala yang terjadi yang bersifat intern maupun ekstern. Kendala yang bersifat intern antara lain datang dari pihak supervisor maupun guru yang disupervisi. Salah satu alternatif solusinya adalah dibudayakan adanya dorongan dari dalam individu itu sendiri, yakni bagaimana membangkitkan rasa senang, dan gairah saat proses supervisi berlangsung, hal ini diistilahkan dengan adanya “roh atau spirit supervisi”.

 

Kata-kata Kunci : peran kepala sekolah, semangat supervisi, kualitas pendidikan


Full Text:

PDF

References


Adewale, Orenaiya, Solomon and E. Adeleke. 2014. School Inspection or, and Supervision Effect in Public Secondary Schools in Ogun State Nogeria: Where are we and Where Do We Go? International Journal of Humanities and Social Science Investion. ISSN (on Line):2319-7722 ISSN (Print): 2319-7719/www.gjhssi.org/vol .3/issue 6/June 2014/pp.74-80.

American Counceling Association. 2014. (Online), (http://www.counseling.org/ Resources/aca-code-of-ethics.pdf), diakses 6 Maret 2020.

Astuti, W. P. 2012. Keefektifan Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Pengembangan Profesi Guru oleh Kepala Sekolah di SMA Negeri Kabupaten Bantul. Skripsi. Yogyakarta: FIP UNY.

Baktiana, R & Tedja Gurat, 2012. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa. Bandung: UPI.

Burns, J. M. 1978. Leadership. New York: Harper & Row.

Clarke, L. 1944. The Essence of Change. New York: Pretice Hall.

Ebbeck, Marjory and Manjula Waniganayake. 2005. Early Chilhood Proffesionals Leading Today and Tomorrow. London: Maclenan Petty.

Glikman, C. D. 2010. Instructional Leadership a Developmental Approach Educational Leadership in Instructional Supervision. Boston: Pearson.

Henry & Richard Blackaby. 2005. Kepemimpinan Rohani. Batam: Gospel Press.

Herawati, Murniati, dan Yuzrizal. 2010. Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada SMP Negeri 1 Lhoknga Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Journal Administrasi Pendidikan, ISSM 2302-0156. Pp 59-68. Darusalam banda Aceh, Universitas Syah Kuala.

Mantja, W, 2000. Bahan Ajar Model Pembinaan/Supervisi Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mary, Sula. 2013. The Influence of the Principal’s Supervisory Demonstration Strategy on Teacher’s Job Performance in Nigeria Secondary School. IOSR. Journal of Humanities, PP 39-44 2, ISSN:2279-0837-p-ISSN:2279-0845. (Online), (www. Jorsjournals.org. and Social Science (IOSR- JHSS) Volume 11, ISSUE 1 (May-June 2013), diakses 30 Juni 2015)

Masaong, A. K. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfa Beta.

Mulyasa, D. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Cetakan Pertama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pidarta, M. 1994. Peikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Putaka.

Rahayu, S. W. 2015. Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Paedagogik Guru di SMAK St. Albertus Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rosh, K. D. 2013. Sprirituality in Supervision: a Phenomenological Study. 2014. Atlanta; Department of Counceling and Psychological Service College of Education Georgia State University.

Soetarjo. 2014. Supervisi Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Kasus pada SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan UNSIKA. ISSN 2338-2996. Volume 2 Nomor 1, November 2014.

Supriyana, H. 2015. Pengembangan Bahan Pembelajaran Supervisi Akademik pada Pendidikan dan Pelatihan Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah. Surakarta: Universitas Surakarta.

Tim Dosen UPI. 2012. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Yulk, Gary A. 1989. Leadership in Organizations. New Jercy: Prentince Hall.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i42020p352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SRI WENING RAHAYU

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.