HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG KUALITAS DAN PELAYANAN PENDIDIKAN DENGAN KEPUASAN ORANG TUA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI

Dyah Ayu Ningsih, Ali Imron, Teguh Triwiyanto

Abstract


Abstract : The purpose of this research is to know: the level of perception about quality of education; the level of educational services; the level of the parents' satisfaction; the correlation between perception about the quality of education and parents' satisfaction; the correlation between educational services and parents' satisfaction; the correlation between perception about the quality of education and education services; and the correlation between perception of quality and service of education with the parents' satisfaction. This research uses quantitative approach with descriptive correlational research design. The instrument used in collecting data in the form of a questionnaire with the respondents parents of students of SMK Negeri in Mojokerto City. Data analysis technique used is descriptive analysis technique (mean) and multiple regression analysis technique. Based on the results of research can be concluded that: the level of perception about the quality of education is in medium category; the level of education service is in high category; the level of parents' satisfaction is in the medium category; there is a significant correlation between the perception about quality of education and parents' satisfaction; there is a significant correlation between the education services and parents' satisfaction; there is a significant correlation between the perception about the quality of education and education services; and there is a significant correlation between the perception about the quality of education and education service with the parents' satisfaction.

 

Keywords : perception, service, and satisfaction.

 

Abstrak : Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: persepsi tentang kualitas pendidikan; pelayanan pendidikan; kepuasan orang tua siswa; hubungan  persepsi kualitas pendidikan dengan kepuasan orang tua siswa; hubungan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua siswa; hubungan persepsi kualitas pendidikan dengan pelayanan pendidikan; dan hubungan persepsi kualitas dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan responden orang tua siswa SMK Negeri di Kota Mojokerto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif (mean) dan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: tingkat persepsi kualitas pendidikan masuk dalam kategori sedang; tingkat pelayanan pendidikan masuk dalam kategori tinggi; tingkat kepuasan orang tua siswa masuk dalam kategori sedang; terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi kualitas pendidikan dengan kepuasan orang tua siswa; terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua; terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentang kualitas pendidikan dengan pelayanan pendidikan; dan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi kualitas pendidikan dan pelayanan pendidikan dengan kepuasan orang tua siswa.

Kata kunci: persepsi, pelayanan, dan kepuasan.


Full Text:

PDF

References


Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran : Analisis, perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat.

Liana, N. A, Benty, D. D. N, & Supriyanto, A. 2016. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Peserta Didik Terhadap Layanan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25(1), 39─ 46.

Martin, M. J. 2016. Customers’ Determination Of Service Quality And Satisfaction In A Return/Repair Process: A Quantitative Study. International Academy of Marketing Studies Journal, 20(1), 36─ 52.

Minarti, S. 2012. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Murty, Y. H. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Persepsi dan Kepercayaan Siswa Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Siswa di SMA Santo Ignasius Singkawang. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Pascasarjana Universitas Terbuka.

Nasution, M. N. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2013. Jakarta: Sinar Grafika.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, (Online), (http://www.depdiknas.go.id, diakses 2 Mei 2018).

Pramono, S., Sarma, M., & Munandar, J. M. 2017. Kepuasan dan Loyalitas Siswa dan Orang Tua Terhadap Penggunaan Layanan Online Berdasarkan Kualitas Pelayanan dan Kualitas Tampilan Laman (Web) di SMK Negeri 1 Kota Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 8(1), 43─ 59. Dari http://journal.ipb.ac.id/index.php/jmo/article/view/18600.

Prastiawan, A., Mustiningsih, & Wiyono, B. B. 2016. Hubungan Mutu Fasilitas Sekolah dengan Kepuasan Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25(2), 215─ 223.

Prihastono, E. 2012. Pengukuran Kepuasan Konsumen pada Kualitas Pelayanan Customer Service berbasis WEB. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik. Dari download.portalgaruda.org.

Rahma, A. & Hartoyo. 2010. Pengaruh Karakteristik Orang Tua dan Sekolah Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 3. Dari http://download.portalgaruda.org/

Article.php?article=86088&val=239.

Ragavan & Mageh. 2013. A Study on Service Quality Perspectives and Customer Satisfaction in New Private Sector Banks. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 7(2), 26─ 33.

Rintar. 2011. Analisis Hubungan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Lembaga Pendidikan Kejuruan. Jurnal Dinamika Manajemen, 2(1), 40─ 47. Dari https://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/jdm/2486.

Sadiq, M., Rehman, S. U., & Anjum, K. M. J. 2013. Customers' Perception of Service Quality in Banking and The Level Of Customers' Satisfaction: A Study of Maybank Berhad. Actual Problems of Economics, 11(149), 494─ 504.

Sari, R. P. & Wiyono, B. B. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Peserta Didik dan Orang Tua Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(2), 146─ 156.

Sari, R. R., Supriyanto, A., & Zulkarnain, W. 2017. Persepsi dan Ekspektasi Orang Tua Peserta Didik Tentang Mutu Pendidikan Berkaitan Dengan Kepercayaannya Terhadap SDN Purwodadi 03 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Segoro, W. 2011. Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Faktor Penambat

Dan Kualitas Hubungan Relasional Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas

Pelanggan: Suatu Penelitian Pada Penyedia Jasa Telepon Selular Di Jawa

Barat. Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 2(2), 181─ 197.

Setiawan, A. C., Setyadin, B., & Sumarsono, R. B. 2015. Persepsi dan Sikap Peserta Didik Tentang Media Jejaring Sosial Dalam Pemanfaatannya Untuk Belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 408─ 415.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumarsono, R. B. 2012. Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Laboratorium. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23, 411─ 417.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Bandung: Fokus Media.

Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Permata Puri Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22018p245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dyah Ayu Ningsih, Ali Imron, Teguh Triwiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.