Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar

Lilis Mulyatul Halimah

Abstract


Abstract: Abstract This research is motivated by the importance of teacher pedagogic and professional competence in elementary schools to improve the quality and quality of education in these institutions. The competence of teachers in elementary schools is the most important factor for influencing students in the class in the learning process in order to increase students' grades. This study aims to explain the analysis of teacher competence, namely the pedagogic competence and professional competence of teachers in elementary schools. The approach in this research is descriptive qualitative. For respondents in this study, namely elementary school teachers from grade 1 to grade 6 totaling 6 people with pre-field research stages, field observations, interviews, documentation, and carrying out data analysis and drawing conclusions generated by researchers. In increasing the realization of teacher competence in elementary schools it is very necessary to realize the education that has been aspired so far. Teacher pedagogic competence can be developed through optimizing teacher performance, such as administrative completeness in teaching and readiness of learning media in class and others to support an interesting and fun learning process for students in class. Whereas optimizing the professional competence of teachers in elementary schools can be done by attending seminars, in-house training (IHT) and teacher working group activities or KKG to improve self-quality periodically and continue to upgrade themselves even better with increasingly developing mastery of technology skills.

Keywords: Teacher, Teacher Competence, Pedagogic, Professional, Elementary School

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya akan kompetensi pedagogik dan profesional guru di sekolah dasar untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang ada di instansi tersebut. Kompetensi guru di sekolah dasar merupakan faktor yang paling utama untuk mempengaruhi peserta didik di kelas dalam proses pemnbelajaran agar meningkatkan perolehan nilai peserta didik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai analisis kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru di sekolah dasar. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Untuk responden dalam penelitian ini yaitu guru sekolah dasar dari mulai kelas 1 sampai kelas 6 berjumlah 6 orang dengan tahapan penelitian pra-lapangan, observasi ke lapangan, wawancara, dokumentasi, dan melaksanakan analisis data serta menarik kesimpulan yang dihasilkan oleh peneliti. Dalam meningkatkan realisasi kompetensi guru di sekolah dasar sangat diperlukan untuk terjalinnya pendidikan yang di cita-citakan selama ini. Kompetensi pedagogik guru bisa dikembangkan melalui pengoptimalan kinerja guru tersebut, seperti kelengkapan administrasi dalam mengajar dan kesiapan media pembelajaran di kelas dan lainnya untuk menunjang proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk peserta didik di kelas. Sedangkan untuk pengoptimalan kompetensi profesional guru di sekolah dasar dapat dilakukan dengan mengikuti seminar-seminar, in house training (IHT) dan kegiatan kelompok kerja guru atau KKG untuk meningkatkan kualitas diri secara periodik dan terus meng-upgrade diri lebih baik lagi dengan keterampilan penguasaan ilmu teknologi yang semakin berkembang.

Kata kunci: Guru, Kompetensi Guru, Pedagogik, Profesional, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Alfath Annisa, Nur Azizah Fara, & Setiabudi dede Indra. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73

Aryzona, E. F., Asrin, A., & Syazali, M. (2023). Analisis Kompetensi Guru dan Desain Pembelajaran dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 2(8), 424–432. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1156

Azizudin, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SMP Negeri 6 Mataram. Jurnal Paedagogy, 9(1), 94. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4670

Dasar, S., Marisana, D., Iskandar, S., Kurniawan, D. T.,. (2023). Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat. https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/1335/807. 7(1), 139–150.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Pedagogik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Elementaria Edukasia. 1(3), 258–264. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/4890/2888/22383

Fredy, & Hamsinah,. (2021). Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 3(1), 30–40. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1312

Gustini, I. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Pembinaan Guru dengan Pendekatan Habituasi di TK Negeri Pembinaan II Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Journal on Early Childhood. 2(4), 9–14. https://www.aulad.org/aulad/article/download/457/215

Idrus, & Hakim,. (2023). Praktisi Administrasi Pendidikan Pengelolaan Program Kelompok Kerja Guru ( KKG ) Dalam Memperbaiki Kompetensi Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar ( SD ) Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan. 7(1) 15-17. https://www.jpap.unram.ac.id/index.php/jpap/article/download/132/96

Michael, S. (2023). Pengaruh Minat Murid, Sokongan Ibu Bapa dan Kompetensi Guru Terhadap Penglibatan Murid dalam Aktiviti Kokurikulum Sheila Michael. Jurnal Pemikir Pendidikan 2(6), 36–49. https://www.scribd.com/document/690299692/digest-2023-12-06-144958

Mukhtar, A., & Mahdi, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899

Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru di SD. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1), 12–16.

Nurutami, R., & Adman. (2016). Kompetensi Profesional Guru sebagai Determinan terhadap Minat Belajar Siswa (Teachers’ Professional Competence as Determinant of Student Learning Interest). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 121–122. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Sari, M. P., Mansyur, M., & Kosim, A. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam. Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 269–286. https://doi.org/10.32528/tarlim.v4i2.5541

Nurani, (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik , Profesional , Kecamatan Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan. Jurnal PGSD UNIGA, 2(14), 56–68. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/cai/article/view/3542/1751

Surahmi, Y. D., Fitriani, E., Pradita, A., & Ummah, S. A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Mengelola Pembelajaran Terpadu Pada Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 135–146. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1923/1216


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lilis Mulyatul Halimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.