MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19

Renawati Renawati, Erni Munastiwi

Abstract


Abstract: This research was conducted to determine the learning management of children's cognitive development in the Covid-19 pandemic. The relationship between teachers and parents is very influential in early childhood, so cooperation is carried out between the two for learning management in cognitive early childhood in a pandemic because there are difficulties faced in the teaching and learning process at home. The research method used using qualitative methods. The results of the study indicate that there is learning management at Raden Sadjad's Angkasa Lanud Kindergarten for the success of early childhood teaching and learning in cognitive development during the current pandemic, namely: 1) Procedures for studying at home with parents, and 2) Principals and teachers. teachers make learning management for early childhood as attractive and efficient as online teaching and learning but does not eliminate the essence of improving children's cognitive development.

 

Keywords: Learning Management; Cognitive; Early Childhood; Covid-19

 

Abstrak: Penelitian ini berdasarkan manajemen pembelajaran perkembangan kognitif anak dalam keadaan pandemi Covid-19. Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini sangat penting diterapkan terlebih saat pandemi Covid-19 sehingga dapat menjadi acuan untuk guru lain di Indonesia. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif untuk menjelaskan hasil penelitian ke dalam data untuk di olah oleh peneliti. Lokasi penelitian dilakukan TK Angkasa Lanud raden Sadjad. Peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru, kepala sekolah, dan orang tua di TK Angkasa Lanud Raden Sadjad. Hasil penelitian manajamen pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan kongitif anak usia dini untuk jadi acuan ataupun arahan dalam guru memberikan bahan ajar pada anak saat belajar daring dilakukan.

 

Kata kunci: Manajemen Pembelajaran; Kognitif; Anak Usia Dini; Covid-19


Full Text:

PDF

References


Anhusadar, Laode, dan Islamiyah Islamiyah. 2020. “Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555.

Ariyati, Tatik. 2016. “Parenting Di Paud Sebagai Upaya Pendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.” Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan 9 (2).

Asrori, Muhammad. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Ayuni, Despa, Tria Marini, Mohammad Fauziddin, dan Yolanda Pahrul. 2021. “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Abstrak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 414–21. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Cahyati, Nika, dan Rita Kusumah. 2020. “Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19.” Jurnal golden age 4 (01): 152–59.

Fadlillah, Muhammad. 2016. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Prenada media.

Hakim, Muhammad Fadhil Al. 2021. “Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19.” Riwayat: Educational Journal of History and Humanities 1 (1): 23–32. http://jurnal.unsyiah.ac.id/riwayat/.

Harahap, Saripah Anum Dimiyanti, dan Edi Purwanta. 2021. “Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 1825–36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.

Hewi, La, dan Linda Asnawati. 2021. “Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Abstrak.” Jurnal obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 158–67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530.

Lilianti, Wa Rosida, Hasmira Adam, Said, Kabiba, Arfin, dan Junaidin. 2021. “Manajemen Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 7191–2200. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1151.

Oktaria, Renti, dan Purwanto Putra. 2020. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah PESONA PAUD 7 (1): 41–51.

Satrianingrum, Arifah Prima, dan Iis Prasetyo. 2020. “Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.

Sulastri, Ahmad Tarmizi. 2017. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1 (1): 61–80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526.

Zunnurrain, Fanny Iffah. 2021. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Teori Tripusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Akhlak.” IAIN Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/10398/.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i22022p87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Renawati Renawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.