Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal Masyarakat Samin dalam Menghadapi Era Globalisasi

Septia Dwi Anggraeni Putri, Raden Bambang Sumarsono, Sunarni Sunarni, Maisyaroh Maisyaroh

Abstract


Abstract: Character education that is instilled in students can be related to local cultural wisdom so that it is not eroded by the increasingly advanced era of globalization. The purpose of this study is to review in depth the management of character education based on local cultural wisdom of the Samin community starting from planning, implementation, monitoring, and the inhibiting and supporting factors of character education management activities. This research method uses a qualitative approach to the type of research design through case studies. Data collection techniques were carried out by interviews, observation, and documentary studies. Data analysis was carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The result of the research is that SDN Margomulyo II Margomulyo Sub-District holds an Annual School Work Plan which produces the P5 teaching module. The activities carried out to implement character education based on the local cultural wisdom of the Samin people are through bazaars (market day) which is held on Fridays and the Samin festival, namely poetry reading and writing competitions. There are inhibiting factors, namely the lack of discipline of students, ignoring teacher advice, and at home there are still those who do not obey their parents' orders, while the supporting factors are the native residents of Kampung Samin who have been taught aboutGreat Advice, "Margomulyo Inspires" activities that can help students with good character are appropriateGreat Advice Samin's teachings, as well as good examples from parents, school principals, teachers, and community leaders.

Keywords: education management, character education, local culture, Samin society, globalization era.

 

Abstrak: Pendidikan karakter yang ditanamkan kepada peserta didik dapat berkaitan dengan kearifan budaya lokal agar tidak tergerus dengan era globalisasi yang semakin maju. Tujuan penelitian ini untuk mengulas secara mendalam mengenai manajemen pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal masyarakat Samin yang dimulai dari perencanaan, implementasi, pengawasan, dan faktor penghambat dan pendukung dari kegiatan manajemen pendidikan karakter. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan penelitian melalui studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah SDN Margomulyo II Kecamatan Margomulyo mengadakan Rencana Kerja Tahunan Sekolah yang menghasilkan modul ajar P5. Kegiatan yang dilaksanakan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis kearifan budaya lokal masyarakat Samin adalah melalui bazar (market day) yang dilaksanakan di hari Jum’at dan festival Samin yaitu lomba baca dan cipta puisi. Terdapat faktor penghambat yaitu kurang displinnya peserta didik, tidak menghiraukan nasihat guru, dan saat di rumah masih ada yang tidak menuruti perintah orang tua, sedangkan faktor pendukungnya yaitu warga asli Kampung Samin yang sedari kecil telah diajarkan tentang Pitutur Luhur, kegiatan “Margomulyo Menginspirasi” yang dapat membantu peserta didik berkarakter baik sesuai Pitutur Luhur ajaran Samin, serta adanya teladan baik dari orang tua, kepala sekolah, guru, dan tokoh masyarakat.

Kata kunci: manajemen pendidikan, pendidikan karakter, budaya lokal, masyarakat Samin, era globalisasi.


Full Text:

PDF

References


Ardi, N.S.P., Sobri, A.Y., Kusumaningrum, D.E., 2019. Manajemen Pembinaan Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 17–25. (Online), https://doi.org/10.17977/um027v2i22019p17

Carlyna, A., Ahmad, S., Kesumawati, N., 2022. Strategi Kepala Sekolah Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Membina Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14046–14057. (Online), https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.5043

Darmayanti, S.E., Wibowo, U.B., 2014. Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223–234. (Online), https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Faiqoh, E., 2021. Etika Sosial Masyarakat Samin Berdasarkan Idiom-Idiom (Studi Kasus di Bojonegoro). Walisongo Repository. (Online) https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14258/

Gunawan, I. & Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Harun, C.Z., 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3), 302-308. (Online), https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752

Istiawati, N.F., 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1–18. (Online), https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i1.78

Iswatiningsih, D., 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. SATWIKA: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155–164. (Online). https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244

Lestari, A.K., Arifin, I., Sunarni, S., 2021. Manajemen Budaya Sekolah dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Berbasis Islam. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan, 6(12), 1846–1852. (Online), https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i12.15158

Naibaho, D., 2018. Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dalam Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77–86. (Online), https://doi.org/10.46965/jch.v2i1.112

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., Dewi, R.S., 2022. Pengertian Pendidikan. JPDK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. (Online), https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Priyatna, M., 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. EDUKASI ISLAMI: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10), 1311-1336. (Online), https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6

Puspitaningtyas, I., Imron, A., Maisyaroh. 2020. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pembelajaran Guru di Era Revolusi Industri 4.0.JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 165-172. (Online), http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/9868

Sumarsono, R.B., 2015. Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Peran Orang Tua Dan Guru Di Sekolah. ACADEMIA, 46-55. (Online), https://www.academia.edu/27072572/Penumbuhan_Budi_Pekerti_Melalui_Peran_Orang_Tua_Dan_Guru_Di_Sekolah

Susanti, S., Lian, B., Puspita, Y., 2020. Implementasi Strategi Kepala Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1644–1657. (Online), https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.629

Wongarso, S.W., Dwikurnaningsih, Y., Satyawati, S.T., 2022. Pengembangan Model Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah Berbasis Kearifan Budaya Lokal (Suku Samin). Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 189–202. (Online), https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p189-202




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v7i12024p77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.