Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka

Azkia Amalina Amalina

Abstract


Abstract: Indonesian education has regressed and fallen behind during the Covid-19 period, many children in Indonesia have problems with basics such as reading and arithmetic, which is why the government developed the Merdeka Curriculum as an important part of efforts to recover learning from the crisis that we have experienced for a long time. The purpose of this study is to examine how the independent curriculum policy has affected education in Indonesia, both positively and negatively. This research uses library research techniques (Library Research) The information used in this study comes from secondary sources including books, journals, articles, the web, and so on that have a relationship. Positive Impact of Implementing the Independent Curriculum: Creating a Positive Learning Space, Changing the Education System for the Better, Producing More Competent Teachers, Negative Impact of Implementing the Independent Curriculum: The abolition of UN began in 2021 and was replaced by the Minimum Competency Assessment and Character Survey (Askomi Suka), RPP designed into one sheet, Freedom to learn is considered not so mature in preparation.

Keywords: Policy; Impact of Change; Curriculum

Abstrak: Pendidikan Indonesia mengalami kemunduran dan ketertingalan selama masa Covid-19 banyak anak-anak di Indonesia yang bermasalah dengan dasae-dasar seperti membaca dan berhitung karena itulah pemerintah mengembangkan Kurikulum Merdeka sebagai bagian penting dalam uapaya memulihkan pembelajaran dari krisis yang sudah lama kita alami. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji bagaimana kebijakan kurikulum merdeka telah mempengaruhi pendidikan di Indonesia. Baik secara positif maupun negatif. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Library Research informasi yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari sumber sekunder antara lain: buku, artikel, web dan sebagainya yang memiliki keterkaitan. Dampak positif dilaksanakannya kurikulum merdeka: menciptakan ruang pembelajaran yang positif, mengubah sistem pendidikan menjadi lebih baik, menghasilkakan guru yang lebih kompetem, dampak negatif dilaksanakannya kurikulum merdeka: penghapusan UN dimulai dari tahun 2021 dan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter (Askomi Suka), RPP dirancang menjadi satu lembar, kurikulum merdeka dinilai belum begitu matang dalam persiapan.

Kata kunci: Kebijakan; Dampak Perubahan; Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Aprillia, E., Nurhayati, C., & Pandiangan, A. P. B. (2023). Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(4), 2829–272.

Baro’ah, S. (2020). KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Tawadhu, 4(1). file:///C:/Users/SELLA/Downloads/225-415-1-SM.pdf

Budhi, W., Chaerunisak, U. H., Khasanah, U., Putri, A. T., Dinarsih, D., Fadhya, N. A., Chichhi, C., & Rochmiyati, S. (2022). Tantangan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 275–284.

Elmore, R., & Sykes, G. (1992). Handbook of research on curriculum: A project of the American Educational Research Association. Macmillan. file:///C:/Users/SELLA/Downloads/PENGARUH PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.pdf

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Fenty, S. (2022). The Impact of Curriculum Change Policy on Learning Activities at School. Nizamul ‘Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 07(1), 1–17.

Froilan, yussac R. (2020). Merdeka belajar. In Merdeka Belajar: Kajian Literatur.

Hulu, D. B. T., Zalukhu, A., Herman, H., Zebua, N. S. A., Sihombing, D. I., & Panjaitan, S. M. (2023). Kesiapan Belajar Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Kabupaten Nias Utara. Journal on Education, 5(3), 6040–6046. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1369

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Khoirurrijal. (2022). PENGEMBANGANN KURIKULUM MERDEKA. In CV. Literasi Nusantara Abadi. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Naufal, H., Irkhamni, I., & Yuliyani, M. (2020). Penelitian Penerapan Program Sistem Kredit Semester Menunjang Terealisasinya Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Pekalongan. Jurnal Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 141–148.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementation of Independent Curriculum in Driving School. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38–50. https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326

Simanjuntak, J. W. (2020). Sisi Gelap Merdeka Belajar - Merdeka Belajar Dan Dampak Negatifnya Kepada Seni. Seminar Nasional Seni Dan Desain:“Reorientasi Dan Implementasi Keilmuan Seni Rupa Dan Desain Dalam Konteks Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka(MBKM),” 193–197.

Wilman, J. (2023). Keunggulan Kurikulum Merdeka Beserta Manfaat Dan Dampak Positifnya. Quipper Bloq


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Azkia Amalina Amalina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.