IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN UNTUK MEWUJUDKAN MUTU SEKOLAH

Moh Rizal Bafadal, Erny Roesminingsih, Meini Sondang Sumbawati

Abstract


Abstract: The objectives of this study are to analyze and describe the implementation of instructional leadership to achieve the quality of SMK Darul Kamal NW Kembang Kerang. The method used is qualitative approach with a case study. The data and information are gained through observation, interview, and documentation. The result of the research in SMK Darul Kamal NW Kembang Kerang showed that instructional leadership was implemented well through maximum learning followed by extracurriculars (compulsory and specialization), so the school’s quality can be achieved.

Keywords: implementation; instructional leadership; school’s quality

            

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kepemimpinan pembelajaran untuk mewujudkan mutu SMK Darul Kamal NW Kembang Kerang. Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dan informasi diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di SMK Darul Kamal NW Kembang Kerang ini menunjukkan bahwa kepemimpinan pembelajaran telah diimplementasikan dengan baik melalui pembelajaran yang maksimal yang didukung dengan kegiatan ekstrakurikuler (wajib dan peminatan) sehingga mutu sekolah dapat diwujudkan.

Kata kunci: implementasi; kepemimpinan pembelajaran; mutu sekolah


Full Text:

PDF

References


Ambarita, B. (2009) ‘Strategi Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Generasi Kampus, 2(1), pp. 21–34. Available at: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/6948.

Amin, M. F. (2019) ‘Mutu dalam Perspektif Fegeinbaum dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan’, Managere : Indonesian Journal of Educational Management, 1(1), pp. 86–98. doi: 10.52627/ijeam.v1i1.10.

Andora, D. (2019) ‘Peranan Supervisi dalam Memaksimalkan Kinerja Pendidik’, ResearchGate, pp. 1–5. doi: http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/nztvm.

Anugrahani, N. A. (2021) ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK’, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(3), pp. 239–248. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i32021p239.

Astuty, E. (2014) ‘8 Prinsip Manajemen Mutu dalam Realita Penerapan ISO 9001:2008 di Universitas X Bandung’, in Conference: Prosiding Seminar Nasional & Call for PaperAt: Universitas Kristen Maranatha, Bandung Authors:, pp. 1–15. Available at: https://www.researchgate.net/profile/Eriana-Astuty/publication/319182668_8

Bush, T. (2018) ‘Transformational leadership: Exploring common conceptions’, Educational Management Administration and Leadership, 46(6), pp. 883–887. doi: 10.1177/1741143218795731.

Creswell, W. J., and Creswell, J. D. (2018) Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches, SAGE Publications, Inc. Los Angeles. doi: ISBN 978-1-5063-8670-6 (pbk. : alk. paper) Subjects:

Dorovolomo, J., Phan, H. P. and Maebuta, J. (2010) ‘Quality lesson planning and quality delivery: Do they relate?’, International Journal of Learning, 17(3), pp. 447–455. doi: 10.18848/1447-9494/CGP/v17i03/46955.

Fadhli, M. (2017) ‘Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan’, TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(02), pp. 215–240. doi: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295.

Gemnafle, M. and Batlolona, J. R. (2021) ‘Manajemen Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1(1), pp. 28–42. doi: 10.30598/jppgivol1issue1page28-42.

Hadi, A., Nasuka, M. and Munasir (2019) ‘Meningkatkan Kinerja Guru Pada Ma Nu Banat Management of Peer Supervision in Improving Teacher ’ S Performance on Ma Nu Banat Kudus’, Jurnal Intelegensia, 07(2), pp. 51–63. doi: https://doi.org/10.34001/intelegensia.v7i2.1279.

Hallinger, P., & Murphy, J. (1985). Principal Instructional Management Rating Scale (PIMRS). Sarasota: Dr. Philip Halinger.

Hamel, H. C. (2021) ‘Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah di SMK YPK Tabernakel Nabire’, Cakrawala Ilmu Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), pp. 34–44. Available at: https://uswim.e-journal.id/CakrawalaIlmu/article/view/220.

Hidayat, R., Dyah M, V. and Ulya, H. (2019) ‘Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis’, Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(1), pp. 61–68. doi: 10.34125/kp.v4i1.394.

Hoy, Wayne K & Miskel Cecil G. (2013). Educational Administration: Theory, Research, and Practice. New York: McGraw Hill.

Indrayadi, A. P. et al. (2021) ‘Manajemen Berbasis Sekolah pada Komponen Tenaga Kependidikan dan Kesiswaan’, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(3), pp. 195–203. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i32021p195.

Jamali, A. and Prasojo, L. D. (2013) ‘Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan, Motivasi Guru, Terhadap Prestasi Siswa SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), pp. 8–21. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/2309.

Juliansyah (2012) ‘Kritik Filosofis atas Tujuan, Visi, dan Misi Mempertanyakan Mutu Pendidikan Nasional’, Jurnal Lentera Bisnis, 1(1), pp. 65–77. doi: http://dx.doi.org/10.34127/jrlab.v1i1.141.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2018) ‘Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah’, JDIH BPK RI Database Peraturan, pp. 1–21. Available at: https://lppksps.kemdikbud.go.id/upload/unduhan/Permendikbud_Nomor6_Tahun2018.pdf.

Malindo, A. V. P., Imron, A. and Sumarsono, R. B. (2020) ‘Peningkatan Partisipasi Orang Tua Peserta Didik Berbasis Teknologi Informasi’, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(4), pp. 379–388. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i42020p379.

Manullang, J. (2015) ‘Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Pengetahuan, Manajemen Pendidikan, Komunikasi Interpersonal, dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Kepala SMA di Kota Medan (Studi Kasus pada SMA di Kota Medan)’, Generasi Kampus, 8(1), pp. 33–53. Available at: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7134.

Maujud, F. (2018) ‘Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan)’, Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), pp. 31–50. doi: 10.20414/jpk.v14i1.490.

Miles, M. B., Huberman, A. M. and Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. Amerika: SAGE Publications.

Moleong Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murphy, J. (1990) Principal instructional leadership. In L.L. Lotto & P. W. Thurston (Eds), Advances in educational administration: Changing perspectives on the school .(Volume I, Part B, pp. 163-200). Greenwich, CT: JAI Press

Pawar, A. et al. (2020) ‘Organizational Servant Leadership: A Systematic Literature Review for Implications in Business’, International Journal of Educational Administration, Management, and Leadreship, 1(2), pp. 63–76. doi: 10.51629/ijeamal.v1i2.8.

Peraturan Pemerintah No.32 (2013) ‘Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan’, JDIH BPK RI DATABASE PERATURAN, 2(32), pp. 1–52. Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5364/pp-no-32-tahun-2013.

Putri, D. C., Burhanuddin and Wiyono, B. B. (2021) ‘JAMP 2 sudah_Supervisi Kepala Sekolah dan Hubungannya dengan Penguasaan Kompetensi Guru SMK’, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), pp. 17–23. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i12021p17.

Rahayu, S. (2019) ‘Standar Proses PERMENDIKBUD Nomor 65 Tahun 2019’, INA-Rxiv Papers, (65), pp. 1–15. doi: 10.31227/osf.io/gnmrk.

Rahmawati, S. N. A. and Supriyanto, A. (2020) ‘Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu’, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), pp. 1–9. doi: 10.26740/jdmp.v5n1.p1-9.

Riyanto, Yatim, (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif: Unesa University Press.

Romadhon (2019) ‘Peran Kepala Sekolah Sebagai Manager Dalam Menciptakan Sekolah Efektif di SMP An-Nur Bululawang Malang’, Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), pp. 8–15. doi: 10.33366/ilg.v1i2.1357.

Rosaliawati, B. N. (2020) ‘Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru’, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(1), pp. 61–71. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12020p61.

Septiana, D. N., Bafadal, I. and Kusumaningrum, D. E. (2018) ‘JAMP 3 sudah_Pelibatan Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan’, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), pp. 293–301. doi: 10.17977/um027v1i32018p293.

Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung:Alfabeta.

Tanama, Y. J., Bafadal, I. and Degeng, I. N. (2017) ‘Pentingnya Kepemimpinan Pembelajaran di Sekolah’, Docplayer, pp. 1–7. Available at: https://docplayer.info/49066681-Pentingnya-kepemimpinan-pembelajaran-di-sekolah.html.

Ulum, M. B., Sarwoko, E. and Yuniarianto, A. (2020) ‘Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi Kerja’, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(4), pp. 299–307. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i42020p299.

Usman, H. and Raharjo, N. E. (2013) ‘Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), pp. 1–13. doi: 10.21831/cp.v5i1.1253.

Wahyudi, A., Narimo, S. and Wafroturohmah (2019) ‘Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Varidika, 31(2), pp. 47–55. doi: 10.23917/varidika.v31vi2i.10218.

Weber, J. (1996). Leading the instructional program in Smith SC St Piele PK (eds) School leadership: handbook for excellence. USA: ERIC Clearinghouse on Educational Management.

Wisda, R. S. (2021) ‘Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri’, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(4), pp. 358–363. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v4i42021p358.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12022p77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Moh Rizal Bafadal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.