Hubungan Kualitas Layanan Kegiatan Ekstrakurikuler dan Kepuasan Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Negeri

Nurul Indika Wardhani, Raden Bambang Sumarsono, Juharyanto Juharyanto

Abstract


Abstract: This study aims to describe the level of quality of extracurricular activity services, the level of student satisfaction with the provision of extracurricular activity services, and explain the relationship between the quality of extracurricular activity services and student satisfaction. This research uses a quantitative approach with a descriptive correlational research type. The population in the study were students in class X and XI at Public Senior High School in Malang with a total population of 7206 students. The sample for this research was using simple random sampling and proportional random sampling. The research sample consisted of 379 students. Data analysis used descriptive analysis techniques and pearson product moment correlation. The results showed (1) the quality level of extracurricular activity services was in the very good category; (2) the level of student satisfaction with extracurricular activity services is in the very satisfied category; and (3) there is a significant relationship between the quality of extracurricular activity services and student satisfaction at Public Senior High School in Malang.

Keywords: service quality, extracurricular, student satisfaction

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kualitas layanan kegiatan ekstrakurikuler, tingkat kepuasan peserta didik atas penyelenggaraan layanan kegiatan ekstrakurikuler, dan menjelaskan hubungan kualitas layanan kegiatan ekstrakurikuler dan kepuasan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah peserta didik kelas X dan XI di SMA Negeri Kota Malang dengan jumlah populasi 7206 orang peserta didik. Pengambilan sampel penelitian ini yaitu menggunakan simple random sampling dan proportional random sampling, diperoleh sampel penelitian sebanyak 379 orang peserta didik. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat kualitas layanan kegiatan ekstrakurikuler berada pada kategori sangat baik; (2) tingkat kepuasan peserta didik atas layanan kegiatan ekstrakurikuler berada pada kategori sangat puas; dan (3) ada hubungan yang signifikan antara kualitas layanan kegiatan ekstrakurikuler dan kepuasan peserta didik di SMA Negeri Kota Malang.

Kata kunci: kualitas layanan, ekstrakurikuler, kepuasan peserta didik

Full Text:

PDF

References


Astafiyah, A. (2018). Kontribusi Efektivitas Manajemen Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Sekolah Non Akademik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(2), 263–274. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1933

Chang, T. M., & Shon, Z. (2015). Exploring the Relationship on Service Quality and Satisfaction of Extracurricular Activity Section of Universities in Taiwan. Proceedings of 4th International Conference on Logistics, Informatics and Service Science. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-662-43871-8_227

Kartikasari, M. L., Sultoni, S., & Sumarsono, R. B. (2019). Hubungan Keikutsertaan Kegiatan Ekstrakurikuler dan Prestasi Belajar Peserta Didik. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(3), 83–89. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/8940

Kasmir, K. (2017). Customer Services Excellent Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Lutvita, P. A. A., Maisyaroh, M., & Juharyanto, J. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Koperasi Mahasiswa dan Kepuasan Anggota Koperasi Mahasiswa. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 107–116. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/download/2793/1719

Marlius, D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada STIE “KBP.” Jurnal Ipteks Terapan, 12(2), 116–128. https://scholar.archive.org/work/nutzqzt3u5effdfoe2uzcfrb6e/access/wayback/http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/jit/article/download/633-11892/633

Maulina, S., Firdausi, A. N., Prastiawan, A., Wiludjeng, F. Y., Budiarti, E. M., & Adha, M. A. (2021). Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Jurusan. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 257–265. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/22795

Mayasari, I., Pitoewas, B., & Yunisca, N. (2017). Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Konsultasi Remaja dalam Membangun Karakter Tanggung Jawab. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(5), 1–12. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/13605

Mulyawan, A., & Sidharta, I. (2013). Analisis Deskriptif Pemasaran Jasa di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 42–55. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=305664&val=7183&title=ANALISIS DESKRIPTIF PEMASARAN JASA DI STMIK MARDIRA INDONESIA BANDUNG

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta didik: Management of IRE Curriculum Development Program and Character in Forming Student’s Religious Character. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. (online). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014.pdf

Sari, R. P., & Wiyono, B. B. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Peserta Didik dan Orang Tua Peserta Didik. Manajemen Pendidikan, 24(2), 146–156. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/Jurnal-Manajemen-Pendidikan-volume-24-no.-2.pdf#page=55

Sumarsono, R. B. (2012). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan Laboratorium. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23(5), 411–417. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/3.Raden-Bambang-Sumarsono.pdf

Sumarsono, R. B., Maisyaroh, M., & Kusumaningrum, D. E. (2021). Pengaruh Tingkat Kualitas Layanan, Faktor Kepuasan, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 6(1), 43–52. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/23526

Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/munaddhomah/article/view/45

Wendha, A. . A. A. P., Rahyuda, I. K., & Suasana, I. G. A. K. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Garuda Indonesia di Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, 7(1), 19–28. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_riwayat_penelitian_1_dir/925bf70b9f662465384099f7623d7d17.pdf

Zeithaml, V. A., Pasaruman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press. https://books.google.co.id/books?id=RWPMYP7-sN8C&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i42023p397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.