MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS IMTAQ PADA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to describe the management of students with imtaq content at Al Azhar 31 Islamic Elementary School Yogyakarta. The type of research used is a case study. Data collection techniques in this study used interview techniques, observation techniques, and documentation techniques. The Miles and Huberman model used in this study was carried out through data collection, data reduction, data presentation, and verification or conclusion drawing. Check the validity of the data using triangulation. The subjects in this study were the principal, class teacher, Islamic religious education teacher, and imtaq builder. The results of the study show that the first pattern of student management is planning, the steps are needs analysis, recruitment, selection, orientation, placement, and student recording and reporting. Second, organizing, forming a student admissions committee with strategy and cooperation. The third implementation is carried out in four steps, namely coaching, learning, habituation, and evaluation. Fourth, supervision is carried out once in every semester by the principal and the Al Azhar foundation. The management steps of students containing imtaq aim to create a pious and noble person.
Keywords: Imtaq; Student management; Elementary school
Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik berbasis imtaq di Sekolah Dasar Islam Al Azhar 31 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, tenik observasi, dan teknik dokumentasi. Model Miles dan Huberman yang digunakan dalam penelitian ini dan dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, guru pendidikan agama islam, dan pembina imtaq. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola manajemen peserta didik yang pertama adalah perencanan, langkahnya dengan analisis kebutuhan, rekrutmen, seleksi, orientasi, penempatan, serta pencatatan dan pelaporan peserta didik. Kedua pengorganisasian, pembentukan panitia penerimaan peserta didik dengan strategi dan kerjasama. Ketiga pelaksanaan, dilakukan dengan empat langkah yaitu pembinaan, pembelajaran, pembiasaan, dan evaluasi. Keempat pengawasan, dilaksanakan satu kali di setiap semester oleh kepala sekolah dan yayasan Al Azhar. Langkah-langkah manajemen peserta didik bermuatan imtaq bertujuan untuk menciptakan pribadi yang soleh dan berakhlak mulia.
Kata kunci: Imtaq; Manajemen peserta didik; Sekolah dasar
Full Text:
PDFReferences
Akın, Sibel, Ali Yıldırım, and A. Lin Goodwin. 2016. “Classroom Management through the Eyes of Elementary Teachers in Turkey: A Phenomenological Study.” Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri 16(3):771–97. doi: 10.12738/estp.2016.3.0376.
Alifiyah, Ika, Ali Imron, and Juharyanto Juharyanto. 2019. “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 2(1):032–039. doi: 10.17977/um027v2i22019p32.
Bouchon, Frederic, Kashif Hussain, and Rupam Konar. 2015. “Event Management Education and Event Industry: A Case of Malaysia.” MOJEM: Malaysian Online Journal of Educational Management 3(1):1–17.
Darma, Hamidah. 2018. “Manajemen Peseta Didik.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 6(2):1–10. doi: 10.37755/jsap.v6i2.35.
Dewi, Fatikah Rahma, Nurul Azmi, and Ria Yulia Gloria. 2015. “Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis IMTAQ Pada Konsep Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Jamblang.” Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains 5(2). doi: 10.24235/sc.educatia.v4i2.489.
Diantoro, Fery. 2018. “Manajemen Peserta Didik Dalam Pembinaan Perilaku Keberagamaan.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 16(2):409. doi: 10.21154/cendekia.v16i2.1207.
Dutta, Vartika, and Sangeeta Sahney. 2016. “School Leadership and Its Impact on Student Achievement: The Mediating Role of School Climate and Teacher Job Satisfaction.” International Journal of Educational Management 30(6):941–58. doi: 10.1108/IJEM-12-2014-0170.
Ekosiswoyo, Rasdi. 2016. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan.” Jurnal Ilmu Pendidikan 14(2):76–82.
Farikhah. 2015. Lembaga Pendidikan 2015. I. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Firmanto, Rian Anugrah. 2018. “Pengaruh Manajemen Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru Dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan UNIGA 12(1):1–11.
Gage, Nicholas A., and Ashley S. MacSuga-Gage. 2017. “Salient Classroom Management Skills: Finding the Most Effective Skills to Increase Student Engagement and Decrease Disruptions.” Report on Emotional & Behavioral Disorders in Youth 17(1):13–18.
Gazali, Syukeri. 2018. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam.” Jurnal Ilmiah Darul Ulum 9(1):75–106.
Guangcai. 2017. “On the Application of Blended Learning in College English Teaching.” (Icem):555–58. doi: 10.2991/emim-17.2017.91.
Gudmundsdottir, Greta Björk, and Ove Edvard Hatlevik. 2018. “Newly Qualified Teachers’ Professional Digital Competence: Implications for Teacher Education.” European Journal of Teacher Education 41(2):214–31. doi: 10.1080/02619768.2017.1416085.
Gunawan, and Benti. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
Hanafi, Ahmat, Nurul Ulfatin, and Wildan Zulkarnain. 2020. “Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Broadcasting Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 3(1):52–60. doi: 10.17977/um027v3i12020p52.
Hartini, Hartini, Dewi Tryanasari, and Endang Sri Maruti. 2016. “Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Seni Budaya.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 5(01):128–39. doi: 10.25273/pe.v5i01.329.
Huong, Vu Thi Mai, Nguyen Thi Thanh Tung, and Hanoi. 2019. “Perspectives of Lecturers and Students on Classroom Management in Vietnam Universities.” Malaysian Online Journal of Education Management 7(3):43–63.
Ilyasin, Mukhamad. 2019. “Manajemen Peserta Didik Dalam Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Karakter Di Satuan Pendidikan.” Fenomena 11(1):69–79. doi: 10.21093/fj.v11i1.2143.
Imron, Ali. 2016. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Iswati. 2017. “Transformasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai Karakter Peserta Didik Yang Humanis Religius.” Sangyo Igaku 9(5):557.
Jaja Jahari dan Amirulloh Syarbini. 2013. Manajemen Madrasah. Bandung: PT Alfabet.
Janan Asifudin, Ahmad. 2016. “Manajemen Pendidikan Untuk Pondok Pesantren.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(2):355–66. doi: 10.14421/manageria.2016.12-10.
Kubat, Ulas, and Nurhak Cem Dedebali. 2018. “Opinions of Science Teachers for Classroom Management.” Journal of Education and E-Learning Research 5(2):110–17. doi: 10.20448/journal.509.2018.52.110.117.
Kurniadin, Didin, and Imam Machali. 2016. Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mahardhani, Ardhana Januar (Universitas Muhammadiyah Ponorogo). 2015. “Kepemimpinan Ideal Kepala Sekolah.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 3(2):1–4.
Maisaro, Atik, Bambang Budi Wiyono, and Imron Arifin. 2018. “Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1(3):302–12. doi: 10.17977/um027v1i32018p302.
Malla, Hamlan Andi Baso, Khaeruddin Yusuf, M. Tahir Sapsuha, and Misnah Misnah. 2020. “The Transformative Leadership of School Principal Paradigm in Developing Students’ Religious and Social Characters.” Al-Ta Lim Journal 26(3):298–308. doi: 10.15548/jt.v26i3.581.
Marhawati, Besse. 2018. Pengantar Pengawas Pendidikan. Yogyakarta: CV.Budi Utama.
Meng, Liangqiu. 2016. “College Student Management System Design Using Computer Aided System.” Proceedings - 2015 International Conference on Intelligent Transportation, Big Data and Smart City, ICITBS 2015 212–15. doi: 10.1109/ICITBS.2015.59.
Mestry, Raj. 2017. “Empowering Principals to Lead and Manage Public Schools Effectively in the 21st Century.” South African Journal of Education 37(1):1–11. doi: 10.15700/saje.v37n1a1334.
Mulyadi, Didi, Subaiki Ikhwan, Ahmad Gawdy Prananosa, Rusi Rusmiati Aliyyah, and Widyasari Widyasari. 2019. “Manajemen Kesiswaan Pada Sekolah Dasar.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(1):29. doi: 10.30997/dt.v6i1.1355.
Munawaroh, Faezatul. 2018. “Program Magister Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Program Magister Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.” 1–98.
Naidoo, Parvathy. 2019. “Perceptions of Teachers and School Management Teams of the Leadership Roles of Public School Principals.” South African Journal of Education 39(2):1–14. doi: 10.15700/saje.v39n2a1534.
Nurjanah, Asti Faticha, Nur Karimah, and Aghita Wahyuningsih. 2019. “Manajemen Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah 2 Yogyakarta.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 9(2). doi: 10.24042/alidarah.v9i2.5192.
Nuswantari, Nusi. 2018. “Model Pembelajaran Nilai-Nilai Toleransi Untuk Anak Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 8(1):41. doi: 10.25273/pe.v8i1.2255.
Prihatin, Eka. 2014. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Puspitaningtyas, Indah, Ali Imron, and Maisyaroh Maisyaroh. 2020. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatan Pembelajaran Guru Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 4(3):165–72. doi: 10.17977/um025v4i32020p165.
Rahmi, Nurul. 2014. “Persepsi Guru Tentang Manajemen Peserta Didik SDN Gugus II Kec. Lubuk Sikarah Kota Solok.” Jurnal Administrasi Pendidikan, Bahana Manajemen Pendidikan 2(1):528–34.
Rifa’i, Muhammad. 2019. Manajemen Peserta Didik. Vol. 3. Medan: CV.Widya Puspita.
Rismita, Rismita. 2020. “The Management Of The Education Operational Grant And Its Effects On School Development.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 9(2):328. doi: 10.23887/jpi-undiksha.v9i2.21218.
Shafira, U. 2019. “Strategi Kepala Sekolah Dasar Dalam Rekrutmen Siswa Baru Di SDN 20 Banda Aceh.”
Supriadi. 2015. “Kegiatan Ekstrakuler PAI Dalam Mengembangkan Wawasan Kegamaan Peserta Didik Di SMP Darul Fallaah Unismuh Bissoloro Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa.” Tesis Pascasarjana UIN Alauddin Makasar.
Sururi dan S Nasihin. 2009. Manajemen Peserta Didik. Dalam Manajemen Pendidikan. Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Suwardi. 2017. Manajemen Peserta Didik. Edisi Ke-1. Malang: Gava Media, Yogyakarta.
Syukri, Icep Irham Fauzan, Soni Samsu Rizal, and M. Djaswidi Al Hamdani. 2019. “Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kualitas Pendidikan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1):17. doi: 10.36667/jppi.v7i1.358.
Tang, Muhammad. 2018. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Merespon Era Digital.” Fikrotuna 7(1):717–40. doi: 10.32806/jf.v7i1.3173.
Ubaidillah, A. 2017. “Rekrutmen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan.” Etheses.Uin-Malang.Ac.Id.
Umam, M. Khoirul. 2018. “Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik.” FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman 9(2):1–20. doi: 10.36835/falasifa.v9i2.115.
Wahyudin, Wahyudin. 2018. “Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan 6(2):249–65. doi: 10.24090/jk.v6i2.1932.
Widiana, Riski Ariska, and Agus Timan. 2019. “Manajemen Malam Bina Iman Dan Taqwa Untuk Penguatan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 2(4):222–31. doi: 10.17977/um027v2i42019p222.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12022p8
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Farida Farida, Abdul Rahim, Farida Hanum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.