KERJASAMA SMK DAN CISCO SYSTEM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN

Binti Zulfiana, Teguh Triwiyanto, Raden Bambang Sumarsono

Abstract


Abstract: The poin of this research describes the management of cooperation, quality improvement indicators, and effort overcome constraint and support deceit cooperation between SMK Telkom Malang and Cisco System. The research used a qualitative approach with case study. he results of this study indicate that the cooperation SMK Telkom Malang with Cisco System in improving the quality of learning Computer Network Engineering includes planning, implementation, and evaluation. Indicators of improving the quality of learning is seen from the achievements of learners, both academic and non academic achievement. Furthermore, there are supporting and inhibiting factors, as well as efforts to overcome the barrier factor in SMK Telkom Malang cooperation with Cisco System.

 

Keywords: school cooperation, quality of learning

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kerjasama, indikator peningkatan mutu, serta factor pendukung dan penghambat kerjasama SMK Telkom Malang dengan Cisco System. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama SMK Telkom Malang dengan Cisco System dalam meningkatkan mutu pembelajaran Teknik Komputer Jaringan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Indikator peningkatan mutu pembelajaran tersebut dilihat dari prestasi peserta didik, baik prestasi akademik maupun non akademik. Selanjutnya terdapat faktor pendukung dan penghambat, serta upaya mengatasi faktor penghambat dalam kerjasama SMK Telkom Malang dengan Cisco System.

 

Kata kunci: kerjasama sekolah, mutu pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Alfianika, N. 2016. Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish

Ali, M. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Amsyah, Z. 2003. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia.

Maisyaroh. 2004. Buku Ajar: Hubungan Masyarakat. Malang: FIP UM.

Sofana, I. 2012. Cisco CCNA dan Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparmoko. 2007. Ekonomi. Jakarta: Yudhistira.

Sutopo, H., B. 2006. Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Terry, G., R. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Torang, S. 2013. Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya, dan Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Fokusmedia.

Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Researh (Burhanuddin, Ed). Malang: Universitas Negeri Malang.

Zazin, N. 2011. Gerakan Menata Mutu Pendidikan (Meita Sandra, Ed). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i12018p87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Binti Zulfiana, Teguh Triwiyanto, Raden Bambang Sumarsono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.