PERSEPSI DAN SIKAP MAHASISWA TENTANG LAYANAN AKADEMIK HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR
Abstract
Abstract: This study aims to determine the relation of perception and attitude toward academic service with student learning motivation. The method used in this study is quantitative descriptive correlational approach. The instrument used in collecting data in the form of a questionnaire with the respondents students of State University of Malang. Data analysis technique used is descriptive analysis technique and multiple regression analysis technique. Based on the results of the study can be concluded that: the level of student perceptions of academic services into the high category; the level of student attitude of academic services into the high category; the level of students motivation to study into the high category; perception has positive and insignificant effect on students learning motivation; attitudes have a positive and significant impact on student learning motivation; perceptions and attitudes toward academic services with motivation to learn have significant effect simultaneously.
Keywords: Perception, attitude, academic services, motivation to learn.
Abstrak: Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi dan sikap terhadap layanan akademik dengan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan responden mahasiswa Universitas Negeri Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: tingkat persepsi mahasiswa terhadap layanan akademik masuk dalam kategori tinggi; tingkat sikap mahasiswa terhadap layanan akademik masuk dalam kategori baik; tingkat motivasi belajar mahasiswa masuk dalam kategori tinggi; persepsi berhubungan positif dan tidak signifikan trhadap motivasi belajar mahasiswa; sikap berhubungan positif dan signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa; persepsi dan sikap terhadap layanan akademik dengan motivasi belajar berhubungan signifikan secara simultan.
Kata Kunci: Persepsi, sikap, layanan akademik, motivasi belajar.Full Text:
PDFReferences
Dimyati, dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Hamzah, A. 2015. Pengaruh Pelayanan Administrasi Kampus Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, (Online), (http://dhamirtb.blogspot.co.id/2015/01/pengaruhpelayanan-administrasi-kampus.html), diakses 01 Maret 2017.
Haryanta, A.T. 2012. Kamus Sosiologi. Surakarta: PT Aksara Sinergi Media.
Imron, A. 1995. Teori Belajar Pembelajaran. Malang: Proyek IKIP Malang.
Jaya, A. R. J. K., dan Soetopo, H. 2007. Hubungan Persepsi Kualitas Jasa Pendidikan dengan Kepuasan Mahasiswa. Manajemen Pendidikan, Volume 20, Nomor 2, September 2007.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L. L. 2002. Consumer Behavior. 7th edition. New Jersey: Prentice Hall.
Setiadi, E. M. 2006. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.
Setyadin, B. 2005. Modul I: Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.
Sobur, A. 2011. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.
Sunarni, Zulkarnain, W., dan Kusumaningrum, D. E. 2011. Kualitas Pelayanan Dosen Menurut Persepsi Mahasiswa. Manajemen Pendidikan, Volume 23, Nomor 3, Maret 2011.
Uno, H. B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wawan, A dan M. Dewi. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i32018p337
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Mardiningsih Puteri Isnaeni, Ali Imron, Raden Bambang Sumarsono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.