HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KOMPETENSI GURU DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN ADOPSINYA UNTUK PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI

Amrustian Amrustian, Sultoni Sultoni, Ahmad Nurabadi

Abstract


Abstract: The purpose of this research is description interest teacher in field of technology information in learning, description competence teacher in field of technology information in learning, description adoption teacher in field of technology information in learning, detect the correlation between interest with adoption in field of technology information at SMAN Malang city, detect the correlation between competence with adoption in field of technology information at SMAN Malang city and detect the correlation between interest and competence with adoption teacher in field of technology information at SMAN Malang city. This is a quantitative research with analyzed data descriptive, product moment pearson, and multiple correlation. The results of research explain is interest teacher in field of technology information in learning be high category, competence teacher in field of technology information in learning be average category, adoption teacher in field of technology information in learning be high category, a correlation between interest and adoption in field of technology information, a correlation between competence and adoption in field of technology information, a correlation between interest and competence teacher in field of technology information and a correlation between interest and competence teacher in field of  technology information at SMAN Malang city.

 

Keyword: interest, competence, adoption of technology information, learning

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan minat guru terhadap teknologi informasi dalam pembelajaran, mendeskripsikan kompetensi guru terhadap teknologi informasi dalam pembelajaran, mendeskripsikan adopsi guru terhadap teknologi informasi dalam pembelajaran, mengetahui hubungan antara minat dengan adopsi teknologi informasi pada SMAN di Kota Malang, mengetahui hubungan antara kompetensi dengan adopsi teknologi informasi pada SMAN di Kota Malang, mengetahui hubungan antara minat guru dengan kompetensi guru terhadap teknologi informasi pada SMAN di Kota Malang, dan mengetahui hubungan antara minat dan kompetensi guru di bidang teknologi informasi dengan adopsi untuk pembelajaran pada sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data deskriptif, Product moment pearson, dan Multiple corelation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat guru terhadap teknologi informasi dalam pembelajaran kategori tinggi, kompetensi guru terhadap teknologi informasi dalam pembelajaran kategori  sedang, adopsi guru terhadap teknologi informasi dalam pembelajaran kategori tinggi, adanya hubungan antara minat dan adopsi di bidang teknologi informasi, adanya hubungan kompetensi dan adopsi di bidang teknologi informasi, adanya hubungan minat dan kompetensi guru di bidag teknologi informasi, dan adanya hubungan antara minat dan kompetensi guru di bidang teknologi informasi dengan adopsinya untuk pembelajaran pada SMA di Kota Malang.

 

Kata kunci: minat, kompetensi, adopsi teknologi informasi, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Darmawan, D. 2013. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Teori dan Aplikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fathhurahman, 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Guru dalam Menggunakan Media Berbasis TIK. 2 (3): 1-16.

Hanafi, A. 1991. Difusi Inovasi. Malang: IKIP Malang.

Ibrizah, Z, M. 2012. Perilaku Konsumen: Proses Difusi Inovasi, (Online). (http://zieyh.blogspot.com/2012/05/perilaku-konsumen-proses-difusi-inovasi.html), diakses pada 2 April 2016.

Mulyasa, E. 2009. Kompetensi Guru. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, 2008. Jakarta: Badan Standard Nasional Pendidikan.

Sari, R. K. 2009. Hubungan Antara Sikap Dosen terhadap Teknologi Informasi dan Adopsinya untuk Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Siregar, A, R. 2008. Kompetensi TIK Bagi Guru. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Surya, H. 2003. Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i12018p52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Amrustian Amrustian, Sultoni Sultoni, Ahmad Nurabadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.