Implementasi Manajemen Strategi Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0

Ahmad Hinayatulohi, Iwan Sopwandin, Aep Saepurohman, Asep Abdurahman

Abstract


Abstract: This study aims to describe the implementation of Islamic boarding school strategic management at the IT boarding school in Yogyakarta in the industrial revolution 4.0 era. The method used in this study is a qualitative descriptive analysis approach. The selection of informants in this study used a purposive sampling technique (purposed sample). Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and documentation studies. Stages of data analysis through data condensation, data presentation and conclusions. The results of this study indicate that Islamic Boarding School Pondok IT Yogyakarta implements strategic management through four stages, namely: First, environmental analysis is carried out in two ways, namely external and internal analysis. External factors, namely the demand for human resources who have the ability in the field of technology is increasing. While the internal factors are a strong leader's commitment; Second, the strategy formulation was made by the Pondok IT Yogyakarta Islamic Boarding School by formulating the vision, mission and objectives as well as curriculum development strategies; Third, strategy implementation is carried out to carry out the plans that have been made in the strategy formulation. At this stage of implementation, there is a religious learning process that is integrated with technology, namely a YouTube based online recitation which is held every morning; and Fourth, the strategic evaluation of the Pondok IT Yogyakarta Islamic boarding school was carried out to determine whether the implementation was in accordance with the planned strategy formulation. Evaluation is carried out in several ways, including unannounced inspections and other evaluations using a group evaluation system.

 

Keywords: Strategic management, Islamic boarding school, industrial revolution 4.0

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen strategi pesantren di pondok IT Yogyakarta di era revolusi industry 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif pendekatan deskriptif analisis. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling (sampel bertujuan). Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tahapan analisis data melalui kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Pesantren Pondok IT Yogyakarta mengimplementasikan manajemen strategi melalui tahapan empat tahapan yaitu: Pertama, analisis lingkungan dilakukan melalui dua cara yaitu analisis eksternal dan internal. Faktor eksternal yaitu permintaan akan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dibidang teknologi meningkat. Sedangkan faktor internal adalah komitmen pemimpin yang kuat; Kedua, formulasi strategi dibuat oleh pesantren Pondok IT Yogyakarta dengan merumuskan visi, misi dan tujuan serta strategi pengembangan kurikulum; Ketiga, implementasi strategi dilakukan untuk melaksanakan rencana yang sudah dibuat dalam formulasi strategi. Pada tahapan implementasi ini, terdapat proses pembelajaran kegamaan yang terintegrasi dengan teknologi yaitu ngaji online berbasis youtube yang dilaksanakan setiap pagi; dan Keempat, evaluasi strategi pesantren Pondok IT Yogyakarta dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan apakah sesuai dengan formulasi strategi yang telah direncanakan. Evaluasi dilakukan melalui beberapa cara, antara lain evaluasi bersifat inspeksi mendadak dan evaluasi lain dengan menggunakan sistem evaluasi kelompok.

 

Kata kunci: Manajemen strategi, pesantren, revolusi industri 4.0


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, A. (2016) ‘Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja’, Equilibrium: Jurnal Pendidikan Sosiologi, IV(2), pp. 1–8.

Ahmad, I. (2018) Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Medan: Ristekdikti.

Ali, S. (2013) Paradigma Pesantren Memperluas Horizon Kajian dan Aksi. Malang: UIN Malang Press.

Creswell, J. (2013) Research Design: pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed. III. Yogyakarta: Pustaka setia.

Eka Wahyuni Syam, Irwan Misbach, M. (2020) ‘Optimalisasi manajemen strategi pada pondok pesantren khadimul ummah di kampung baru desa lembanna kecamatan kajang kabupaten bulukumba’, Jurnal Washiyah Volume, 1(1), pp. 169–180.

Fickho (2019) Hasil wawancara dengan wakil direktur oprasional pesantren Pondok IT Yogyakarta (Ustadz Fichko) pada tanggal 10 Oktober 2019.

Fortiana, D. (2016) Studi Tentang Manajemen Strategik Berbasis Balance Scorecard di Yayasan Al-Kautsar Lampung. Universitas Lampung.

Hartanto, E. (2021) Dukungan Pemerintah untuk Mendorong UMKM Go Digital dan Go Global, ekon.go.id. Available at: https://ekon.go.id/publikasi/detail/3180/dukungan-pemerintah-untuk-mendorong-umkm-go-digital-dan-go-global (Accessed: 15 September 2022).

Hasudungan, R. G. and Suparyati, A. (2020) ‘Pengaruh Daya Saing Negara terhadap Keterbukaan Dagang di’, Ecosains : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembangunan, 9(November), pp. 86–93.

Hasyim, M. (2018) ‘Modernisasi Pendidikan Pesantren Dalam Perspektif Kh. Abdurrahman Wahid’, CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 2(2). doi: 10.37348/cendekia.v2i2.27.

Hinayatulohi, A. (2019a) ‘Hasil Observasi Mengenai Kegiatan Ngaji digital di Pondok IT Yogyakarta Tanggal 19 November 2019’.

Hinayatulohi, A. (2019b) ‘Hasil Studi Dokumentasi mengenai visi, misi dan tujuan pesantren pondok IT Yogyakarta diambil pada tanggal 10 Oktober 2019’.

Hinayatulohi, A. (2019c) ‘Hasil Studi Dokumentasi Tentang Kurikulum Pondok IT Yogyakarta’.

Hunger, D. and Wheelen, T. (2003) Manajemen Strategik. Yogyakarta: Andi.

Juditha, C. (2020) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Desa’, Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 24(1), pp. 16–30.

Susanto, Deni Aditya (2019) ‘Revolusi Industri 4.0 dan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan: Model Pengembangan Klaster UMKM Kelas Dunia Berbasis Inovasi dan Kearifan Lokal’, Prosiding Seminar Nasional Bagian II Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 2, pp. 57–79.

Khatami, M. and Arifin, Z. (2021) ‘Manajemen Strategik Pada Lembaga Pendidikan Islam’, in Proceedings of International Conference on Islamic Studies “Islam & Sustainable Development”, pp. 218–225. Available at: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/icis/article/view/12670%0Ahttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/icis/article/viewFile/12670/6603.

Machali, D. K. dan I. (2012) Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pearce, J. A. and Robinson., R. B. (2013) Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Diterjemahkan oleh Nia Pramita Sari. 12th edn. Jakarta: Salemba Empat.

Priatmoko, S. (2018) ‘Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0’, TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), pp. 1–19.

Rindaningsih, I. (2012) ‘Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond center and circle Time) BCCT Pada PAUD’, Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), pp. 213–223. doi: 10.21070/pedagogia.v1i2.42.

Ristekdikti (2018a) ‘Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0’, Majalah.

Ristekdikti (2018b) ‘Mempersiapkan SDM Indonesia di Era Industri 4.0’. Jakarta, p. 3.

Sadali, S. (2020) ‘Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam’, Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, pp. 53–70. Available at: https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/attadib/article/view/964.

Satya, V. E. (2018) ‘Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0’, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, X(09), p. 19.

Solihin, I. (2012) Manajemen Strategik. jakarta: Erlangga.

Sopwandin, I. (2019a) ‘Manajemen Pemasaran Pondok Pesantren Berbasis Program Pengabdian Masyarakat’, J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 4(2), p. 78. doi: 10.18860/jmpi.v4i2.8020.

Sopwandin, I. (2019b) ‘Paradigma Baru Kepemimpinan Madrasah’, Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2). doi: https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.4766.

Sopwandin, I. (2021) Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi. 1st edn. Bogor: Gue Media Group.

Sopwandin, I., Hinayatulohi, A. and Syaripudin, D. (2022) ‘Pola Pendidikan Pesantren Pondok IT Yogyakarta’, TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(2), pp. 161–171.

Sugiyono (2008) Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2014) Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman (2015) Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. Bandung: Rosdakarya.

Susanto (2014) Manajemen Strategik Komprehensif untuk Mahasiswa dan Praktisi. Jakarta: Erlangga.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (no date).

Yahya (2019) Hasil Wawancara dengan Ustadz Yahya selaku wakil pimpinan bidang kurikulum dan keagamaan pesantren Pondok IT Yogyakarta, diambil pada tanggal 22 Agustus 2019.

Yamaidi, H. and Anwar, K. (2020) ‘Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu Kecamatan Kampar Kiri’, Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), pp. 252–265. doi: 10.30868/im.v3i02.741.

Yusnaini and Slamet (2019) ‘Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2, pp. 1073–1085.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Iwan Sopwandin, Ahmad Hinayatulohi, Aep Saepurohman, Asep Abdurahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.