Manajemen Peserta Didik Sebelum, Saat dan Setelah Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri Ponjong 1 Kabupaten Gunung Kidul

Burhan Nudin, Titis Wahyu Muji Lestari, Wizarati Awliya

Abstract


Abstract: This study aims to analyze the management of students before, during, and after the COVID-‎‎19 pandemic at SDN Ponjong 1. This study was descriptive-qualitative and tested by data triangulation techniques. Data obtained from interviews, observations, and documentation. The informants of this study were the principal, homeroom teacher, student guardian, and students of SDN Ponjong 1. This study shows differences and challenges in implementing student management before, during, and after the COVID-19 pandemic. The implementation of student management before the COVID-19 pandemic was carried out in full through the habituation method to shape the character of students. The performance of student management during the COVID-19 pandemic requires adaptation and synergy from all components of education, through a bold emergency curriculum and limited face-to-face. The management of students after the COVID-19 pandemic was carried out attractively, but with strict procedures. the curriculum was re-implemented using the 2013 curriculum and the independence curriculum for grades 1 and 4.

 

Keywords: Student Management, Class Management, COVID-19

  

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen peserta didik sebelum, saat, dan setelah pandemi COVID-19 di SD N Ponjong 1. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang diuji dengan teknik triangulasi data. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas, wali murid, dan peserta didik dari SD N Ponjong 1. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan dan tantangan dalam pelaksanaan manajemen peserta didik sebelum, saat, dan setelah pandemi COVID-19. Pelaksanaan manajemen peserta didik sebelum pandemi COVID-19 dilaksanakan secara luring penuh melalui metode pembiasaan untuk membentuk karakter peserta didik. Pelaksanaan manajemen peserta didik di masa pandemi COVID-19 memerlukan adaptasi dan sinergi dari seluruh komponen pendidikan, melalui kurikulum darurat secara daring dan tatap muka terbatas. Manajemen peserta didik setelah pandemi COVID-19 dilakukan secara luring, namun dengan prokes ketat. Kurikulum yang dilaksanakan kembali menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka untuk kelas 1 dan 4. 


Kata Kunci: Manajemen Peserta didik, Manajemen Kelas, COVID-19


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, S. and Syahrani (2022) ‘Pelaksanaan pembelajaran di STAI Rakha sebelum, semasa dan sesudah pandemi covid-19’, Journal of Education, 2(1), pp. 51–63.

Andiarini, S. E., Arifin, I. and Nurabadi, A. (2018) ‘Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah’, Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), pp. 238–244. doi: 10.17977/um027v1i22018p238.

Arifin, B. (2018) ‘Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik’, FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(2), pp. 1–20. doi: 10.36835/falasifa.v9i2.115.

Badrudin (2014) MANAJEMEN PESERTA DIDIK. Acitra, Yuan: PT Indeks.

Budiya, B. (2021) ‘Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya’, Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), pp. 50–54. doi: 10.54069/attadrib.v4i1.129.

Firmansyah, Y. and Kardina, F. (2020) ‘PENGARUH NEW NORMAL DITENGAH PANDEMI COVID-19’, Buana Ilmu, 4(2), pp. 99–112. doi: https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107.

Hendriana, E. C. and Jacobus, A. (2016) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan’, JPDI : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(02), pp. 25–29. doi: 10.32678/tarbawi.v3i02.1952.

Ilyasin, M. (2019) ‘Manajemen Peserta Didik dalam Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Karakter di Satuan Pendidikan’, Fenomena, 11(1), pp. 69–79. doi: 10.21093/fj.v11i1.2143.

Magdalena, I., Wahyuni, A. and Hartana, D. D. (2020) ‘Pengelolaan Pembelajaran Daring yang Efektif Selama Pandemi di SDN 1 Tanah Tinggi’, Edukasi dan Sains, 2(01), pp. 366–377. Available at: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Maros;, F. (2016) ‘Penelitian lapangan (field research) pada metode kualitatif’, Academia.

Noor, T. (2018) ‘Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013’, Universitas Singaperbangsa Karawang, (20), pp. 123–144.

Nurstalis, N., Ibrahim, T. and Abdurrohim, N. (2021) ‘Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam ‎Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Islam Cendekia ‎Cianjur’, Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), pp. 63–76. doi: 10.15575/isema.v6i1.6579.

Prihatin, E. (2011) Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, J. R. (2019) ‘Model Administrasi Penilaian …’, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), pp. 49–52.

Sulisna, D. and Indraswati, D. (2020) ‘KECAKAPAN MANAJEMEN KELAS GURU SEBAGAI UPAYA PENYELESAIAN PROBLEMATIKA PEMBELEJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V, pp. 204–220. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i2.3491.

Sunhaji (2014) ‘Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran’, Jurnal Kependidikan, 2(2), pp. 30–46. doi: https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551.

Suprijono, A. (2020) Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal. Edited by R. Mubit. IAIN Parepare Nusantara Press.

Syahrani (2019) ‘Manajemen Pendidikan Dengan Literatur Qur’an’, … Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan …, 10, pp. 205–222. Available at: https://stitdukotabaru.ac.id/ejournal/index.php/darululum/article/view/38%0Ahttps://stitdukotabaru.ac.id/ejournal/index.php/darululum/article/download/38/29.

Wahyudin, U. R. (2022) ‘Mawar Pendidik’, Mizan, p. 321.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Burhan Nudin, Titis Wahyu Muji Lestari, Wizarati Awliya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.