PENGELOLAAN KEUANGAN PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19

Diska Arliena Hafni, Fitri Maulidah Rahmawati

Abstract


Abstract: This study reveals the Management of Education Finance During the Covid-19 Pandemic At Muhammadiyah Elementariy School in Yogyakarta City. This research use descriptive qualitative approach. The results showed that the financial management of education funds during the Covid-19 pandemic at SD Muhammadiyah Sokonandi and SD Muhammadiyah Miliran experienced a significant difference. This is because the economic power of guardians among these schools has decreased due to the impact of the pandemi which has a direct effect on the ability of guardians to pay education fees. School income has decreased and school expenditures have adjusted cost items adjusted to the needs of online teaching and learning during the pasndemic.

 

Keyword: financial management; educational institution; Covid-19 pandemic

 

Abstrak: Penelitian ini mengungkap pengelolaan keuangan dana pendididikan pada sekolah dasar di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian pada SD Muhammadiyah Sokonandi Kota Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Miliran Kota Yogyakarta. Teknik analisis data terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan dana pendididikan di masa pandemi Covid-19 pada SD Muhammadiyah Sokonandi dan SD Muhammadiyah Miliran mengalami perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini dikarenakan daya ekonomi wali murid di ke dua sekolah tersebut menurun akibat terimbas pandemi yang berpengaruh secara langsung pada kemampuan wali murid dalam membayar biaya pendidikan. Pemasukan sekolah mengalami penurunan dan pengeluaran sekolah mengalami penyesuaian pos-pos biaya yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar mengajar secara daring di masa pandemi.

 

Kata Kunci: pengelolaan keuangan; lembaga pendidikan; pandemi covid-19

Abstract: This study reveals the financial management of education funds in elementary schools during the Covid-19 pandemic. This study uses a qualitative approach with a descriptive type. Data collection techniques using interviews and documentation. The research location are Muhammadiyah Sokonandi Elementary School in Yogyakarta City and Muhammadiyah Miliran Elementary School in Yogyakarta City. The data analysis technique consists of four stages, namely data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results showed that the financial management of education funds during the Covid-19 pandemic at SD Muhammadiyah Sokonandi and SD Muhammadiyah Miliran experienced a significant difference. This is because the economic power of guardians among these schools has decreased due to the impact of the pandemi which has a direct effect on the ability of guardians to pay education fees. School income has decreased and school expenditures have adjusted cost items adjusted to the needs of online teaching and learning during the pasndemic.

 

Keyword: financial management; educational institution; Covid-19 pandemic

 

Abstrak:Penelitian ini mengungkap pengelolaan keuangan dana pendididikan pada sekolah dasar di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian pada SD Muhammadiyah Sokonandi Kota Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Miliran Kota Yogyakarta. Teknik analisis data terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan dana pendididikan di masa pandemi Covid-19 pada SD Muhammadiyah Sokonandi dan SD Muhammadiyah Miliran mengalami perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini dikarenakan daya ekonomi wali murid di ke dua sekolah tersebut menurun akibat terimbas pandemi yang berpengaruh secara langsung pada kemampuan wali murid dalam membayar biaya pendidikan. Pemasukan sekolah mengalami penurunan dan pengeluaran sekolah mengalami penyesuaian pos-pos biaya yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar mengajar secara daring di masa pandemi.

 

Kata Kunci: pengelolaan keuangan, lembaga pendidikan, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syari FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 5 (2020), pp. 395-402, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Arwidayanto dkk. (2017). Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan : Program Pendidikan untuk Rakyat (PRODIRA) Akselerasi Pemerataan dan Peningkatan Jenjang Layanan Pendidikan di Provinsi Gorontalo. Bandung: Widya Padjadjaran.

Creswell, John W. 2015. A Concise Introduction to Mixed Methods Research. Thousand Oaks, CA: Sage.

Dzulfikar, M. Abid. (2015). Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah di SMA Negeri Se-Kabupaten Kendal. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Handayani. Dwi. (2017). Analisis Pengelolaan Keuangan Sekolah pada SMA Muhammadiyah Se-Surakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

Rahmah, Nur. (2016). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, Oktober 2016, Vo.1, No.1, Hal 73 – 77 ISSN :2548 – 4052.

Sawalni. (2019). Model Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Muhmmadiyah (Studi Kasus: Sekolah Muhammadiyah Di Malang Raya). Ensiklopedia of Journal, Vol. 2 No. 1. Hal 196-203.

Sulistiyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Elkaf.

Sumarsono, Raden Bambang, et al. (2021). Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Administrasi Sekolah dalam Mengelola Keuangan Berbasis Teknologi Informasi. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol 4, No.2, 2021, hlm.105—112.

Syaiful Munjani Reseacrh and Consulting. 2020. Kondisi Ekonomi Masa Covid-19 dan Respon Kebijakan Temuan Survei Nasional: Updated 18-20 Juni 2020. www.saifulmunjani.com

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utama, Daniel Aditya dan Reniana Setiyani. (2014). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas dan Responsibilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Dinamika Pendidikan, Vol IX, No. 2 Desember 2014 Hal. 100-114.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i22022p93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diska Arliena Hafni, Fitri Maulidah Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.