IMPLEMENTASI PKG BERDASARKAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU

Siska Indria Yuniarti, Yari Dwikurnaningsih

Abstract


Abstract: The study is conducted to see if the teacher performance assessment instruments used over the years have accommodating teacher duties and functions at Christian primary schools 03 Eben haezer and kristen 04 Eben haezer. What problems or deficiencies on the ground are when assessing teacher performance using only government instruments. The research method used is a descriptive method with a qualitative approach. Data collection takes place through interviews and observations. Data analysis USES data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Studies have shown that the teacher's performance assessments performed over the years are consistent with the established conditions of preparation, practice, value-giving, and reporting. The teacher's performance assessments do not include the principal and function of teachers at the Christian 03 primary school and Christian primary school 04 Eben haezer that is to be a minister of faith, an academic leader, a spiritual leader, a biblical role model, asa mentor and character educator. The assessments used over the years only use the government's teacher performance assessment instruments. School has no special instrument that assesses the principal duties and functions of the teacher, so the principal cannot judge the teacher's strengths and weaknesses based on his or her principal duties and functions. Another obstacle faced was that teachers could not immediately receive the results of the assessment because the process of processing the old and still be done concurrently

Keywords: Teacher performance assessment; Principal teacher function

 

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ketepatan penggunaan instrumen PKG yang mengakomodasi tugas pokok dan fungsi guru di Sekolah Dasar Kristen 03 Eben Haezer dan Kristen 04 Eben Haezer. Permasalahan atau kekurangan apa yang dialami di lapangan ketika menilai kinerja guru dengan hanya menggunakan instrumen  dari pemerintah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKG yang dilaksanakan selama ini sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu persiapan, pelaksanaan, pemberian nilai, dan pelaporan. PKG tidak mencakup tugas pokok dan fungsi guru di Sekolah Dasar Kristen 03 dan Sekolah Dasar Kristen 04 Eben Haezer yaitu sebagai pelayan iman, pemimpin akademik, pemimpin spiritual, model peran Alkitab, sebagai mentor dan pendidik karakter. Penilaian yang digunakan selama ini hanya menggunakan instrumen PKG dari pemerintah. Sekolah belum memiliki instrumen khusus yang menilai tugas pokok dan fungsi guru akibatnya kepala sekolah tidak dapat menilai kelebihan dan kekurangan guru berdasarkan tugas pokok dan fungsinya. Kendala lain yang dihadapi adalah guru tidak bisa segera menerima hasil penilaian karena proses pengolahan nilai yang lama dan masih dilakukan secara  konvensional.

 

Kata kunci: Implementasi; Penilaian  Kinerja Guru; Tugas Pokok Fungsi Guru


Full Text:

PDF

References


Ahmad, L. I. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 133–142. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133

Ambarita, A. (2016). Implementasi Manajemen Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, September, 698–703. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/11825

Andriyuan, A. (2018). Meningkatkan Profesionalisme Guru Mengajar Melalui Penerapan Penilaian Kinerja Guru Di Smp Negeri 5 Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(4), 497. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i4.5690

Brown, G. T. L. (2004). Teachers’ conceptions of assessment: Implications for policy and professional development. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 11(3), 301–318. https://doi.org/10.1080/0969594042000304609

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya peranan guru kristen dalam membentuk karakter siswa dalam pendidikan Kristen: sebuah kajian etika Kristen. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 1–14.

Djaelangkara, R. T., Rizal Sengkey, ST., M., & Oktavian A. LAntang, ST, M. (2015). Sekolah Berbasis Web Studi Kasus Sekolah Perancangan Sistem Informasi Akademik Menengah Atas Kristen 1 Tomohon. Comptes Rendus Des Seances de La Societe de Biologie et de Ses Filiales, 160(6), 1323–1325.

Elliott, K. (2015). Teacher performance appraisal: More about performance or development? Australian Journal of Teacher Education, 40(9), 102–116. https://doi.org/10.14221/ajte.2015v40n9.6

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Firyomanto, Wibawanto, H., & Syamwil, R. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Penilaian Diri, Teman Sejawat, Dan Penilaian Oleh Siswa. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(1), 32–40.

Hambali, I. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Meningkatkan Mutu Proses Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 124–134. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1085

Intarti, E. R. (2016). Jurnal Pendidikan Agama Kristen. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama, 1(2), 30.

Kurnia, Y. _. (2018). Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Topsis. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 1(3), 70–75. https://doi.org/10.36085/jsai.v1i3.63

Kurniawan, D., Dwikurnaningsih, Y., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi Program Supervisi Akademik di PAUD Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 107–123. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p107-123

Kusumawardhani, P. N. (2017). Does teacher certification program lead to better quality teachers? Evidence from Indonesia. Education Economics, 25(6), 590–618. https://doi.org/10.1080/09645292.2017.1329405

MenPAN-RB No. 16. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, 2009(75), 31–47.

Muadin, & Prihatni, Y. (2017). Development Of Teacher Performance Assessment Instrument Based On Teachers Duties And Responsibilities For Elementary School Teachers In Kotagede Sub-District. Wiyata Dharma Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, V(November 2017), 91–102.

Muslim, A. Q., & Wekke, I. S. (2018). Model penilaian kinerja guru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/search/authors/view?firstName=Ismail&middleName=Suardi&lastName=Wekke&affiliation=Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri %28STAIN%29 Sorong&country=

Muslimin, M. (2020). Program Penilaian Kinerja Guru dan Uji Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 193–200. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4384

Oktriany, W. H., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2018). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi Dengan Model Charlotte Danielson. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 24–36. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p24-36

Prijanto, J. H. (2017). Panggilan Sebagai Guru Kristen Wujud Amanat Agung Yesus Kristus Dalam Penanaman Nilai Alkitabiah Pada Era Digital [A Christian Teacher’s Calling in Response to Jesus Christ’s Great Commission in Instilling Biblical Values in a Digital Era]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 13(2), 13. https://doi.org/10.19166/pji.v13i2.325

Pulungtana, J. R., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Kinerja Mengajar Guru IPS Dalam Mengimplementasikan TPACK. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(1), 146. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i1.24672

Sadtyadi, H., & Kartowagiran, B. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok Dan Fungsi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 290–304. https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2867

Santoso, M. P. (2005). Karakteristik Pendidikan Kristen. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 6(2), 291–306. https://doi.org/10.36421/veritas.v6i2.153

Simanjuntak, R. (2020). Memaknai Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 9(1), 27–44. https://doi.org/10.46495/sdjt.v9i1.56

Son, H., & Faisal, R. (2017). Aplikasi Penilaian Kinerja Dosen pada Proses Belajar Mengajar Berbasis Web: Studi Kasus di Badan Penjamin Mutu Internal Institut Teknologi Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 5(2), 89. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.5.2.2017.90-94

Sudrajat, A. (2019). Aspek dan Indikator Kompetensi Pedagogik.

Sutrisno, & Abidin, Z. (2014). Kata kunci:penilaian kinerja, mutu guru. Research and Development Journal of Education, 1(01).

Syarifuddin, S. (2019). GURU PROFESIONAL: Dalam Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 1(1), 64–84. https://doi.org/10.36670/alamin.v1i1.3

Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176

Undang-Undang-Nomor-14-Tahun-2005.pdf. (n.d.).

Wiliam, D., Lee, C., Harrison, C., & Black, P. (2004). Teachers developing assessment for learning: Impact on student achievement. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 11(1), 49–65. https://doi.org/10.1080/0969594042000208994

Williandy, M. A., Adani, M. I., & Dewi, R. S. (2020). Penilaian Kinerja Investasi TI Menggunakan Val IT 2 . 0 pada Aplikasi Kependudukan Online Pemerintah Kota X. 7(1), 130–133. https://doi.org/10.30865/jurikom.v7i1.1872




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i22022p136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siska Indria Yuniarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.