Best Practice Program Kewirausahaan Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multi Situs Tk Adni Islamic English School Surabaya Dan Tk Islam Bakti 4 Ypbwi Gresik)
Abstract
Abstrak: Pentingnya pendidikan kewirausahahaan pada anak usia dini disadari dengan kenyataan bahwa usia dini merupakan masa tumbuh kembang yang memerlukan stimulasi konsep-konsep pembelajaran sehari-hari. Memperkenalkan kewirausahaan bagi anak usia dini dapat memengaruhi pandangan anak-anak tentang kewirausahaan mengembangkan sikap positif terhadap kewirausahaan. penelitian ini bertujuan mengetahui mengapa sekolah menerapkan program kewirausahaan sejak usia dini, dan mengetahui bentuk praktik program penerapan yang dilakukan agar dapat mengembangkan program kewirausahaan, serta mengetahui persamaan dan perbedaan penerapan program kewirausahaan di TK Adni Islamic English School Surabaya dan TK Islam Bakti 4 YPBWI Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara (formal dan informal) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data ,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa kedua lembaga pendidikan anak usia dini ini telah menjalankan pendidikan kewirausahaan dengan baik. Di TK Adni Islamic English School Surabaya melaksanakan program kewirausahaan Cooking Class, Belanja di Pasar, Market Day, Field Trip, Kegiatan Berbagi, Kegiatan infaq, dan Family Day sedangkan TK Islam Bakti 4 YPBWI Gresik melaksanakan Sentra Keterampilan Hidup, Berkunjung ke Pasar, dan Puncak Perayaan Topik. Faktor yang mendorong pelaksanaan pendidikan kewirausahaan adalah antusiasme siswa, kreativitas guru dalam menyusun program, dan dukungan dari pihak terkait. Sedangkan penghambatnya berkaitan dengan sarana yang tidak selalu siap untuk menunjang pembelajaran dan faktor eksternal di luar kegiatan kewirausahaan.
Kata kunci: Pendidikan kewirausahaan; Anak usia dini; Kegiatan kewirausahaan
Full Text:
PDFReferences
Jean Piaget, Barbel Inhelder. (2018). Psikologi Anak The Psychology of the Child. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ndeot, F. (2018). Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Usia Dini di Era Mea. Pernik Jurnal PAUD, 1(1).
Ncanywa, T. (2019). Entrepreneurship and development agenda: a case of higher education in South Africa. Journal of Entrepreneurship Education, 22 (1), 1- 11, (https://www.abacademies.org/articles/Entrepreneurshipand-development-agenda-1528-2651-22-1-273, diakses 30 Desember 2023)
Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 205–210. https://doi.org/10.29210/12
Prasetyaningsih, A., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Al, N. U., & Mojokerto, H. (2016). Membentuk Jiwa Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan “Market Day”. Jurnal Program Studi PGRA, 2(2).
Ramdhani, R. F., Simarmata, N. I. P., & Prihatmojo, A. (2021). Pendidikan Kewirausahaan. Bandung: Yayasan Kita Menulis.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (B. Sarwiji, Ed.; Revisi). Jakarta: PT. Indeks.
Taulany, H. (2022). Pendidikan Kewirausahaan Anak Usia Dini: Analisis Penyelenggaraan Pendidikan Kewirausahaan Anak Usia Dini di Kabupaten Semarang Jawa Tengah . Yogyakarta: Penerbit Lakeisha.
Travelancya, T., Izzatulummah, M., & Ula, I. S. (2022). Strategi Pembelajaran Interpreneurship Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.
Wahyuni, A., & Suyadi. (2020). Best Practice Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Di Tk Khalifah Baciro Yogyakarta. Yaa Bunayya Jurnal Pendididikan AnakUsiaDini, 4(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i42023p347
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.