Flipbook Online Majalah Komunikasi Universitas Negeri Malang (UM) Berbasis Website Sebagai Media Publikasi Internal dan Eksternal Kampus

Nida Anisatus Sholihah, Djajusman Hadi, Zulkarnain Nasution

Abstract


Abstract: Mass media has significant roles in society and acts as a communicator as well as a pioneer of changes in the public environment that can influence society through messages in the form of information, and entertainment. According to Indonesian Internet Service Providers Association (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia/APJII), people in the age range of 19-34 years old are the main users of the internet with a percentage of 49,52%, making the highest number of internet users are in their productive age. Therefore, along with the printed version, Majalah Komunikasi provides the website-based online flipbook. This research aims to make it easier for UM academic community to provide effective and practical services in obtaining information and the latest campus news. Through the implementation of this online flipbook, UM academic community will not miss the latest valid and in-depth campus information because it can be accessed remotely easily and practically as if opening a printed magazine but in a digital way. This study conducted the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) method. Other than facilitating academics in receiving the campus's latest information, this online flipbook is more economical because it is paperless and can save up more expenses. Besides, the implementation of the online flipbook can fulfill the requisitory data of Student Affair Ranking System (Sistem Pemeringkatan Kemahasiswaan/Simkatmawa) as a winner's additional contribution because through this online flipbook, Majalah Komunikasi won 1st place at a national level event, namely the Indonesia Print Media Awards (Isprima) organized by the Central Press Company Union (Serikat Perusahaan Pers/SPS). This will definitely impact Simkatmawa so that UM's national rank can be escalated.

 

Keywords: publication media, online flipbook, magazine, website

 

Abstrak: Media Massa mempunyai posisi sangat penting dalam kehidupan masyarakat dan berperan sebagai komunikator sekaligus menjadi pelopor perubahan dalam lingkungan publik yang dapat mempengaruhi masyarakat melalui pesan berupa informasi, hiburan. Berdasarkan survei yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet dilihat dari usia, rentang usia 19-34 tahun menjadi pengguna utama dengan persentase 49,52%, dengan demikian, pengguna internet tertinggi adalah usia produktif. Oleh karena itu, disamping dalam bentuk cetak, majalah Komunikasi hadir dalam bentuk online dan menyediakan flipbook online berbasis website. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mempermudah sivitas akademika UM dalam memberikan pelayanan yang efektif dan prakstis dalam mendapatkan informasi serta pernak-pernik terbaru kampus. Melalui penerapan flipbook online berbasis website, sivitas akademika UM tidak akan ketinggalan info terbaru kampus yang valid dan mendalam karna bisa diakses dari jarak jauh secara mudah dan praktis, seolah membuka majalah cetak pada umumnya, tapi dikemas digital. Metode penelitian ini menggunakan metode ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Disamping mempermudah sivitas akademika dalam mendapatkan informasi terkini kampus, flipbook online berbasis website ini juga menghemat pengeluaran keuangan UM, karena paperless, biaya yang seharusnya keluar ratusan juta, dapat dihemat menjadi beberapa juta rupiah saja; memenuhi kebutuhan Sistem Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) sesbagai penambahan sumbangsih pemenang event kompetisi, karna lewat flipbook online ini majalah Komunikasi berhasil meraih juara 1 pada event tingkat nasional yaitu Indonesia Print Media Awards (Isprima) yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat. Hal ini tentunya  pada Simkatmawa agar meningkatkan peringkat Kemahasiswaan UM di tingkat nasional.

 

Kata kunci: media publikasi, flipbook online, majalah, website


Full Text:

PDF

References


Kontan. (2020). Penggunaan Internet Meningkat Selama Pandemi, Keamanan Sistem Gojek Tetap Terjaga, (Online). Tersedia di (https://pressrelease.kontan.co.id/release/penggunaan-internet-meningkat-selama-pandemi-keamanan-sistem-gojek-tetap-terjaga) diakses pada tanggal 30 Januari 2022

Kuswandi, D., Surahman, E., Thaariq, Z. Z. A., & Muthmainnah, M. (2018). K- Means Clustering of Student Perceptions on Project-Based Learning Model Application. In 2018 4th International Conference on Education and Technology (ICET)(pp. 9-12). IEEE. Diakses pada tanggal 16 Januari 2021

Kagermann H., Lukas, W.D., & Wahlster, W. (2013). "Final report: Recommendations for implementing the strategic initiativeINDUSTRIE 4.0." Industrie 4.0 Working Group

Hardiansyah, D dan Sumbawati M.S. 2016. Pengembangan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Perakitan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal IT-Edu Volume 01 Nomor 02 Tahun 2016.

Hootsuite. (2019). Indonesia Digital Report 2019, (Online). Tersedia di (https://datareportal .com/reports/digital-2019-indonesia) Diakses pada 30 Januari 2022

Prasetyo. H, Sutopo. W. 2018. "Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset." Jurnal Teknik Industri UNDIP 13 (1): 17-26

Shwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Business. Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering (Ninth Edition). USA: Pearson Education

Supriyadi. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Flash FlipBook Maker Pada Matakuliah Sistem Multimedia. Journal Komunikasi, Vol 11 No.2 September 2020. DOI: https://10.31294/jkom

Tondang, Y. S., & Arwita, W. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Biologi. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2). Diakses pada 17 Januari 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nida Anisatus Sholihah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.