ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASIONAL GURU TETAP YAYASAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Ika Yuliana, Maisyaroh Maisyaroh, Ahmad Nurabadi

Abstract


Abstract: Analysis of Motivational Factors of Teachers in Private Islamic Elementary School Malang. This study is intended for describing the contribution of each motivational factor which drive GTY and GTY’s intrinsic and extrinsic motivation levels. This is a quantitative study which specifically deploys descriptive and explanatory framework. The results of the study indicates that (1) intrinsic motivation: responsibility factor, belief factor, and demands factor are all categorized into high level. (2) extrinsic motivation: social interaction factor, compensation factor, and credit-given factor are categorized into average level, and that occupational environment factor is categorized into high level.

Keywords: factors analysis, motivation, teachers.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi masing-masing faktor-faktor motivasional yang mendorong GTY dan Tingkat motivasi intrinsik dan ekstrinsik GTY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan eksploratori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi intrinsik: faktor tangggung jawab dalam kategori tinggi, faktor keyakinan dalam kategori tinggi dan faktor kebutuhan-kebutuhan dalam kategori tinggi. (2) motivasi ekstrinsik: faktor interaksi sosial dalam kategori sedang,  faktor kompensasi dalam kategori sedang, faktor lingkungan kerja dalam kategori tinggi dan faktor penghargaan dalam kategori sedang.

Kata kunci: analisis faktor, motivasi, Guru Tetap Yayasan.


Full Text:

PDF

References


Abdulkadir, M. 2004. Hukum Perdata Indonesia. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Ajzen, I. 2005. Attitudes, Personality, and Behavior. Edisi kedua. New York: Open University Press.

Ali, M. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Anwar, K., Abu, B.,& Harmaini. 2005. Hubungan Antara Komitmen Beragama dengan Intensi Prososial Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. (Jurnal). Volume 1, Nomor 2. Desember. Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Karim Riau.

Barnawi & Arifin, M. 2012. Instrumen Pembinaan, Peningkatan & Penilaian Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA.

Daryanto. 2013. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Fishbein, M & Ajzen, I. 1975. Belief Attitude, Intention, dan Behavior: An Introduction to Theory and Research. Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company.

Hasibuan, M.S.P. 2010. Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hawari, A. 2012. Guru yang Berkarakter Kuat. Jogjakarta: Laksana.

Kementerian Agama. 2016. Data Guru Kementerian Agama Kota Malang. Malang: Pendidikan Agama (Pendma) Kementerian Agama (Kemenag).

Mangkunegara, A.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdyakarya.

Mustari, M. 2011. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laks Bang PRESSindo.

Nawawi, H. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis yang kompetetif. Yoyakarta: Gadjah Mada.

Nuraini, T. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yayasan Aura Syam.

Panjalu, F.G. 2013. Pengertian Tingkat Kesejahteraan. (Online), (http://www.gfpanjalu.com/2013/01/pengertian-tingkat-kesejahteraan/). Diakses 1 Februari 2017.

Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sagala, S. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung Alfabeta.

Saidi, M. 2016. Teori Kebutuhan Menurut Maslow, Gardner Murphy, Erichh Fromm, Knowless, Henry Murray, Jean Waston, Virginia Henderson dan McClelland. (Online), (saidibinanwar.blogspot.com). Diakses 10 Juli 2017.

Sedarmayanti. 2010. Manajemen dan Produktivitas Kerja. Bandung: Bandar Maju.

Setyadin, B. 2005a. Modul 2a Reduksi Data Melalui Analisis Faktor Eksploratori. Makalah Disajikan dalam Lokakarya Penelitian Kuantitatif di Malang. Malang: Pusat Penelitian Universitas Negeri Malang.

Setyadin, B. 2005b. Modul IV Desain dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Siagian, S.P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sunarsih, N., Kusmintardjo. &Benty, D.D.N. 2006. Hubungan Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Pendidikan, 19 (2): 166.

Tim Dosen FIP UM. 2009. Ensiklopedi Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM).

Times Indonesia. 2015. Anton: Kinerja PGRI Sudah Ideal. (Online), (http://www.timesindonesia.co.id/baca/104506/20150919/113542/anton--kinerja-pgri-sudah-ideal/). Diakses 1 Mei 2016.

Tsani, I. 2015. Gaji Guru dan Kualitas Pendidikan. (Online), (https://www.adakitanews.com/gaji-guru-dan-kualitas-pendidikan/). Diakses 1 Februari 2017.

Umar, H. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja: Edisi ke empat. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i12018p70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ika Yuliana, Maisyaroh Maisyaroh, Ahmad Nurabadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.