MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Indah Ratnawati, Ali Imron, Djum Djum Noor Benty

Abstract


Abstract: Management is the process of utilizing all resources in order to achieve the goals set. The management process includes: planning, organizing, implementation, and supervision. the substance of management that exist in educational institutions and become an important focus in the world of education are learners. the purpose of this study is to explain the character education management of learners through extracurricular activities scouting in SMPN 1 Bandung, Tulungagung. This research uses qualitative approach with descriptive method. data collection methods used in the form of observation, interviews, and documentation. SMPN 1 Bandung, Tulungagung character education in all areas of activity including extracurricular activities scout.

 

Keywords: management, character education, extracurricular scout.

 

Abstrak: Manajemen adalah proses pendayagunaan semua sumber daya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Adapun proses manajemen meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Substasnsi manajemen yang ada pada lembaga pendidikan dan menjadi fokus penting dalam dunia pendidikan yakni peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menjelaskan manajemen pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang ada di SMPN 1 Bandung, Tulungagung. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. SMPN 1 Bandung, Tulungagung pendidikan karakter di semua bidang kegiatan termasuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka.

 

Kata Kunci: manajemen, pendidikan karakter, ekstrakurikuler pramuka.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daroeso, B. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.

Fattah, N. 2011. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayatullah, F. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pusaka.

Imron, A. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Imron, A. 2017. Empirical Model Pupil Management Integrating with Balancing Competitive-Soidarity Value for The Preparation or Character Generation Competitive. Journal of Social Science (COES&RJ-JSS) 6(1), 1-13.

Imron, A. 2016. Penguatan Manajemen Peserta Didik yang Berfokus pada Pembentukan Karakter Hidup Sehat agar Survie di Era Global. Malang: Univeritas Negeri Malang.

Imron, A. 2014. Integrasi Karakter Positif dan Reduksi Karakter Negative dalam Supervise Pembelajaran. Malang: Univesitas Negeri Malang.

Koesoema, D. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo.

Lickona, T. 2012. Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter, terjemahan. Juma Wadu Wamaungu & Jean Antunes Rudolf Zein dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangunhardjana, A. 1986. Pembinaan Adri dan Metodenya. Yogyakarta: Kanisius.

Megawangi, R. 2004. Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta.

Mulyasa. H. E. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyono, M. A. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mutohar, A. 2013. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Permendikbud Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. 2010. Jakarta: Depdiknas.

Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. 2014. Jakarta: Depdiknas

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). 2015. Jakarta: Depdiknas

Riduwan. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rahayu, S. Ulfatin, N. Imron, A. 2018. The Professional Comptency Teacher Mediate The Influence of Teacher Innovation and Emotional Intelligence on School Security. Journal of Social Studies Education Research 9 (2), 210-227. Diakses di www.jsser.org.

Simanjuntak, B. dan I, L. Pasaribu. 1990. Membina dan Mengembangkan Generasi Muda. Bandung: Tarsito.

Sudjana, S. 2004. Manajemen Program Pendidikan (Untuk Pendidikan Non-Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Bandung: Fallah Production.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardan, D. dan Suharto, N. 2012. Filsafat Administrasi Pendidikan. Dalam Riduan (Ed.). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suwito, dkk. 2008. Character Building. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan:

Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Uttoro. 2007. Identifikasi Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Ekstrakurikuler Bulutangkis di MAN III Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i32018p284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indah Ratnawati, Ali Imron, Djum Djum Noor Benty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.