Manajemen Program Holistik Integratif dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Anak Usia Dini

Muhammad Iqbal Amin, Maisyaroh Maisyaroh, Mustiningsih Mustiningsih

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to describe: (1) character values instilled through an integrative holistic program in KB-TK Negeri Pembina 1 Malang, (2) integrative holistic program planning in instilling character values in early childhood in KB- Pembina Negeri 1 TK Malang, (3) implementing an integrative holistic program in instilling character values in early childhood in KB-TK Negeri Pembina 1 Malang, and (4) evaluating an integrative holistic program in instilling character values in children early childhood in KB-TK Negeri Pembina 1 Malang. This study uses a qualitative approach with a case study type of research. The location of this research is in the KB-TK Negeri Pembina 1 Malang. Informants in this study were school principals, teachers of integrative holistic programs, and student guardians. The data collection stage was carried out by in-depth interviews, observation, and documentation studies. The data analysis phase was carried out using data collection techniques, data condensation, data presentation, then drawing conclusions and verification. At the data validity test stage, four test stages were carried out, namely the credibility test, transferability test, dependability test, and confirmability test. The stages of this research were carried out starting from planning, implementing, and preparing reports. The results obtained from this study can be concluded: (1) the character values instilled through an integrative holistic program in KB-TK Negeri Pembina 1 Malang include religious, independent, mutual cooperation, discipline, and caring characters; (2) holistic integrative program planning in instilling character values in early childhood is carried out by parenting and preparation of RPPH; (3) the implementation of an integrative holistic program in instilling character values in early childhood is carried out in a comprehensive manner covering three aspects of children's needs, namely health and nutrition, education and parenting, and child protection; (4) an evaluation of an integrative holistic program in instilling character values in early childhood is carried out at every coordination meeting at the end of the activity which is attended by the principal and all teachers to find obstacles and improvements, and see the impact on students.
Keywords: management, holistic integrative, character

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui program holistik integratif di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang, (2) perencanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang, (3) pelaksanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang, dan (4) evaluasi program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini yaitu di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang. Informan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru program holistik integratif, dan wali murid. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada tahap uji keabsahan data dilakukan dengan empat tahap
uji yakni uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (tranferability), uji dependabilitas (dependability), dan uji konfirmabilitas (konfirmability). Tahap-tahap penelitian ini dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil yang didapat dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui program holistik integratif di KB-TK Negeri Pembina 1 Kota Malang meliputi karakter religius, mandiri, gotong royong, disiplin, dan peduli; (2) perencanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini dilakukan dengan parenting dan penyusunan RPPH; (3) pelaksanaan program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini dilaksanakan secara menyeluruh meliputi tiga aspek kebutuhan anak, yakni kesehatan dan gizi, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan anak; (4) evalusi program holistik integratif dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini dilaksanakan setiap rapat koordinasi di akhir kegiatan yang diikuti oleh kepala sekolah dan semua guru guna menemukan hambatan dan perbaikan, serta melihat dampak ke peserta didik.
Kata kunci: manajemen, holistik integratif, karakter

Full Text:

PDF

References


Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq, M. 2015. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Pendidikan Nonformal, 10(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/3003

Baharun, H. 2016. Manajemen Kinerja dalam Meningkatkan Competitive Advantage pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal At-Tajdid, 5(2). https://ejournal.isimupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/21

Baidowi, A. 2020. Implementasi Fungsi Manajemen Pada Pengelolaan Program Bantuan Operasional PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Genius, 1(2). https://doi.org/10.35719/gns.v1i2.23

Fadlillah, M. 2016. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper. http://eprints.umpo.ac.id/2019

Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). http://103.114.35.30/index.php/Axiologiya/article/view/1898

Jumiatin, D., Windarsih, C. A., & Sumitra, A. 2020. Penerapan Metode Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Purwakarta (2), 1–8. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1715

Khaironi, M. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1). http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/739

Nadlifah, N. 2017. Model Pembinaan Pendidikan Karakter Holistik Integratif Di Paud Terpadu An-Nur Sleman Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 27-36. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1355

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelanggaraan Pendidikan. 2010. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/5025/pp-no-17-tahun-2010

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. 2013. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/41430/perpres-no-60-tahun-2013

Pratiwi, W. 2017. Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2). https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395

Ramdhani, M. A. 2013. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan, 8(1). http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69

Remiswal, R., & Firman, A. J. 2018. Penanaman nilai-nilai keislaman melalui kebijakan holistic integrative kepala TK Al-Fadlilah Sambilegi Kidul Yogyakarta. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2).

https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/1056

Sugian, E., Fahruddin, F., & Witono, A. H. 2021. Implementasi Program Pengembangan PAUD “Holistik Integratif’di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2342

Talibo, I. W. 2018. Fungsi Manajemen Dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra'. http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/606

Taufiq, M. 2018. Revitalisasi Pendidikan Karakter di Era Global; Penanaman Nilai dan Pendekatan Instruksional. JURNAL TARBAWISTAIAL FIT HTRAH. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/tarbawi/article/view/2975

Widianto, E. 2015. Peran Orangtua Dalam meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, 2(1). https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/1817

Widodo, H., & P, A. V. R. 2017. Pendidikan Karakter Holistik Integratif di PAUD Ngampilan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/alathfal/article/view/1680

Windarsih, C. A., Dkk. 2020. Penerapan Program Holistik Integratif dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi. https://doi.org/10.22460/p2m.v7i1p1-10.1466

Yulianto, D., Lestariningrum, A., & Utomo, H. B. 2016. Analisis Pembelajaran Holistik Integratif Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Grogol Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 49-55. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2596




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/10.17977/um027v7i32024p370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

  

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.