PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK

Nanda Arumsari Anugrahani

Abstract


Abstract: This study aims to determine how high the influence of the principal's leadership on students' learning motivation. To determine the effect of teacher performance on student learning motivation. To determine the effect of principal leadership and teacher performance on student learning motivation. The variables of this research are the principal's leadership, teacher performance and student motivation. The population in this study were students of SMK Dirgantara Putra Bangsa with 89 students. The sample of this research is all of the population as samples, so that the sampling method is census or saturated sample. The method used to collect and is a questionnaire. Data analysis used multiple linear regression analysis at a significant level of 5%. The results of the study found that the principal's leadership had a positive and significant influence on students' learning motivation. Teacher performance has a positive and significant effect on students' learning motivation. Principal leadership and teacher performance have a simultaneous effect on students' learning motivation. The contribution of principals' leadership and teacher performance to student learning motivation is 75.6%, while the remaining 24.4% are other factors not examined in this study.

 

Keywords: Principal Leadership; Teacher Performance; Student Learning Motivation

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh dari kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh dari kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara  terhadap motivasi belajar siswa. Variabel penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMK Dirgantara Putra Bangsa yang jumlah karyawannya 89 siswa. Sampel panelitian ini semua populasi dijadikan sampel, sehingga metode pengambilan sampel adalah sensus atau sampel jenuh. Metode yang digunakan untuk pengambilan dan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda pada tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian ditemukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memilik pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Kinerja guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru berpengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar siswa. Kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 75,6%, sedangkan sisanya sebesar 24,4% adalah faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kinerja Guru; Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Bahri, S. (2010). Peranan Kepemimpinan Kepala dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru. JUrnal Pendidikan, I(2), 30–39.

Ekosiswoyo, R. (2016). Peningkata Mutu Pendidikan secara Sistematis. 76–82. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/113918-ID-kepemimpinan-kepala-sekolah-yang-efektif.pdf

Lestari, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Siswa. Satya Widya, 32(2), 127. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p127-132

Palupi, R. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Di Smpn N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 157–170.

Raisyifa, D. N., & Sutarni, N. (2016). Pengaruh Kinerja Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 90. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3342

Siteni, L., Ambon, N. K., & Guru, K. M. (2015). KINERJAMENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI. (1), 173–181.

Terhadap, G., Belajar, H., Di, S., Negeri, S. M. A., & Tasikmalaya, S. (2012). descriptive analytic.

Triyanto, E., Anitah, S., & Suryani, N. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Widoyoko, S. E. P., & Rinawati, A. (2012). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 278–289. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i32021p239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nanda Arumsari Anugrahani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.