IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH
Abstract
Abstract: The purposes of this research to describe: (1) planning, (2) implementation, (3) role of school citizen, and (4) inhibiting and supporting factors in Character Education Improvement program through habituation activities in improving school quality. This research uses qualitative approach, with case study research design at SMPN 1 Wlingi Blitar. Data collection techniques interview, observation and documentation. The analysis techniques are reduction, display and conclusion. The results of this study (1) planning starts from SKL to socialization, (2) implementation through habituation activities implemented in 2 bases, class and school, (3) the role of school citizens such as supervisors, builders and implementers of PPK activities. (4) supporting and inhibiting factors are to learners, teachers, facilities and the involvement of the school committee and parents.
Keywords: character education, habituation activities, implementation
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) peran warga sekolah, (4) faktor pendukung (5) faktor penghambat dan (6) solusi dalam program Penguatan Pendidikan Karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus di SMPN 1 Wlingi Blitar. Teknik pengumpulan datanya wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisisnya reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) perencanaan dimulai dari SKL sampai sosialiasasi, (2) pelaksanaan diterapkan dalam dua basis: kelas dan sekolah, (3) peran warga sekolah sebagai pengawas, pembina dan pelaksana. (4) faktor pendukung dan penghambat ialah pada peserta didik, guru, fasilitas serta keterlibatan pihak komite sekolah dan orangtua.
Kata Kunci: implementasi, kegiatan pembiasaan, pendidikan karakter
Full Text:
PDFReferences
Azwar, K. 2017. Program FDS Dorong Pendidikan Karakter, (Online), (www.republika.co.id), diakses 10 April 2017.
Fathurrohman, P., Suryana AA., & Fatriany, F. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Fortunata, S. F. 2017. Manajemen Pendidikan Berbasis Budaya Religi (Studi Multi Situs di SDN Rampal Celaket 2 Malang dan SDN Purwodadi 1 Malang). Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.
Hamid, A. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren: Pelajar dan Santri dalam Era IT & Cyber Culture. Surabaya: IMTIYAZ.
Kemendikbud. 2017. Pengertian, Konsep Dasar, dan Manfaat Penguatan Pendidikan Karakter serta Hal Penting Terkait PPK yang Wajib Guru Pahami, (Online), (www.infokemendikbud.com), diakses 10 April 2017.
Lickona, T. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Penerbit Nusa Media. 2008.
Prihatin, E. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Tim PPK. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter: Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Tim PPK Kemendikbud.
Wibowo, A. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22018p238
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Silvya Eka Andiarini, imron Arifin, Ahmad Nurabadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.