Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak: Sumbangan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Abstract
Abstract: Teacher performance in implementing the Merdeka Curriculum involves various activities such as lesson planning, teaching implementation, and assessment. In the context of this research, the transformational leadership of the school principal and school culture play crucial roles in supporting teacher performance. The aim of this study is to investigate the influence of transformational leadership by the school principal and school culture on teacher performance in implementing the Merdeka Curriculum. This research adopts a descriptive correlational quantitative approach, utilizing a saturated sampling technique by distributing questionnaires to 119 teachers from seven schools. The data analysis is conducted using IBM SPSS 25 and SmartPLS 3.0 software with the Partial Least Square (PLS) method. The findings of this study indicate that (1) transformational leadership of the school principal has a positive but non-significant (non-influential) effect on teacher performance in implementing the Merdeka Curriculum; (2) school culture has a positive and significant effect on teacher performance in implementing the Merdeka Curriculum; (3) transformational leadership of the school principal and school culture collectively and significantly contribute 42.4% to teacher performance in implementing the Merdeka Curriculum, while the remaining 57.6% is influenced by other variables beyond the scope of this research.
Keywords: Transformational leadership; school culture; teacher performance; merdeka curriculum
Abstrak: Kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka merupakan aktivitas guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar meliputi tahapan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada konteks peneilitian ini, kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah memiliki peran penting untuk menunjang kinerja guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional, dengan teknik pengambilan sampel jenuh melalui penyebaran kuesioner terhadap sejumlah 119 Guru (7 Sekolah). Untuk analisis data menggunakan bantuan software IBM SPSS 25 dan SmartPLS 3.0 dengan metode Partial Least Square (PLS). Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara positif tidak signifikan (tidak berpengaruh) terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka; (2) budaya sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka; (3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah berpengaruh secara simultan dan bersamaan dengan menyumbang sebesar 42,4% terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, sedangkan sisanya 57,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti.
Kata kunci: Kepemimpinan transformasional; budaya sekolah; kinerja guru; kurikulum merdeka
Full Text:
PDFReferences
Adzkiya, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Komitmen Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Di Mts Ma’Arif Nu Kabupaten Banyumas). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 22(2), 492–500. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/viewFile/1772/1700
Amalia, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Budaya Sekolah, Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Metta Maitreya Pekanbaru. Pekbis Jurnal, 9(2), 114–124. https://pekbis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/download/4421/4231
Anas, M., Muchson, M., Sugiono, Forijati, R., Subagyo, & Yuliani, T. (2023). Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru IPS SMP di Kota Kediri M. Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 4(1), 206–214. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jpu.v4i1.6663
Azizah, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Bantul. Jurnal Hanata Widya, 8(2), 73–82. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/89
Candra, V., Sudirman, A., & Silaban, P. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Sekolah dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMP Swasta. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.25359
Efendi, F., Ambarwati, S. W., & Navion, F. P. (2023). Mediasi Komitmen Kerja pada Hubungan antara Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 10(2), 613–624. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/7424
Fitiani, D. D., & Hasim, I. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Islam Al-Azhar. EDUSTRATACS, 1(1), 44–52. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i2.583
Fitriyono, I. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Se-Kecamatan Gondokusuman. 3–10. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/view/12051/11607
Harsoyo, R. (2022). Teori Kepemimpinan Transformasional Bernard M. Bass dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic …, 3(2), 247–262. https://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem/article/view/112%0Ahttps://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem/article/download/112/62
Hartono, J., & Abdillah, W. (2015). Partial Least Square - Alternative Structual Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Haryono, P. (2016). Metode SEM untuk penelitian manajemen AMOS LISREL PLS. Jawa Barat: PT. Intermedia Personalia Utama.
Hasim, A. N., Yakin, N., & Subki. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak dalam Mendorong Implementasi Aktualisasi Diri Peserta Didik (Studi Multi Situs di SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Selong). Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 11(1), 335–346. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/3197/1670
Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Instruction, 5(2), 548–562. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/4826/3064
Hidayat, T., Tanjung, H., & Juliandi, A. (2020). Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Pada SMK Muhammadiyah 3 Aek Kanopan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 189. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2363
Hutajulu, K. T., & Srimulyani, V. A. (2017). Dampak Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Servant terhadap Pembelajaran Organisasi dan Kinerja Guru SMK Kota Madiun. JRMA| Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 48–57. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=695407&val=5325&title=Dampak Kepemimpinan Transformasional Dan Kepemimpinan Servant Terhadap Pembelajaran Organisasi Dan Kinerja Guru Smk Kota Madiun
Iphank, F. L. H., & Ardiana, I. D. K. R. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi Dan Kompentensi Terhadap Motivasi Dan Kinerja Guru. Media Mahardhika, 16(1), 39–52. https://doi.org/10.29062/mahardika.v16i1.6
Jani, H. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Membentuk Budaya Sekolah untuk Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 10(1). http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/2074/741
Juwantini, N., Rochman, T., & Edy, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja dan Dampaknya pada Kinerja. Jurnal EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 36–42. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/ibtida/article/view/194/269
Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII(2), 173–188. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/5645/3837
Megayanti, W., & Asri, K. H. (2022). Transformasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Merdeka Belajar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 771. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14072
Melati, P. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar Mempengaruhi Pada Hasil Evaluasi Belajar Peserta Didik. Proceedings Series of Educational Studies. http://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/view/7893/2339
Muliati, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru yang Dimoderasi oleh Iklim Sekolah di MTSN 1 Medan. Islamic Education, 2(1), 25–30. https://doi.org/10.57251/ie.v2i1.368
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265
Novalianti, S., Setyaningsih, S., & Helena, G. (2022). Jurnal Manajemen Pendidikan Pengaruh Kepemimpinan Transformasional , Budaya Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Jurnal Manajemen Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(02), 112–117. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/view/2762/3360
Nurfasicha, I., Suhada, M. M., & Faizin. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Mi Islamiyah Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 67–89. https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i1.194
Purwoko, S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467
Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173–188. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6334
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6314–6319. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Rahmawati, Siraj, A., & Achruh, A. (2021). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Budaya Sekolah Dengan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 10–23. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.19001
Sa’adah, K., Ainol, & Izzah, I. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Probolinggo. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 120–135. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.553
Saputra, A., Umar, A., Hannum, I., Hasibuan, A. Z., Nasution, I. E., & Safrida. (2023). Pengaruh Komunikasi Interpersonal , Budaya Sekolah dan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(3), 148–159. https://doi.org/10.47065/jtear.v3i3.545
Sriyanto, Kartono, & Sembiring, M. G. (2022). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Menyongsong Merdeka Belajar di Era Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 04(06), 77–89. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4794/pdf
Sulistyani, F., & Mulyono, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Sebagai Sebuah Pilihan Bagi Satuan Pendidikan: Kajian Pustaka. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1999–2019. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.506
Sunarsih, C. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 14–19. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/8032/pdf
Supandi, S. R. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 113(1), 113–128. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/682/419
Susana, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Lingkungan Kerja terhadap Komitmen Kerja Serta Implikasinya pada Kinerja Guru di Sekolah Putra Nirmala Cirebon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1349–1358. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6109/4548
Tsuraya, F. G., Azzahra, N., Azahra, S., & Maharani, S. P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Budaya, 1(4), 179–188. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480Widiyanto, I. S.,
Egar, N., & Rasiman. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandir, 9(2), 1536–1546. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/828/700
Yanuarti, A., & Adawiyah, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 18 Kota Bandung. Jurnal SECAD, 2(1). https://jurnal.asmkencana.ac.id/index.php/SECAD/article/view/41/24
Yapentra, A., & Novita, H. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Semangat Kerja Guru Mts Darul Muqomah Pekanbaru. Riau Economics and Business Review, 13(1), 65–78. https://ekobis.stieriau-akbar.ac.id/index.php/Ekobis/article/view/374/363
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i42023p322
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.