MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH VOKASIONAL
Abstract
ABSTRACT: in this research describes the steps of cooperation, collaboration, what have been the advantages of both sides between 3 Malang with the business world and the world of industry (DUDI). This study uses qualitative methods. Qualitative research is research that intends to understand the phenomena of behavior, action, a thorough State of a subject. While this type of research is research case studies. Reasons to use a case study is a research method is focusing on a unique case of an intensive and detailed. The uniqueness of the obtained in this case is, the existence of the provision of learner achievements at the push by the agency outside the school where it is where practice learners. The results of this study, namely, the establishment of a Committee for cooperation, the kind of effort that will be selected schools, pre OJT activity, making the agreement a Memorandum of understanding, provide the best quality of learners, promotes work and responsibility, provide benefits to the industry, carry out the evaluation, the students keep a journal, compiling reports.
Keywords: school, cooperation, learning achievements
ABSTRAK : Pada penelitian ini menjelaskan langkah-langkah kerjasama, bentuk kerjasama, apa yang menjadi keuntungan kedua pihak antara SMKN 3 Malang dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang perilaku, tindakan, keadaan menyeluruh pada sebuah subjek penelitian. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Alasan menggunakan studi kasus adalah metode penelitian ini memusatkan perhatian pada suatu kasus yang unik secara intensif dan rinci. Keunikan yang didapatkan pada kasus ini adalah, bekal adanya prestasi yang diraih peserta didik di dorong oleh lembaga luar sekolah dimana itu merupakan tempat praktik peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu, pembentukan panitia kerjasama, jenis usaha yang akan dipilih sekolah, kegiatan pra OJT, membuat perjanjian Memorandum of understanding, memberikan kualitas terbaik peserta didik, mempromosikan kerja dan tanggung jawab, memberikan keuntungan kepada industri, melaksanakan evaluasi, peserta didik membuat jurnal, menyusun laporan
Kata kunci : sekolah, kerjasama, prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Benty,Noor dan Gunawan,I.2015.Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat.Malang: Universitas Negeri Malang.
Imron, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Maisyaroh.2004.Hubungan Masyarakat.Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Nasution,M.2010.Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan.Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Nasution. 2004. Sosiologi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Kreatif.
Ratri, Y. Kerjasama Sekolah Dengan Masyarakat Dalam Manajemen Peningkatan Mutu Di Sekolah Dasar Se Kecamatan Pakualaman Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132304798/penelitian/kerjasama-sekolah.pdf diakses pada 6 Juli 2018.
Setyowati, S.2015. Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Di Taman Kanak-Kanak Se- Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/viewFile/97/92 diakses pada 6 Juli 2018
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yulitasari, E. 2015. Pelaksanaan Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus Di Smp Ar-Rohmah Putri Malang)http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/04/effa.pdf diakses pada 25 Juli 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i32018p313
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Isnaini Afrita, Ali Imron, Imron Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.