TEKNOLOGI INFORMASI, PERILAKU INOVATIF, KOMPETENSI, KEPUASAN KERJA, DAN KINERJA MANAJEMEN PENDIDIKAN 4.0

Komang Sukadana, Luh Putu Mahyuni

Abstract


Abstract: Industrial revolution 4.0 drives significant transformation to all sectors, including the education sector. Head of school plays significant roles in transforming the education to adapt to the changes. Therefore, it is very important to understand factors explaining head of school performance in leading the school through industrial revolution 4.0. This study aims at empirically testing the relationships between information technology, inovative attitude, competency, work satisfaction, and performance of head of school. Quantitative approach was used to answer research questions. As many as 110 questionnaires were collected and analyzed by using Structural Equation Modeling. This study indicates that informaton technology, innovative attitude, competency, significantly influence work satisfaction and performance of head of school.  

 

Keywords: Information technology; innovative attitude; competency; work satisfaction; performance; head of school; education 4.0

 

Abstrak: Revolusi industri 4.0 mendorong terjadinya perubahan signifikan pada berbagai sektor, termasuk pendidikan. Kepala sekolah merupakan ujung tombak manajemen pendidikan 4.0, sangat penting memahami faktor yang mempengaruhi kinerja mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana teknologi informasi, perilaku inovatif, kompetensi, dan kepuasan kerja mempengaruhi kinerja kepala sekolah. Untuk mencapai tujuan penelitian, digunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 110 kepala sekolah. Data dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM). Penelitian ini mengindikasikan bahwa teknologi informasi, perilaku inovatif dan kompetensi memiliki dampak yang positif signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja kepala sekolah. Kontribusi penelitian ini bagi literatur adalah memperkuat teori bahwa kompetensi, teknologi informasi dan perilaku inovatif berpengaruh terhadap kepuasan dan kinerja kepala sekolah.

 

Kata kunci: Teknologi informasi; perilaku inovatif; kompetensi; kepuasan kerja; kinerja, kepala sekolah; pendidikan 4.0

Full Text:

PDF

References


Agustina, H., and Yuliani, I. (2006) 'Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru matematika dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) pada sekolah menengah atas Kota Palembang', Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(7), pp. 24–31.

Antasari, K. C., and Sukartha, P. D. Y. (2015) 'Pengaruh efektivitas sistem informasi akuntansi dan penggunaan teknologi informasi pada kinerja individual dengan kepuasan kerja sebagai variabel pemoderasi', E-Jurnal Akuntansi, 10(2), pp. 354–369.

As’ad, M. (2012). Psikologi industri, seri ilmu sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Bernardin, H. J. dan Russell, J. E. A. (2013). Human Resource Management. New York: McGrawHill.

Basuki, S., Asbari, M., Fayzhall, M., Goestjahjanti, F. S., Winanti, Yuwono, T., Hutagalung, D., Maesaroh, S., Mustofa, Chidir, G., Yani, A., and Purwanto, A. (2020) 'Peran kepemimpinan transformasional dan organisasi pembelajaran terhadap kapasitas inovasi sekolah', EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), pp. 6724–6748.

Dama, J. and Ogi, I.W.J. (2018) 'Pengaruh inovasi dan kreativitas terhadap kinerja karyawan Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk', Jurnal EMBA, 6(1), pp. 41–50.

Fajrillah, F., Purba, S., Sirait, S., Sudarso, A., Sugianto, S., Sudirman, A., Febrianty, F., Hasibuan, A., Julyanthry, J., and Simarmata, J. (2020). Smart entrepreneurship: peluang bisnis kreatif & inovatif di era digital. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gaynor. (2018). Innovation by desig. New York: American Management Association.

George, J. M., and Zhou, J. (2001) 'When openness to experience and conscientiousness are related to creative behavior: an interactional approach', Journal of Applied Psychology, 86(3), pp. 502-513.

Gibson, E. al. (2015). Organisasi : perilaku, struktur, proses. Jakarta: Erlangga.

Hamzah, B. U. (2010). Teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, T. H. (2014). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE.

Iskandar, S., and Juhana, E. (2014) 'Pengaruh kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja serta implikasinya pada kinerja guru di SDN Baros Mandiri 5 Kota Cimahi', Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 8(2), pp. 86–98.

Jogiyanto, H. M. (2010). Teori portofolio dan analisis investasi. Edisi Ketujuh. BPFE. Yogyakarta.

Mangkunegara, A. A. P. (2010). Evaluasi kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Mathis, R. L. and Jackson, J.H. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Munir. (2008). Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Novitasari, D. and Asbari, M. (2020) 'Peran kesiapan untuk berubah terhadap kinerja guru di masa pandemi covid-19', Journal Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR). 1(2). pp. 219-237.

Priansa, D. J. (2014). Perancangan dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta.

Primayana K. H., and Lasmawan I K. (2019) 'Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA di tinjau dari minat outdoor pada siswa kelas IV', Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), pp. 72–79.

Qamari, I. N., Dewayani, J., Frianto, A., Nugroho, M., Mulyantomo, E., Setyowati, R., and Sudjatmoko, P. (2014). Telaah buku perilaku organisasi dan pengembangan organisasi. Yogyakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah.

Rivai, V. S. and E. J. S. (2010). Management sumber daya manusia untuk perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Riyanto, L. D. P. (2011). Teknologi informasi pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Sari, A. R. (2013) 'Strategi blended learning untuk peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan critical thinking mahasiswa di era digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia', 11(2), pp. 22-31.

Sedarmayanti. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Rafika Aditama.

Simamora, H. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: BP STIE YKPN.

Simanjuntak, R. A. (2010) 'Analisis Pengaruh shift kerja terhadap beban kerja mental dengan metode subjective workload assessment technique (SWAT)', Jurnal Teknologi, 3(1), pp. 53–60.

Sinambela, L. P. (2012). Kinerja pegawai: teori pengukuran dan pmplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyanto, and Santoso, D. (2018) 'Analisis pengaruh kompetensi, sarana pendukung teknologi informasi dan kepuasan kerja sebagai variabel intervening terhadap kinerja SDM. Jurnal, Magister Manajemen Universitas Semarang, 22(1), pp. 76–92.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suhartini, E. (2017) 'Pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai (studi perbandingan antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Syariah dan Hukum Uinam)', Jurnal UIN Alauddin, 8(2), pp. 61–78.

Suwatno and Prianda, D. J. (2011). Manajemen SDM dalam organisasi dan bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, M. (2005). Pengantar teknologi informasi untuk bisnis. Yogyakarta: Andi.

Tohardi, A. (2009). Pemahaman praktis manajemen sumber daya manusia. Bandung: Mandan Maju.

Triwiyanto, T. (2019). Gelombang Liberalisme Pendidikan Mengawal Tata Kelola Pendidikan Untuk Rakyat. Jakarta: Kompas.

Wahjono, S. A. (2017) 'Pengaruh motivasi kerja dan perilaku inovatif terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi (studi kasus pada LKP Alfabank Semarang)', Jurnal Infokom, 4(2), pp. 63–71.

Wibowo. (2017). Budaya organisasi : sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kinerja jangka panjang. Jakarta: Rajawali Pers.

Wirawan, I G. P. N. G. P. N. (2016). Statistika ekonomi dan bisnis (statistika deskriptif). Denpasar: Keraras Emas.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i12021p10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Komang Sukadana, Luh Putu Mahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.