STRATEGI REWARD AND PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU PAUD

Azizah Nurul Fadlilah, Na'imah Na'imah, Martina Sylviarini Suryawidarti, Nyamiatik Nyamiatik

Abstract


Abstract: This research aims to examine the implementation of reward and punishment strategies implemented in KB-TK Rumah Cerdas in an effort to improve teacher discipline. This type of research is descriptive qualitative. The subject in this study was teacher of KB-TK Rumah Cerdas Malang. Data collection techniques using interviews and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and inference. The results showed that the implementation of reward and punishment strategies in teacher discipline management in KB-TK Rumah Cerdas is to sanction money fines for late teachers and gold awards for teachers whose discipline comes on time. The implementation of this strategy has been shown to help improve teacher discipline in KB-TK Rumah Cerdas.

 

Keywords: discipline; teacher; reward; punishment

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meneliti implementasi strategi reward and punishment yang diterapkan di KB-TK Rumah Cerdas Kota Malang dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru di KB-TK Rumah Cerdas Kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi strategi reward and punishment dalam manajemen kedisiplinan guru di KB-TK Rumah Cerdas adalah dengan pemberian sanksi denda uang bagi guru yang terlambat dan penghargaan berupa emas bagi guru yang disiplin datang tepat waktu. Penerapan strategi tersebut terbukti membantu meningkatkan kedisiplinan guru di KB-TK Rumah Cerdas.

 

Kata kunci:  Kedisiplinan; guru; penghargaan; hukuman

 


Full Text:

PDF

References


Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh motivasi kerja guru, disiplin kerja guru, dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa. JurnalAkuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11. https://doi.org/10.21831/amp.v6i1.7515

Andriyani, S., Cicilia Dyah S, & Tutik Susilowati. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Guru Dan Karyawan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 2(1).

Aziz, H. A. (2016). Karakter Guru Profesional Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Al-Mawardi Prima.

Azzet, A. M. (2014). Menjadi Guru Favorit (3rd ed.). Ar-Ruzz Media.

Bashori, K., Ahmad Baedowi, Jamilah Akbar, Sansrisna, Agus Maulana, Satia P. Zen, & Martunis. (2015). Pengembangan Kapasitas Guru. Jakarta:

Djiwandono, S. (2008). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Fitriyah, L. (2000). Pengaruh Persiapan Mengajar Guru Agama Terhadap Keberhasilan Proses Belajar Mengajar (PBM) Di MTs Negeri II Surabaya [Skripsi]. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hayati, N. (2018). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Guru Di SMPN 36 Sarolangun. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 7(1), 33–43. https://doi.org/10.22437/jmk.v7i1.5533

Hermawan, D. (2018). Pengaruh Keteladanan Guru, Reward, Dan Punishment Terhadap Perilaku Disiplin Siswa Kelas 5 SD. Basic Education, 7(13), 1–291.

Indonesia, T. R. K. B. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 725.

Kasih, R. C. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan, 10(4).

Larlen, L. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Universitas Jambi, 3(1). https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1452

Lubis, N. (2018). Tingkat Disiplin Guru Dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD IT Al-Hijrah 2 Laut Dendang [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Martono, M. (2014). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran terhadap Peningkatan Kualitas Mengajar Guru di SMP Negeri 2 Maros. UIN Alauddin Makassar.

Maruya, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Guru Mengajar Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MIN 1 Kota Bengkulu. al-Bahtsu, 1(2), 249. https://doi.org/10.29300/btu.v1i2.442

Mukhtar, A. W. (2019). Manajemen Personalia Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di MIN Kamal Bangkalan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(2), 123. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n2.p123-140

Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 24–29.

Nugroho, B. (2006). Reward dan Punishment. Bulletin CiptaKarya Departemen Pekerjaan Umum Edisi No, 6.

Prayitno, P. (2018). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Keteladanan Oleh Kepala Sekolah Di SMP Negeri 5 Penajam Paser Utara Tahun Pelajaran 2017-2018. Kompetensi, 11(2), 20–29. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v11i2.4

Purwanto, J. (2017). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Di Kelas Melalui Reward and punishment Di SDN Bandulan 1 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1(2), 12. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1903

Rofiq, A. (2018). Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru (Studi Kebijakan Di Smp Al-Kautsar Tanjungpinang Kepulauan Riau). Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 76–97. https://doi.org/10.31538/ndh.v3i2.74

Slameto, -, Hardini, A. T. A., Prasetyo, T., & Indarini, E. (2018). Peningkatan Disiplin Guru SD Melalui Pelatihan Partisipatif Model In-On. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 47–54. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p47-54

Sriyanti, I., Wahyudi, W., & Suib, M. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 66-77.

Sulyadi, S. (2018). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar Dikelas Melalui Penerapan Reward and punishment Di SDN 03 Simpang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 297–304. https://doi.org/10.34125/mp.v3i2.309

Suprihatiningrum, J. (2014). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, kualifikasi, & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, R., Yusuf, M. N., & Syafrina, A. (2018). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar Pada Gugus 4 Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 11-22.

Triwiyanto, T. (2019). Gelombang liberalisme pendidikan mengawal tata kelola pendidikan untuk rakyat. Jakarta: Kompas.

Uriatman, M. (2015). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(6), 822–827. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1222

Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua & Guru dalam Mem.entuk Kemandirian Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i12021p88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Azizah Nurul Fadlilah, Naimah Naimah, Martina Sylviarini Suryawidarti, Nyamiatik Nyamiatik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.