STRATEGI PREVENTIF MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN PEGAWAI KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP PEMERINTAH

Suhartama Febrizki Badrur Ramadhani, Imron Arifin, Ahmad Yusuf Sobri

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini mendeskripsikan mengenai data pegawai, lingkup tugas pegawai, dan strategi preventif untuk menumbuhkan kedisiplinan pegawai di Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan lokasi penelitian di Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kota Probolinggo. Temuan penelitian antara lain: (1) mengenai data pegawai, jumlah pegawai sebanyak 34 pegawai, dan jenjang pendidikan terakhir yang ditempuh oleh para pegawai dibedakan menjadi S2, S1, D3, SMA/SMK/SMEA, dan SD. (2) Lingkup tugas terdiri kepala kantor, kepala sub-bagian tata usaha, kepala seksi pelayanan dan pengelolaan perpustakaan, kepala seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan dan arsip, kepala seksi akuisisi dan pengelolaan arsip. (3) Strategi preventif dengan melakukan evaluasi terhadap target kinerja pegawai, diadakannya pembinaan kepada seluruh pegawai setiap bulannya, dan tiap tahun ada SKP (Sasaran Kinerja Pegawai).

 

Kata Kunci: Strategi preventif, disiplin, pegawai, Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemerintah


Full Text:

PDF

References


Fachri, H. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Kerja Pegawai di RRI Pontianak. Jurnal Disiplin Kerja Karyawan, (Online):88, (http://pusdatin.rri.co.id)

Hidayatullah, M. F. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 100 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Provinsi Jawa Timur Republik Indonesia. (Online), (http://kotaprobolinggo.jdih.jatimprov.go.id)

Saydam, G. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management Jilid 2). Jakarta : PT Toko Gunung Agung

Setyaningdyah, E. 2013. The Effects of Human Resource Competence, Organizational Commitment and Transactional Leadership on Work Discipline, Job Satisfaction and Employee’s Performance. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, (Online), 5 (4): 140, (http://ijcrb.webs.com)

Standar Nasional Perpustakaan Nomor 003 Tahun 2011 tentang Standar Nasional Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (Online), (http://old.perpusnas.go.id)

Warni. 2016. Bagaimana Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan, (Online), (https://zahiraccounting.com)




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i12018p16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Suhartama Febrizki Badrur Ramadhani, Imron Arifin, Ahmad Yusuf Sobri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.