Manajemen Program Holistik Integratif dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Anak Usia Dini
Abstract
Keywords: management, holistic integrative, character
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui program holistik integratif di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang, (2) perencanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang, (3) pelaksanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang, dan (4) evaluasi program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini yaitu di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang. Informan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru program holistik integratif, dan wali murid. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada tahap uji keabsahan data dilakukan dengan empat tahap
uji yakni uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (tranferability), uji dependabilitas (dependability), dan uji konfirmabilitas (konfirmability). Tahap-tahap penelitian ini dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil yang didapat dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui program holistik integratif di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang meliputi karakter religius, mandiri, gotong royong, disiplin, dan peduli; (2) perencanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini dilakukan dengan parenting dan penyusunan RPPH; (3) pelaksanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini dilaksanakan secara menyeluruh meliputi tiga aspek kebutuhan anak, yakni kesehatan dan gizi, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan anak; (4) evalusi program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini dilaksanakan setiap rapat koordinasi di akhir kegiatan yang diikuti oleh kepala sekolah dan semua guru guna menemukan hambatan dan perbaikan, serta melihat dampak ke peserta didik.
Kata kunci: manajemen, holistik integratif, karakter
Full Text:
PDFReferences
Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq, M. 2015. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Pendidikan Nonformal, 10(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/3003
Baharun, H. 2016. Manajemen Kinerja dalam Meningkatkan Competitive Advantage pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal At-Tajdid, 5(2). https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/21
Baidowi, A. 2020. Implementasi Fungsi Manajemen Pada Pengelolaan Program Bantuan Operasional PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Genius, 1(2). https://doi.org/10.35719/gns.v1i2.23
Fadlillah, M. 2016. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper. http://eprints.umpo.ac.id/2019
Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). http://103.114.35.30/index.php/Axiologiya/article/view/1898
Jumiatin, D., Windarsih, C. A., & Sumitra, A. 2020. Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Purwakarta (2), 1–8. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1715
Khaironi, M. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1). http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/739
Nadlifah, N. 2017. Model Pembinaan Pendidikan Karakter Holistik Integratif Di Paud Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 27-36. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1355
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelanggaraan Pendidikan. 2010. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5025/pp-no-17-tahun-2010
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. 2013. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/41430/perpres-no-60-tahun-2013
Pratiwi, W. 2017. Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2). https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395
Ramdhani, M. A. 2013. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan, 8(1). http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69
Remiswal, R., & Firman, A. J. 2018. Penanaman nilai-nilai keislaman melalui kebijakan holistic integrative kepala TK Al-Fadlilah Sambilegi Kidul Yogyakarta. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2).
https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1056
Sugian, E., Fahruddin, F., & Witono, A. H. 2021. Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2342
Talibo, I. W. 2018. Fungsi Manajemen Dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra'. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/606
Taufiq, M. 2018. Revitalisasi Pendidikan Karakter di Era Global; Penanaman Nilai dan Pendekatan Instruksional. JURNAL TARBAWISTAIAL FIT HTRAH. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2975
Widianto, E. 2015. Peran Orangtua Dalam meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, 2(1). https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/1817
Widodo, H., & P, A. V. R. 2017. Pendidikan Karakter Holistik Integratif di PAUD Ngampilan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1680
Windarsih, C. A., Dkk. 2020. Penerapan Program Holistik Integratif dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i1p1-10.1466
Yulianto, D., Lestariningrum, A., & Utomo, H. B. 2016. Analisis Pembelajaran Holistik Integratif Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Grogol Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 49-55. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2596
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/10.17977/um027v7i32024p370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![](/public/site/images/eubaidillah/GARUDA.png)
![](/public/site/images/eubaidillah/cc-by-sa.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.