Penerapan Model Transisi Bridges dalam Manajemen Perubahan Di Sekolah Penggerak

Yohana Natallina Sari, Maria Cristiana Yuliyanti Djari

Abstract


Abstract: The demands of the times are moving rapidly and dynamically forcing an organization to keep up with any changes that exist. Education is not free from change. This study aims to describe the application of Bridges transition model in Change Management in driving schools. This study uses survey research. This research method is descriptive qualitative. Source of research data are principals and teachers SDN Padaan 02 Pabelan, Kab. Semarang. Data collection techniques are by interviews and documentation studies. The results obtained from this study are the constraints and strategies of schools in the face of change, as well as the analysis of change management models. The obstacles faced are the absorption of new paradigm learning that is done online is not maximized, mastery of the Driving School Program is still not maximized, and the internet network that does not support. The strategy is to carry out joint activities collaboratively on weekends, academic supervision conducted by the principal at the beginning and at the end of the semester. The change management Model applied is the Bridges transition model.

 

 

Keywords: change management, bridges model, sekolah penggerak

 

Abstrak: Tuntutan zaman yang bergerak secara cepat dan dinamis memaksa sebuah organisasi untuk mengikuti setiap perubahan yang ada. Pendidikan tidak luput dari adanya perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model transisi Bridges dalam manajemen perubahan di sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan penelitian survey. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan guru SDN Padaan 02 Pabelan, Kab. Semarang. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya kendala dan strategi sekolah dalam menghadapi perubahan, serta analisis model manajemen perubahan.  Kendala yang dihadapi yaitu keterserapan pembelajaran paradigma baru yang dilakukan secara daring belum maksimal, penguasaan Program Sekolah Penggerak masih belum maksimal, serta jaringan internet yang tidak mendukung. Strategi yang dilakukan adalah melaksanakan kegiatan bersama secara kolaboratif di akhir pekan, adanya supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah di awal dan di akhir semester. Model manajemen perubahan yang diterapkan adalah model transisi Bridges.

 

Kata kunci: manajemen perubahan, model bridges, sekolah penggerak


Full Text:

PDF

References


Aradea, A. Y., & Himawan, H. (2010). Penerapan Change Management Untuk Peningkatan Proses Bisnis Dalam Meraih Keunggulan Kompetitif. Seminar Nasional Informatika, 2010(Seminar Nasional Informatika 2010 (semnasIF 2010)), 27–36. http://repository.upnyk.ac.id/12/1/E-4_PENERAPAN_CHANGE_MANAGEMENT_UNTUK_MENINGKATAN_PROSES_BISNIS_DALAM_MERAIH_KEUNGGULAN_KOMPETITI.pdf

Husni, K. (2015). Manajemen Perubahan Sekolah (1st ed.). Pustaka Setia.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan Kolaboratif : Sebuah Bentuk Kepemimpinan Untuk Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197–207. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.5120

Mariana, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap efektivitas Sekolah Penggerak dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228–10233.

Miles, M.B.,Huberman, A. . and S. J. (2018). Qualitative data analysis: A Methods sourcebook (S. Publications (Ed.)).

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Octavia, L. S., Ulfatin, N., & Arifin, I. (2018). Proses Transisi Budaya Organisasi pada Sekolah Regrouping. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1405–1410.

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Sari, D., Bafadal, I., & Budi, B. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan. Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 213–221. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3497

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., & Indonesia, U. K. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.

Srilaksmi, N. K. T., & Indrayasa, K. B. (2020). Inovasi Pendidikan Dalam Peningkatan Strategi Mutu Pendidikan. Pusat Penjaminan Mutu, 1(1), 28–35. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/896

Zahro, A. M., Sobri, A. Y., & Nurabadi, A. (2018). Kepemimpinan Perubahan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 358–363. https://core.ac.uk/download/pdf/287323627.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yohana Natallina Sari, Maria Cristiana Yuliyanti Djari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.