MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI HOMESCHOOLING KAK SETO

Muhammad Nuhman Mahfud, Darsinah Darsinah

Abstract


Abstract: This study aims to describe the planning, implementation and evaluation of learning at homeschooling Kak Seto Solo. The method used in this research is qualitative with a phenomenological approach. Phenomenology seeks to understand the meaning of events and their relation to people in certain situations. The phenomenological approach used in this study aims to understand the phenomenon of planning, implementing and evaluating the development of students' interests and talents at Kak Seto's Homeschooling Solo. The conclusions of this research are at the planning stage holding a working meeting (raker) together with leaders and tutors, compiling learning competency standards, compiling basic competencies, making syllabus, making a correct Learning Implementation Plan for tutors, making semester programs, making annual program designs and compose learning references. The implementation of learning at Kak Seto's homeschool is divided into two classes, namely community classes and distance learning classes. Community classes consist of 1-10 students with 1 tutor, while distance classes are independent face-to-face classes between students and teachers, either online or offline. Evaluation of learning uses written tests, oral and practical tests recorded in report cards and graphs.

 

Keywords: Learning management; homeschooling; community classes, distance learning classes

 

Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di homeschooling Kak Seto Solo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. fenomenologi berusaha memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap orang-orang yang berada dalam situasi tertentu pendekatan fenomenologi yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi pengembangan minat dan bakat anak didik di Homeschooling Kak Seto Solo.  Simpulan dari penelitian ini yaitu pada tahap perencanaan mengadakan rapat kerja (raker) bersama dengan pimpinan dan tutor, menyusun standar kompetensi pembelajaran, menyusun kompetensi dasar, membuat silabus, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang benar untuk tutor, membuat program semester, membuat rancangan program tahunan dan menyusun acuan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran di homeschooling Kak Seto terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas komunitas dan kelas distance learning. Kelas komunitas terdiri dari 1-10 siswa dengan 1 tutor sedangkan distance class atau kelas jarak jauh merupakan kelas tatap muka mandiri antara siswa dan guru, bisa dengan online maupun offline Evaluasi pembelajaran menggunakan tes tertulis, tes lisan dan praktik yang dibukukan dalam raport dan grafik.

 

Kata kunci: Manajemen pembelajaran; homeschooling; Kelas Komunitas, Kelas distance learning


Full Text:

PDF

References


Anggara, D. S., & Abdillah, C. (2018). Proses Pembelajaran Program Homeschooling Tingkat Sekolah Dasar Di Pkbm Anugrah Bangsa Kota Semarang. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.32493/eduka.v3i1.3802

Ariefianto, L. (2017). Homeschooling : Persepsi, Latar Belakang dan Problematikanya (Studi Kasus pada Peserta Didik di Homeschooling Kabupaten Jember). Jurnal Edukasi, 4(2), 21. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5205

Harmani, Y. S. (2018). Manajemen Pembelajaran Homeschooling Di Homeschooling Primagama Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 1. https://doi.org/10.30738/mmp.v1i1.2809

Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. Uin Maulana Malik Ibrahim Malang, March, 1–15. https://www.researchgate.net/publication/323600431_Mengenal_Lebih_Dekat_dengan_Pendekatan_Fenomenologi_Sebuah_Penelitian_Kualitatif

Heryani, R. D. (2017). Homeschooling Sebagai Sekolah Alternatif Ramah Anak. Research and Development Journal of Education, 3(2), 145–153. https://doi.org/10.30998/rdje.v3i2.2011

Husna, F. (2011). ( Studi Situs di HOMESCOOLING PRIMAGAMA Yogyakarta ).

Ilyas. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5316

Machali, I., & Hidayat, A. (2018). THE HAND BOOK OF EDUCATION MANAGEMENT (teori dan praktik pengelolaan sekolah/madrasah di indonesia) (2nd ed.). Prenamedia Group.

mayasari Ph, R. O. (2015). Manajemen Pembelajaran Homeschooling. Manajemen-Pendidikan-Volume-24-No.-5.Pdf, 24, 432–438.

Nengsih, Y. K. (2017). Studi Komparatif Pengelolaan Pembelajaran pada Homeschooling Primagama dengan Homeschooling Anugrah Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 101–112.

Sumardiono. (2018). Prinsip dan Gagasan Homeschooling (Pertama). Halaman Moeka Publishing.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D (Edisi Pert). CV. Jasmine.

Ulfa, F. (2018). Studi Tentang Manajemen Program Homeschooling Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Anugerah Bangsa Di Kota Semarang. In E Print UNNES. Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i42021p292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Nuhman Mahfud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.