PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PROGRAM DIPLOMA III KEPERAWATAN MELALUI PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT

Raden Djadjang Afdoludin, HAR Tilaar, Santosa Murwani, Muhammad Arsyad Subu

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang penerapan konsep total quality management (TQM) dalam meningkatkan mutu Akademi Keperawatan Politeknik Kesehatan Jakarta. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang melibatkan mahasiswa, staf pengajar, dan staf administrasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, focus group discussion dan seminar. Survei dilakukan sebelum tindakan siklus pertama untuk mendapatkan informasi tentang kondisi yang ada dan untuk mengidentifikasi potensi masalah. Hasil studi menunjukkan peningkatan kualitas institusi yang signifikan melalui empat pilar TQM. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas yang signifikan. Kepuasan mahasiswa, kualitas akademik lulusan meningkat, yang menunjukkan fokus manajemen pada kepuasan pelanggan. Fasilitas pendidikan, Peningkatan pelayanan akademik dan administrasi menunjukkan telah dilakukan upaya peningkatan pelayanan kepada mahasiswa. Perbaikan kampus meningkat. Hal itu telah dilakukan pula peningkatan kualitas sumber daya manusia berupa pendidikan lanjutan sebagai honorarium. Oleh karena itu, implementasi pilar TQM secara terus menerus menjadi sangat penting.

 

Keywords:  Total quality management, customer satisfaction, quality improvement, nursing.

 

Abstrak: Tujuan penelitian untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan konsep manajemen kualitas total (TQM) dalam meningkatkan kualitas Akademi Keperawatan, Poltekkes Kesehatan Jakarta. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam tiga siklus yang melibatkan mahasiswa, staf pengajar, dan staf administrasi akademi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, focus group discussion (FGD) dan seminar. Survey dilakukan sebelum siklus pertama dari tindakan untuk memperoleh informasi tentang kondisi yang ada dan untuk mengidentifikasi potensi masalah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas yang signifikan. Kepuasan mahasiswa, mutu lulusan akademik  meningkat, yang  menunjukan pengelolaan telah berorientasi kepada kepuasan pelanggan. Fasilitas pendidikan, pelayanan akademik dan administrasi meningkat, menunjukan bahwa telah dilakukan upaya peningkatankan pelayanan kepada mahasiswa. Perbaikan lingkungan kampus meningkat. Telah dilakukan juga peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bentuk pendidikan lanjutan sebagai penghargaan. Oleh karena itu pelaksanaan terus menerus dari pilar-pilar TQM  sangat penting.

 

Kata kunci : Total qualitas manajemen, kepuasan pelanggan, peningkatan kualitas, Keperawatan


Full Text:

PDF

References


Akdon. 2006. Strategic Management For Educational Management (Manajemen Stratejik untuk Manajemen Pendidikan). Bandung : Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Blanchard, Ken. 1996. Leader of The Future. New York: Jossey Bass Inc.

Brounds, Greg et al. 1997. Total Quality Management. Singapore: Mc Graw-Hil Inc.

Buhler, Patricia. 2004. Alpha Teach Yourself, Management Skils, 24 jam. Diterjemahkan oleh Sugeng Haryanto cs. Edisi Pertama. Jakarta: Pranada.

Burus Jr, William J. 1992. Performance Measurement, Evaluation, and Incentives. Boston : Harvard Business School Press.

Carr, Wilfred and Stephen Kemmis. 1997. Becomming Critical. Education, Knowledge, and Action Research. Australia : Deakin University.

Cohen, Luis dan Manion, Lawrence. (1994. Research Method’s in Education,I. London and New York, Croom Helm Ltd.

Covey, Stephen R. 1990. The 7 Habits of Highly Effective People. New York: Fire Side.

Crewell, John W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design. Choosing Among Five Traditions. USA: Sage Publications Inc.

Depkes. 1995. Kumpulan Perundang – Undangan tahun 1990 – 1995. Jakarta: Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat.

Domingo, Rene T. Quality Means Survival. Singapore: Simon & Shauster (Asia) Pte Ltd. 1997.

Fitzsimmons, James A. and Mona J. 1999. Fitzsimmons. Service Management : Operations, Strategy, and Information Technology. Singapore: McGraw Hill International Editions.

Gamage, David T. and Nicholas S. Pang. 2003. Leadership and Management in Education. Hongkong: The Chinese University.

Gasper, V. 2000. Total Quality Management: Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goetsch,D.L. dan David,S. 1994. .Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competitiveness. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall International, Inc.

Hardjo, Siswojo. 1997. Action, Sintesis Teoritik. Jakarta: IKIP Jakarta.

Indrawijaya, A. Ibrahim dan Suprapti, Wahyu. 2001. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Ismani, Nila. 2002. Etika Keperawatan. Jakarta: Widya Medika.

Ivancevich, John M. 2007. Human Resource Management. Tenth Edition. Singapore: Mc Graw Hill. Internation Edition.

Juran, J.M. 1995. Juran on Leadership for Quality. Alih Bahasa oleh Edi Nugroho. Jakarta: Pustaka Binaman Presindo.

Kember, David. 2000. Action Learning and Action Research. USA: Deokin University.

Kemmis, Stephen and Robin McTaggart. 1990. The Action Research Planner. Australia : Deakin University.

Lewis, Ralph G. and Douglas H. Smith. 1994. Total Quality in Higher Education. Florida: St. Lucie Press.

Lindsay, William M. and Joseph A. Petrick. 1997. Total Quality and Organization Development. Florida: St. Lucia Press.

Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Action Research. Bandung: Alfabeta.

Milakovich, Michael, E. 1995. Improving Service Quality, St. Lucie Press.

Mills, Geoffry E. 2000. Action Research. A Guide For The Teacher Researcher. Prentice Hall..

Moleong, J. Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Newstrom, John W. and Keith Davis. 2002. Organizational Behavior, Human Behavior at Work. International Edition. Mc Graw-Hill.

Nurhadi, A. Mulyani 2003. Kapita Selekta Bahan Kuliah Manajemen Otonomi Pendidikan.

PPNI. 1999. Keperawatan dan Praktek Keperawatan. DPP Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Jakarta

Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. 2005. Pedoman Penulisan Tesis Dan Disertasi. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Simanjuntak, J. Payaman. 2003. The New Law on Man Power. ILO/USA. Jakarta: Kantor Perburuhan Internasional.

Soehendro, Bambang. 1996. Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang 1996 – 2005. Depdiknas, Jakarta.

Spencer, M. Lyle and Spencer, M. Signe. 1993. Competence at Work: Model for Superrior Performance. New York, USA: John Wily & Son, Inc.

Stoner, A.F. James, dan Freeman, E. 1992. Management. Fifth Edition, A .Division of Simon & Schuster, Inc. New Jersey: Prentice-Hall, Engewood Cliffs.

Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia,.

Theresia, K. 2003. Perencanaan Strategi Pendidikan. Program Pasca Sarjana Jakarta: Universitas Negri Jakarta (UNJ).

Tilaar, H.A.R. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidkan Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Tjiptono, Fandi dan Diana, Anastasia. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.

Wirjoatmodjo, Karyadi. 1996. Sistem Manajemen Penigkatan Mutu. Surabaya: Fakultas Kedokteran Universitas Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i42020p370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 raden djadjang afdoludin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.