Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa

Erna Lukitawati

Abstract


Abstrac: The aim of the research is to know teaching implementation type cooperative STAD to improve argue activity and achievement. This research is PTK with qualitative approach. Research subject are students of VII D SMP Negeri 1 Turen Malang which is 40 students consist of 18 female students and 22 male students. These numbers enable to make 10 group, each group consist of 4 students Result of the research of cooperative learning type STAD in mathematic learning can improve students achievement of VII D SMP Negeri 1 Turen with KKM 72, The students can achieve their study are 87,5 % with average 84, Conclution, the implementation of cooperative learning type STAD in mathematic learnng can improve students activity argue class VII D SMP Negeri 1 Turen.

Keywords: opinion activities; learning achievement; stad models

 

Abstrak: Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktifitas berpendapat dan prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa klas VII-D SMP Negeri 1 Turen Malang yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 18 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. jumah ini memungkinkan untuk pembagian kelompok menjadi 10 kelompok dengan jumlah anggota 4 siswa. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi siswa klas VII-D SMP Negeri I Turen dengan nilai KKM 72, siswa yang tuntas belajar adalah 87,5% dengan rata-rata skor 84. Simpulan, penerapan pembelajaran kooperatif Model STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktifitas berpendapat siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Turen

Kata Kunci: aktifitas berpendapat; prestasi belajar; model STAD

The aim of the research is to know teaching implementation type cooperative STAD to improve argue activity and achievement. This research is PTK with qualitative approach. Research subject are students of VII D SMP Negeri 1 Turen Malang which is 40 students consist of 18 female students and 22 male students. These numbers enable to make 10 group, each group consist of 4 students Result of the research of cooperative learning type STAD in mathematic learning can improve students achievement of VII D SMP Negeri 1 Turen with KKM 72, The students can achieve their study are 87,5 % with average 84, Conclution, the implementation of cooperative learning type STAD in mathematic learnng can improve students activity argue class VII D SMP Negeri 1 Turen.

Keywards: opinion activities; learning achievement; stad models.

Full Text:

PDF

References


Arends, R. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Buku Saku KTSP. Jakarta. Dirjen Dikdasmen, Direktorat pendidikan Lanjutan Pertama.

Ibrahim, M, Rachmandiarti, F, Nur, M, dan Ismono. 2000. Pembelajaran kooperatif. Surabaya: University Press.

Kundrati, R. 2007. Meningkatkan aktivitas Menyampaikan Pendapat pada Siswa Kelas Bahasa SMAN Purwosari dengan Menggunakan Pembelajaran Tugas Individu yang Dipresentasikan pada Sub Pokok Bahasan Demokrasi terpimpin. Malang. LPUM Vol. 02, Nomor 04 Tahun 2007.

Lutfi, A. 2007. Meningkatkan Ketahanan Pribadi Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Sedati dalam Belajar Matematika melalui Pembelajran Kooperatif Model STAD. Malang. LPUM Vol. 02, Nomor 04 Tahun 2007.

Majid, Abdul, 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Masitoh, S. 2006. Pembelajaran IPS (Geografi) Model STAD Bermedia Visual untuk meningkatkan Aktivitas dan Perolehan Belajar Siswa Kelas 3 SMPLB Tunarungu. Malang. LPUM Vol 13, Nomor 2 Tahun 2006.

Muchith, S.M. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang. RaSAIL Media Group.

Mudjiono & Dimyati, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Senduk A G & Nurhadi, 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang. UMPRESS.

Petersen, L. 2005. Bagaimana Memotivasi Anak Belajar, Jakarta, Grasindo.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning. Bandung. Nusa Media.

Sukirman. 2007. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan soal Cerita Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif STAD pada Siswa Kelas IV SDN Badurame II Turi Lamongan. Malang. LPUM Vol. 02, Nomor 03 Tahun 2007.

Sumarta. 2008, Pembelajaran dengan Teknik Diskusi Kelompok Tutorial Sebaya untuk Meningkatkan Keberanian berpendapat Siswa Kelas IX-B SMP Negeri 5 Malang, Laporan PTK Program Sertifikasi guru melalui jalur Pendidikan Angkatan 2007/2008. Tidak diterbitkan.

Susilo, H. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang. Bayumedia Publishing.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i32022p276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ERNA LUKITAWATI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.