Analisis Kinerja Dosen dalam Penelitian Topik Kelompok Bidang Keahlian

Yusniawati Yusniawati, Yudithia Dian Putra, Ahmad Ahmad, Ilyas Indra

Abstract


Abstract: Research performance is the main indicator in assessing the performance of lecturers and universities. This study describes the results of the analysis of lecturers’ performance in carrying out research on the topic of Expertise Groups from 2020 to 2022 at the Universitas Negeri Malang. The research data was obtained from the Litabmas database, Universitas Negeri Malang. Data were analyzed by descriptive analysis in the form of data visualization. The results show that each faculty has different implementation developments each year, both in terms of the number of proposals submitted and the number of lecturers involved in researching the Expertise Groups topic. Finally, the discussion, limitations, and recommended research are presented.

Keywords: lecturer performance; research performance; expertise group; descriptive analysis

 

Abstrak: Kinerja penelitian merupakan indikator utama dalam penilaian kinerja dosen dan universitas. Penelitian ini mendeskripsikan hasil analisis kinerja dosen dalam melaksanakan penelitian topik Kelompok Bidang Keahlian (KBK) tahun 2020 sampai dengan 2022 di Universitas Negeri Malang. Data penelitian diperoleh dari database Litabmas Universitas Negeri Malang. Data dianalisis dengan analisis deskriptif berupa visualisasi data. Hasilnya menunjukkan bahwa masing-masing fakultas memiliki perbedaan perkembangan pelaksanaan di setiap tahunnya, baik dari segi jumlah proposal yang diajukan dan jumlah dosen yang terlibat dalam penelitian Topik KBK. Akhirnya pembahasan, keterbatasan, dan rekomendasikan penelitian disajikan.

Kata kunci: kinerja dosen; kinerja penelitian; kelompok bidang keahlian; analisis deskriptif

Full Text:

PDF

References


Argadinata, H., & Gunawan, I. 2019. The Leadership of Pancasila in Education: Foundation for Strengthening Student Characters in the Industrial Revolution Era 4.0. The 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019) (hlm. 5-7). Atlantis Press.

Bafadal, I., Nurabadi, A., & Gunawan, I. 2021. Pembinaan Kepala Sekolah Pemula Sebagai Pemimpin Pembelajaran: Teori, Pengukuran, dan Pengembangannya. Malang: Universitas Negeri Malang.

Bafadal, I., Nurabadi, A., Gunawan, I., Adha, M. A., Hung, M. L., Pratiwi, F. D., & Akhbar, A. F. 2021. Moral as the Basis of Leadership Practices in Excellent Schools. 7th International Conference on Education and Technology (ICET 2021) (hlm. 149-154). Atlantis Press.

Benty, D. D. N., Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., ... & Hui, L. K. 2020. Validitas dan Reliabelitas Angket Gaya Kepemimpinan Mahasiswa. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 262-271.

Faizah, A. N., Gunawan, I., Bafadal, I., & Timan, A. 2020. The Relationship between Learning Leadership and Teacher Performance: A Correlation Analysis. 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020) (hlm. 599-602). Atlantis Press.

Gunawan, I. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lesson Study di Perguruan Tinggi (Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik). Malang: Universitas Negeri Malang.

Gunawan, I. 2019. Pengantar Penelitian Kuantitatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Gunawan, I. 2021. Analisis sitasi pada JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, 2018-2020. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 163-170.

Hadi, S., Gunawan, I., & Dalle, J. 2018. Statistika Inferensial: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Hadi, S., Imron, A., Wiyono, B. B., Gunawan, I., Abbas, A., & Perdana, D. B. 2021. Design and Testing of Teacher Professional Development Models Focusing on the Optimization of Teachers’ Teaching Ability in the Era of Asean Economic Communities and New Normal. International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021) (hlm. 240-251). Atlantis Press.

Harsono, S. 2017. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen dan Implikasinya pada Kesejahteraan Dosen Perguruan Tinggi Maritim. Jurnal Kontigensi, 5(1), 1-10.

Herawati, J. 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Akmenika, 16(2), 1-9.

Imron, A., Wiyono, B. B., Hadi, S., Gunawan, I., Abbas, A., Perdana, D. B., & Hidayatullah, M. K. 2021. Designing and Testing Teacher Professional Development Models Focusing on Optimizing Teacher Commitment in the Era of the ASEAN Economic Community and New Normal. In International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021) (hlm. 46-54). Atlantis Press.

Keputusan Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor 1677/E3/KB.07.02/2022 tentang Petunjuk Teknis Pemanfaatan Hasil Pengembangan Dana Abadi Perguruan Tinggi Program Pengembangan World Class University (WCU) Tahun 2022. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. 2017. Problematika Pemberdayaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(2), 139-150.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. 2019. Professional Ethics and Teacher Teaching Performance: Measurement of Teacher Empowerment with a Soft System Methodology Approach. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 611-624.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Mengajar Guru. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(3), 198-219.

Nurabadi, A., Irianto, J., Bafadal, I., Gunawan, I., & Adha, M. A. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Perubahan, dan Spiritual terhadap Kinerja Guru dan Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 40(1), 17-31.

Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang tahun 2022 diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 2022. Malang: Universitas Negeri Malang.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 115 Tahun 2021 tentang Perguruan Tinggi Berbadan Hukum Universitas Negeri Malang. 2022. Malang: Universitas Negeri Malang.

Peraturan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pembentukan dan Pengembangan Kelompok Bidang Keahlian Dosen Universitas Negeri Malang. 2022. Malang: Universitas Negeri Malang.

Setya, N. W. N., Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Nurabadi, A., Hui, L. K., ... & Santoso, F. B. 2020. Development of Student Leadership Variables Instruments: Validity and Reliability Analysis. 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020) (hlm. 541-545). Atlantis Press.

Sitorus, S. 2017. Meningkatkan Motivasi Dosen dalam Penelitian. (Online), (https://www.jurnalasia.com/opini/meningkatkan-motivasi-dosen-dalam-penelitian/, diakses 2 Mei 2021).

Sobri, A. Y., Bafadal, I., Nurabadi, A., & Gunawan, I. 2019. Validity and Reliability of Questionnaire Problematics Leadership Beginner School Principals. 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019) (hlm. 250-254). Atlantis Press.

Sultoni, S., Gunawan, I., Firawati, A. A., & Cahyaningtyas, A. 2022. Validity and Reliability of the Student Work Readiness Scale. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 5(2), 176-185.

Sumarsono, R. B., Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Benty, D. D. N., & Bhayangkara, A. N. 2021. Influence of Lecturer’s Pedagogic Competency Level, Quality of Administrative Services, Completeness of Lecture Supporting Facilities, and Student Satisfaction on Learning Motivation. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(1), 23-33.

Taftania, S., Kusna, A., Mahardika, B. A., Nugraheni, D. R., Eriyani, D., Yulindasari, N. O., ... & Gunawan, I. 2020. Implementation of Total Quality Management Through the Leadership of Schools in Efforts to Improve Teacher Creativity: A Conceptual Paper. 1st International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020) (hlm. 501-505). Atlantis Press.

Undang-undang Nomor 12 tahun 2015 tentang Pendidikan Tinggi. 2017. Jakarta: Fokus Media.

Wiyono, B. B., Kusumaningrum, D. E., Triwiyanto, T., Sumarsono, R. B., Valdez, A. V., & Gunawan, I. 2019. The comparative analysis of using communication technology and direct techniques in building school public relation. In 2019 5th International Conference on Education and Technology (ICET) (hlm. 81-86). IEEE.

Wood, F. 1990. Factors Influencing Research Performance of University Academic Staf. Higher Education, 19(1), 81-100.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i32022p258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yusniawati Yusniawati, Yudithia Dian Putra, ahmad ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.