Manajemen Program Double Track Mandiri Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik

Ilham Mayudho, Nurul Ulfatin, Sunarni Sunarni

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to describe the management of the independent double track program in fostering the entrepreneurial spirit of students at SMA Tamansiswa Mojokerto. This type of research is a case study using a qualitative approach. Collecting research data using interview techniques, observation, and documentation. Data analysis was carried out namely data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research are that the double track program at Tamansiswa Mojokerto High School is a superior school program that provides skills training for students as well as a form of school branding. The forms of entrepreneurship education in the double track program include culinary, make-up, fashion, and computers. The double track program management process includes planning, organizing, implementing, monitoring, and evaluating stages. The double track program has had an impact on the entrepreneurial spirit of students as shown by the attitudes of students and entrepreneurial activities that have been carried out by students.

Keywords: management, double track, entrepreneurial spirit

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan terkait dengan manajemen program double track mandiri dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik di SMA Tamansiswa Mojokerto. Jenis penelitian ini yaitu studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu program double track di SMA Tamansiswa Mojokerto merupakan program unggulan sekolah yang memberikan pembekalan keterampilan terhadap peserta didik serta sebagai bentuk branding sekolah. Bentuk pendidikan kewirausahaan yang ada dalam program double track yaitu diantaranya tata boga, tata rias, tata busana, dan komputer. Proses manajemen program double track meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Program double track telah memberikan dampak terhadap jiwa kewirausahaan peserta didik yang ditunjukkan oleh sikap peserta didik serta kegiatan kewirausahaan yang telah dilakukan oleh peserta didik.

Kata kunci: manajemen, double track, jiwa kewirausahaan


Full Text:

PDF

References


Agwu, M. E. 2019. Entrepreneurship Education as Panacea for Unemployment Reduction. Journal of Management and Strategy, 11(1). (Online) (https://doi.org/10.5430/jms.v11n1p37), diakses pada 2 Februari 2023.

Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq, M. 2015. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Pendidikan Nonformal, 10(1). (Online) (http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/3003), diakses pada 10 Maret 2023.

Asrori, M. Z., Baskoro, F., Wijaya, A. Y., & Hozairi, H. 2022. Peningkatan Life Skill Siswa SLTA Melalui Program SMA Double Track Sebagai Upaya Mengurangi Potensi Pengangguran di Jawa Timur. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1). (Online) (https://doi.org/10.31102/darmabakti.2022.3.1.1-11), diakses pada 9 Maret 2023.

Baharun, H. 2016. Manajemen Kinerja dalam Meningkatkan Competitive Advantage pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal At-Tajdid, 5(2). (Online) (https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/21), diakses pada 6 Maret 2022.

Baidowi, A. 2020. Implementasi Fungsi Manajemen Pada Pengelolaan Program Bantuan Operasional PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Genius, 1(2). (Online) (https://doi.org/10.35719/gns.v1i2.23), diakses pada 5 Februari 2023.

Boldureanu, G., Ionescu, A. M., Bercu, A. M., Bedrule-Grigoruţă, M. V., & Boldureanu, D. 2020. Entrepreneurship Education Through Successful Entrepreneurial Models in Higher Education Institutions. Sustainability (Switzerland), 12(3). (Online) (https://doi.org/10.3390/su12031267), diakses pada 3 Februari 2023.

Diastara, A. P. 2020. Pelaksanaan Program Double Track Tata Kecantikan Pengantin Berhijab di SMAN 1 Sooko Ponorogo. Jurnal Tata Rias, 9(2). (Online) (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/19/article/view/34619), diakses pada 26 Febaruari 2022.

Fatqurrahman, N., & Abidin, Z. 2018. Excellent Program in Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 2(1). (Online) (https://doi.org/10.23917/iseedu.v2i1.10062), diakses pada 9 Maret 2023.

Hanafi, A., Ulfatin, N., & Zulkarnain, W. 2020. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Broadcasting Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1). (Online) (https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p52), diakses pada 20 April 2023.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. 2020. Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2). (Online) (https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang), diakses pada 10 Maret 2023.

Maidiana, & Sari, M. 2021. Ayat-Ayat Tentang Fungsi Manajemen. ALACRITY : Journal Of Education, 1(1). (Online) (http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity), diakses pada 3 Februari 2023.

Mensah, D. K. D. 2019. Teachers’ Perspective on Implementation of the Double Track Senior High School System in Ghana. International Journal of Emerging Trends in Social Sciences, 5(2). (Online) (https://doi.org/10.20448/2001.52.47.56), diakses pada 2 Februari 2023.

Morris, M. H., Webb, J. W., Fu, J., & Singbal, S. 2013. A Competency-Based Perspective on Entrepreneurship Education: Conceptual and Empirical Insights. Journal of Small Bussiness Management, 51(3). (Online) (https://doi.org/10.1111/jsbm.12023), diakses pada 25 Februari 2022.

Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 139 Tahun 2018 Tentang Progam Double Track Pada Sekolah Menengah Atas di Jawa Timur. (Online). (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/104932/pergub-prov-jawa-timur-no-139-tahun-2018), diakses pada 1 Maret 2022.

Prawinugraha, A., Latief, M. J., & Sugiono. 2021. Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Sumberdaya Kelautan dan Perikanan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5). (Online) (https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1084), diakses pada 26 Februari 2022.

Putri, G. A. M., Maharani, S. P., & Nisrina, G. 2022. Literature View Pengorganisasian: Sdm, Tujuan Organisasi Dan Struktur Organisasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3). (Online) (https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.819), diakses pada 10 Maret 2023.

Putro, H. P. N., Rusmaniah, R., Mutiani, Abbas, E. W., Jumriani, & Ilhami, M. R. 2022. Social Capital of Micro, Small and Medium Enterprises in Kampung Purun for Improving Entrepreneurship Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2). (Online) (https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1909), diakses pada 3 Februari 2023.

Rachman, F. 2015. Manajemen Organisasi Dan Pengorganisasian Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadith. Ulumuna : Jurnal Studi Keislaman, 1(2). (Online) (http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/1628), diakses pada 4 Februari 2023.

Rosad, A., Annur, S., & Handayani, T. 2021. Kontribusi Pers Dalam Mempublikasikan Program Unggulan Pada Sekolah Rujukan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2). (Online) (https://doi.org/10.30868/im.v4i02.1527), diakses pada 9 Maret 2023.

Rukmana, A. Y., Harto, B., & Gunawan, H. 2021. Analisis Urgensi Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dan Peranan Society 5.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan Arief. JSMA (Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi), 13(1). (Online) (https://doi.org/10.37151/jsma.v13i1.65), diakses pada 25 Februari 2022.

Saputra, N. 2022. Kebijakan Pendidikan Berbasis Double Track: Bagaimana Posisi Pendidikan Islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, 6(1). (Online) (https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/fikrah/article/view/1377), diakses pada 19 Maret 2023.

Sintya, N. M. 2019. Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri, Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1). (Online) (http://journals.segce.com/index.php/JSAM/article/view/31), diakses pada 27 Februari 2022.

Sunarni, & Zulkarnain, W. 2017. Pembinaan Jiwa Entrepeneurship Mahasiswa Berbasis Instrumen (Self Assessment). UM Press.

Susilo, M. J. 2022. Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Animo Siswa Dan Awareness Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(1). (Online) (http://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/278%0Ahttp://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/download/278/174), diakses pada 9 Maret 2023.

Thomassen, M. L., Middleton, K. W., Ramsgaard, M. B., Neergaard, H., & Warren, L. 2020. Conceptualizing Context in Entrepreneurship Education: A Literature Review. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 26(5). (Online) (https://doi.org/10.1108/IJEBR-04-2018-0258), diakses pada 2 Februari 2023.

Yulikah, A., Faizin, M. A., & Sujianto, A. E. 2021. Implementation of Islamic Entrepreneurship Concept in Double Track SMA Program. Indonesian Economic Review, 1(2). (Online) (https://iconev.org/index.php/ier/article/view/14), diakses pada 24 Februari 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i32023p214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.